EFEK PEMAKAIAN KONTRASEPSI SUNTIK DMPA JANGKA PANJANG TERHADAP TINGKAT KEPADATAN TULANG

The Effect Of Long-Term Contraception Of Contraception Against Bone Density Levels

  • Anis Setyowati STIKES Karya Husada Kediri
  • Wahyu Nuraisya STIKES Karya Husada Kediri
  • Eka Sri Purwandari STIKES Karya Husada Kediri

Abstract

Akseptor KB Suntik DMPA Di Indonesia Sangat Banyak. Hal ini dibuktikan dari data Dinas Kesehatan Provinsi Jawa timur tahun 2015 bahwa akseptor KB Sejumlah 57,19%. Tingginya jumlah Akseptor ini dilatarbelakangi berbagai alasan diantaranya harga yang ekonomis. Jika ditinjau dari dampak yang ditimbulkan, maka kontrasepsi suntik memberikan berbagai dampak yang mengganggu kesehatan reproduksi, terutama jika digunakan dalam jangka waktu yang lama. Salah satu efek yang dapat ditimbulkan yaitu penurunan tingkat kepadatan tulang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efek penggunaan KB Suntik DMPA terhadap tingkap Kepadatan Tulang di Kecamatan Pare.

Desain penelitian yang digunakan yaitu analitik  dengan pendekatan cross sectional. Variabel independen dalam penelitian ini adalah efek pemakaian kontrasepsi suntik DMPA jangka Panjang, Variabel dependen  dalam penelitian ini adalah tingkat kepadatan tulang. Populasi target yaitu semua akseptor KB Suntik sedangkan populasi terjangkau penelitian ini yaitu di semua akseptor KB Suntik di Puskesmas Kecamatan Pare tahun 2017. Sampel yang digunakan sebagian akseptor KB suntik di Puskesmas Kecamatan Pare tahun 2017 sejumlah 164. Tehnik probability samplingyaitu menggunakan tehnik pengambilan sampel acak sederhana (simple random sampling). Analisa data dengan chi Square.

Hasil penelitian menunjukkan adanya efek penggunaan kontrasepsi suntik DMPA terhadap kepadatan tulang sebesar72,1% responden mengalami osteopenia. Uji chi square pada efek dari lama penggunaan kontrasepsi suntik DMPA < 3 tahun dan ≥ 3 tahun  terhadap kepadatan tulang dengan confidence interval 95% menunjukkan  nilai chi square 0,222 sebesar dan ρ value sebesar 0,637 yang berarti tidak adanya hubungan antara lama penggunaan kontrasepsi DMPA terhadap kepadatan tulang. Hal ini menunjukkan tidak adanya perbedaan antara lama penggunaan kontrasepsi suntik DMPA < 3 tahun dan ≥ 3 tahun  dengan kejadian osteopenia.

Kata Kunci: KB Suntik DMPA, Tingkat Kepadatan Tulang        

Published
2018-09-25
How to Cite
Setyowati, A., Nuraisya, W., & Purwandari, E. (2018). EFEK PEMAKAIAN KONTRASEPSI SUNTIK DMPA JANGKA PANJANG TERHADAP TINGKAT KEPADATAN TULANG. Jurnal Ilmiah Kebidanan, 4(2), 54-58. Retrieved from http://journal.stikespemkabjombang.ac.id/index.php/jikeb/article/view/194