PENGETAHUAN ORANG TUA TENTANG JAJANAN SEHAT DENGAN KEJADIAN DIARE PADA USIA SEKOLAH

Parents Knowledge About Healthy Services with Diarrhea Events in School

Authors

  • Rohaeti Rohaeti
  • Rahmawati Rahmawati
  • Dewi Nur Puspita Sari STIKes YATSI Tangerang
  • Ii Padilah

DOI:

https://doi.org/10.33023/jikep.v6i2.572

Keywords:

peran oarangtua dan kejadian diare

Abstract

 Banyaknya jenis jajanan yang ada dilingkungan membuat anak sekolah dengan bebas dapat mengkonsumsi jajanan tersebut, menurut badan pengawas obat dan makanan, jajanan dilingkungan sekolah banyak yang mengandung bahan berbahaya bagi tubuh dan dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti diare. Berdasarkan hasil studi pendahuluan dengan wawancara dan observasi terhadap orang tua di Kampung Cilongok RT 004 dan 005, Kecamatan Pakuhaji Kabupaten Tangerang sebanyak 20 orang tua dan terdapat pengetahuan baik sebanyak 10 responden, pengetahuan cukup sebanyak 7 responden, dan pengetahuan kurang sebanyak 3 responden.  Dari 20 responden yang mengalami diare sebanyak 10 anak usia sekolah. Tujuan :  Dari penelitian ini adalah untuk mengetahui  hubungan tingkat pengetahuan  orang tua tentang jajanan sehat dengan kejadian diare pada anak usia sekolah di Kampung Cilongok RT 004 dan 005 Kecamatan Pakuhaji Kabupaten Tangerang Tahun 2019. Metode penelitian : Jenis penelian ini adalah kuantitatif dengan  deskriptif korelatif  sempel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 92 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah univariat untuk mempeoleh karakteristik dari masing-masing variabel demografis dan analisis bivariat digunakan untuk mengetahui hubungan antar variabel. Hasil : Data dianalisis dengan menggunakan uji ci square dan didapatkan statistik nilai P value sebesar 0,019. Hal ini menunjukkan nilai P value pada pengetahuan orang tua tentang jajanan sehat dengan kejadian diare bahwa < 0,05 terdapat peran orang tua tentang jajanan sehat dengan kejadian diare. Saran : Hendaknya orang tua lebih aktif dalam mencari informasi atau wawasan baru untuk menghindari kejadian diare pada anak usia sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amaliyah, Nurul. 2015. Penyehatan Makanan Dan Minuman. Yogyakarta: Katalog Dalam Terbitan (KDT)

Donsu, Tine, D.J 2017. Metodelogi Penelitian Keperawatan Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Gultom, Maria M.K., dkk. 2018. Hubungan Konsumsi Makanan Jajanan Dengan Diare Pada Anak Di SDN 3 Gogagoman Kecamatan Kotamobagu Barat Kota Kotamobagu. E-journal Keperawatan Vol 6 No 1, Februari 2018. Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2012. Metodologi penelitian. PT . Rineka Cipta

Oktaviana, Mega, Ririn Nasriati, Rika Maya Sari. 2018. Pengetahuan Orang Tua Tentang Jajanan Sehat Pada Anak. Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Profil Kesehatan Masyarakat Kabupaten Tangerang, Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang 2017

Published

2020-09-30

How to Cite

Rohaeti, R., Rahmawati, R., Sari, D. N. P., & Padilah, I. (2020). PENGETAHUAN ORANG TUA TENTANG JAJANAN SEHAT DENGAN KEJADIAN DIARE PADA USIA SEKOLAH: Parents Knowledge About Healthy Services with Diarrhea Events in School. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 6(2), 225-230. https://doi.org/10.33023/jikep.v6i2.572