PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN SEBAYA PADA PERSEPSI DAN PRAKTIK SKRINING UNTUK KANKER SERVIKS DI KAB. MALANG (STUDI SEBELUM DAN SESUDAH)

Effects Of Peer Health Education On Perception And Practice Of Screening For Cervical Cancer In Malang ( Before And After Study)

Authors

  • Riska Faraswati Riska Faraswati Stikes Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan

DOI:

https://doi.org/10.33023/jikeb.v7i1.717

Keywords:

Kanker Serviks, Skrining, Pendidikan Sebaya, Persepsi, Praktik

Abstract

Abstrak

Pendahuluan: Pendidikan wanita yang efektif terkait pencegahan kanker serviks telah terbukti memperluas kesadaran dan pengambilan keputusan skrining. Bagaimanapun, mempertahankan jumlah wanita yang mau melakukan skrining memerlukan upaya. Pendidikan kesehatan sebaya terbukti sebagai alat yang efektif mempengaruhi perubahan perilaku yang bersifat persisten. Tujuan dari penelitian ini guna meniali efektivitas pendidikan kesehatan sebaya terhadap persepsi, kesediaan wanita untuk melakukan skrining, dan praktik skrining kanker serviks. Metodologi: Studi intervensi sebelum dan sesudah dilakukan pada wanita usia reproduktif di desa Dau, Kabupaten malang. Multistage sampling digunakan untuk memilih 300 wanita sebagai subjek penelitian. Pendidikan kesehatan sebaya diberikan satu kali setiap bulan selama 3 sesi berturut-turut selama 3 bulan.  Data dikumpulkan sebelum dan setelah perlakuan dengan menggunakan kuesioner yang telah diuji sebelumnya. Hasil: Hasil uji statistik menunjukkan terdapat perbedaan persepsi akan manfaat deteksi dini kanker serviks pada peserta penyuluhan dengan nilai p value (0,02) < ? (0,05). Dari analisis data yang diperoleh diketahui bahwa persepsi akan manfaat skrining dipengaruhi status perkawinan, paritas, tingkat pendidikan, dan status pekerjaan (p <0,05). Pembahasan: Pendidikan kesehatan sebaya adalah teknik yang menarik untuk memperbaiki pemahaman wanita akan manfaat skrining kanker serviks dan ini berimbas pada meningkatnya jumlah wanita yang melakukan skrining kanker serviks.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-03-10

How to Cite

Riska Faraswati, R. F. (2021). PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN SEBAYA PADA PERSEPSI DAN PRAKTIK SKRINING UNTUK KANKER SERVIKS DI KAB. MALANG (STUDI SEBELUM DAN SESUDAH): Effects Of Peer Health Education On Perception And Practice Of Screening For Cervical Cancer In Malang ( Before And After Study). Jurnal Ilmiah Kebidanan (Scientific Journal of Midwifery), 7(1), 59-66. https://doi.org/10.33023/jikeb.v7i1.717