GAMBARAN MOTIVASI MAHASISWA KEPERAWATAN DALAM MENGHADAPI PELUANG KERJA KE LUAR NEGERI

Overview of The Motivation of Nursing Students in Facing Work Opportunities Abroad

Authors

  • Ni Putu Widianingsih STIKes Wira Medika Bali
  • Ni Made Nopita Wati STIKes Wira Medika Bali
  • Niken Ayu Merna Eka Sari STIKes Wira Medika Bali

DOI:

https://doi.org/10.33023/jikep.v7i1.612

Keywords:

motivasi, peluang kerja, keperawatan

Abstract

Pendahuluan : Perawat mempunyai posisi penting dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan. Tenaga perawat dibutuhkan diseluruh fasilitas pelayanan kesehatan, baik di dalam maupun di luar negeri. Bekerja di luar negeri juga merupakan salah satu peluang bagi perawat Indonesia. Individu dengan motivasi kuat dapat terlihat dari kualitas perilaku yang ditampilkannya, baik dalam konteks belajar, bekerja, maupun dalam keseharianya. Tujuan :  untuk mengetahui gambaran motivasi mahasiswa keperawatan dalam menghadapi peluang kerja ke luar negeri. Metode : Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik yang digunakan Total Sampling dengan sampel 156 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan telah di uji validitas serta reliabilitas sebelum digunakan. Hasil uji validitas memperlihatkan bahwa 30 item pernyataan didapatkan keseluruhan soal memiliki nilai r-hitung (0,397-0,910) dan hasil uji reliabilitas dengan hasil reliabilitas yaitu 0.966. Hasil : penelitian menunjukkan sebagian besar mahasiswa memiliki faktor motivasi intrinsik dan ekstrinsik yang tinggi. Faktor motivasi intrinsik sebanyak 59,0% dan faktor minat ekstrinsik sebanyak 61,5%. Kesimpulan : mahasiswa keperawatan, sebagian besar memiliki motivasi tinggi dalam menghadapi peluang kerja ke luar negeri. Hasil penelitian merupakan gambaran saja sehingga diharapkan dapat melakukan penelitian lebih lanjut mengenai hubungan motivasi dengan variabel yang ingin ditambahkan dan mengkaji lebih dalam mengenai motivasi mahasiswa untuk melanjutkan bekerja ke luar negeri

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ni Putu Widianingsih, STIKes Wira Medika Bali

Nursing

Ni Made Nopita Wati, STIKes Wira Medika Bali

Nursing

Niken Ayu Merna Eka Sari, STIKes Wira Medika Bali

Nursing

References

Arunanondchai. (2012). Pengaruh Profesionalisme, Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Nurse Dan Caregiver Indonesia.

Dermawan, D. (2013). Pengantar Keperawatan Profesional. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Fauzi. (2017). Gambaran Motivasi Perawat Indonesia Untuk Bekerja Ke Jepang Di Japan Foundation Jakarta Selatan Tahun 2017. Diakses dari http://journal.unusa.ac.id. Diunduh pada tanggal 02 Oktober 2019.

Haryono. (2016). BNP2TKI. Pengumuman Pendaftaran Calon Tki Asisten Untuk Jabatan Asisten Nurse (Asisten Kangoshi) Dan Calon Tki Asisten Careworker (Asisten Kaigofukushishi) Ke Jepang Program G to G Untuk Penempatan Tahun 2016. Diakses dari http://www.bnp2tk.

Heris. (2012). Gambaran Motivasi Mahasiswa STIKes Yarsis Dalam Menghadapi Peluang Kerja Di Kancah Internasional. Diakses dari http://journal.unusa.ac.id. Diunduh pada tanggal 02 Oktober.

Kaplan & Sadock, G. J. 2010. (2010). Sinopsis Psikiatri Ilmu Pengetahuan Perilaku Psikiatri Klinis. Tangerang: BINARUPA AKSARA.

Mam. (2016). Lembaga Kajian Perawat Indonesia Perlindungan Kerja. Diunduh dari https://books.google.com. Diakses pada tanggal 4 Desember 2019.

Mangkunegara. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia dan Perusahaan. Bandung. PT. Remaja Rosda Karya.

RI, K. (2015). Rencana Strategis Kementerian Kesehatan Tahun 2015-2019. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI;2015.

Shun. (2012). Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI). Diakses dari http://www.bnp2tki.go.id. Diunduh pada tanggal 4 Desember 2019.

Walgito. (2012). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Wicaksono. (2014). Gambaran Motivasi Untuk Bekerja Ke Luar Negeri Pada Mahasiswa Prodi D-III Keperawatan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Diakses dari http://journal.unusa.ac.id. Diunduh pada tanggal 02 Oktober 2019.

Published

2021-03-29

How to Cite

Widianingsih, N. P. ., Wati, . N. M. N., & Sari, N. A. M. E. . (2021). GAMBARAN MOTIVASI MAHASISWA KEPERAWATAN DALAM MENGHADAPI PELUANG KERJA KE LUAR NEGERI: Overview of The Motivation of Nursing Students in Facing Work Opportunities Abroad. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 7(1), 6-12. https://doi.org/10.33023/jikep.v7i1.612