ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KINERJA BIDAN DESA DALAM PELAYANAN KESEHATAN IBU HAMIL DI KABUPATEN GOWA

The Analysis Of Factors Associated With Village Village Performance In Pregnant Women's Health Services In Gowa District

  • Megawati Megawati Akademi Keperawatan Lapatau, Kabupaten Bone, Indonesia

Abstract

Kinerja seseorang terkait erat dengan proses kerja dan faktor yang mempengaruhinya. Faktor yang mempengaruhi kinerja meliputi faktor individu dan factor organisasi. Untuk kinerja bidan maka faktor yang paling berpengaruh dan merupakan faktor kunci untuk mencapai hasil kerja yang baik harus memiliki kemampuan dan keterampilan yang baik, adanya kepuasaan kerja yang memadai, adanya motivasi yang kuat yang merupakan pendorong adanya imbalan/kompensasi yang memadai bagi bidan itu sendiri.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang berhubungan kemampuan, pengalaman, imbalan dengan kinerja bidan di Kabupaten Gowa.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Study Cross Sectional dengan pendekatan kuantitatif.Jenis data meliputi data primer dan data sekunder. Data primer meliputi data tentang kemampuan, pengalaman,danimbalan dalam memberikan pelayanan KIA sedangkan data sekunder adalah data yang terkait dengan informasi perihal Bidan baik itu internal maupun eksternal.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ada hubungan yang signifikan antara kemampuan dengan kinerja bidan desa di Kabupaten Gowa.Ada hubungan yang signifikan antara pengalaman dengan kinerja bidan desa di Kabupaten Gowa.Ada hubungan antara Imbalan dengan kinerja bidan desa di Kabupaten Gowa. Pengalaman yang paling berhubungan dengan kinerja bidan desa di Kabupaten Gowa.

Kata Kunci : Kemampuan, Pengalaman, Imbalan, kinerja

Published
2018-10-14
How to Cite
Megawati, M. (2018). ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KINERJA BIDAN DESA DALAM PELAYANAN KESEHATAN IBU HAMIL DI KABUPATEN GOWA. Jurnal Ilmiah Kebidanan, 4(2), 15-22. Retrieved from http://journal.stikespemkabjombang.ac.id/index.php/jikeb/article/view/186