EFEKTIVITAS PENGGUNAAN AMBULANCE SIAGA DESA DALAM TRANSPORTASI PRE HOSPITAL

The Effectiveness Of Using Village Stand By Ambulance In The Transportation Pre Hospital

  • Nur Virda Amalia Prodi S1 Keperawatan STIKES Pemkab Jombang
  • Ratna Puji Priyanti Prodi S1 Keperawatan STIKES Pemkab Jombang
  • Pepin Nahariyani Prodi S1 Keperawatan STIKES Pemkab Jombang

Abstract

Keterbatasan kebutuhan transportasi pre hospital, baik pada masyarakat perkotaan atau pedesaan. Antara lain masyarakat di pedesaan masih sering menggunakan transportasi yang tidak layak di gunakan untuk prehospital ( sepeda motor, becak montor dll). Dengan demikian resiko untuk cidera lebih besar. Jombang sudah ada ambulance siaga desa untuk membantu masyarakat perjalanan dalam transportasi pre hospital. Tujuan penelitian ini adalah ini untuk mengetahui bagaimana efektivitas pengunaan Ambulance siaga desa terkait dengan transpotasi pre hospital.

Desain penelitian menggunakan kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, dengan informan kepala desa, petugas kesehatan, dan saudara pengguna ambulance siaga desa dan masyarakat yang tidak menggunakan ambulance siaga desa. Metode pengambilan sample menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian yang utama adalah peneliti sendiri, cara pengambilan data dengan observasi, interview dan dokumentasi. Cara pengolahan data Reduction, data display, conclusion drawing / verification. Keabsahan data menggunakan triangulasi dan membercheck.

Dari hasil penelitian didapatkan tema penggunaan ambulance siaga desa dalam prehospital care di masyarakat dengan sub tema transportasi,waktu kunjungan ke rumah sakit; tema penanganan keluarga saat membawa pasien ke rumah sakit dengan sub tema pendamping,tindakan dan penanganan dan tema penggunaan ambulance dengan sub tema pengoprasian, alur penggunaan, administrasi ambulance siaga desa. 

                Dapat di simpulkan  sesuai dengan tema dan sub tema bahwa ambulance siaga desa sudah mencakup kebutuhan masyarakat akan transportasi prehospital, namun untuk perawatan atau penanganan pre hospital dan penggunaan ambulance siaga desa belum mampu terwujud dengan baik, selain itu di karenakan administrasi yang belum jelas dan alur penggunaan ambulance siaga desa.hal lain di sebabkan kurang pelatihan dan administrasi belum baik.

Kata Kunci : Penggunaan, Ambulance Siaga Desa, Pre Hospital.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-03-10
How to Cite
Amalia, N. V., Priyanti, R. P., & Nahariyani, P. (2018). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN AMBULANCE SIAGA DESA DALAM TRANSPORTASI PRE HOSPITAL. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 4(1), 52-63. https://doi.org/10.33023/jikep.v4i1.135