Education About Breast Milk Supplementary Foods 4 Star Balanced Menu With Nutritional Puzzel Media
Pendidikan Tentang Makanan Pendamping Asi Menu Seimbang 4 Bintang Dengan Media Puzzel Gizi Balita
DOI:
https://doi.org/10.33023/jpm.v8i4.1225Keywords:
Media penyuluhan, Menu seimbang 4 bintangAbstract
Salah Satu upaya untuk mencegah terjadinya stunting adalah dengan menggunakan media puzzle Puzzel gizi. Media Puzzel Gizi ini, merupakan inovasi alat peraga dalam memberikan penyuluhan kesehatan tentang makanan pendamping ASI. Masyarakat harus diberikan bekal pengetahuan sehingga terjadi perubahan perilaku dalam pemenuhan gizi yang tepat. Stunting ini dapat kita cegah dengan mendukung gizi 1000 hari pertama kehidupan berupa keberhasilan pemberian Makanan Pendamping ASI.Hasil penelitian yang pernah dilakukan yaitu efektifitas kelas nenek terhadap keberhasilan pemenuhan gizi asi eksklusif dan makanan pendamping ASI, dari proses penelitian saat terjun ke masyarakat ditemukan masih banyak ibu ibu yang tidak mengerti tentang menu seimbang 4 bintang. Dari hasil penelitian sebelumnya didapatkan juga masyarakt sudah pernah mendapatkan penyuluhan tentang menu seimbang 4 bintang tetapi tidak ada perubahan perilaku. Metode ceramah yang dilakukan saat penyampaikan informasi tidak dapat merubah semua masyarakat untuk mengganti pola asuh pemberian makan pada bayi. Masyarakat juga perlu disampaikan tentang bahaya penggunaan bubur instans. Menu seimbang 4 bintang ini adalah pilihan yang dapat mengarah pada makanan alami/ buatan sendiri tanpa bahan pengawet. Tujuan pengabdian masyarakat ini untuk pemberdayaan masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan tingginya stunting dengan pemenuhan gizi yang tepat. Pengabdian masyarakat ini menggunakan metode simulasi dalam penyampaian menu seimbang 4 bintang dengan media puzzle gizi dan demontrasi menu. Sasaran pada pengabdian masyarakat ini adalah ibu yang memiliki bayi berusia 5-6 bulan di desa penambangan. Jumlah dari sasaran penelitian berjumlah 15 orang yang tersebar dari 2 posyandu
Downloads
References
Arif S. Sadiman. 2011. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Asosiasi Dietisien Indonesia, Ikatan Ahli Gizi Indonesia, Persatuan Ahli Gizi Indonesia. 2015. Penuntun Diet Anak. Jakarta : FKUI
Asosiasi Dietisien Indonesia, Ikatan Dokter Anak Indonesia, Persatuan Ahli Gizi Indonesia. 2014. Penuntun Diet Anak . Jakarta : akultas Kedokteran Universitas Indonesia
Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Effendi, Sofian. 2012. Metode Penelitian Survei. Jakarta : LP3ES.
Effendy. 2003. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi, Bandung : PT. Citra.
Ernawati, dkk. 2016. Penggunaan Media Pembelajaran Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Studi Sosial. Vol 4 No 1.
Gibson, E.L.,Kreichauf, S., Wildgruber, A., Vögele, C., Summerbell, C.D., Nixon, C., Manios, Y. 2012. A narrative review of psychological and educational strategies 154applied to young children’s eatingbehaviours aimed at reducing obesity risk. Obesity Reviews, 13(SUPPL. 1), 85–95. ht t p: //doi .org/10.1111/ j.1467789X.2011.00939.x
Hidayat, A. A.(2009). Metode Penelitian Kebidanan dan Teknik Analisa Data. Surabaya: Salemba Media
Kemenkes RI, dirjen bina gizi. 2014. Pedoman Gizi Seimbang. Kemenkes RI.
Misbach, Muzamil. 2010. Pengertian Media Puzzle. Diakses pada tanggal 23
Mufida, dkk . 2015. Prinsip Dasar MPASI Untuk Bayi Usia 6-24 Bulan. Jurnal Pangan dan Agroindustri Vol. 3 No 4 p.1646-1651 : Jurusan Teknologi Hasil Pertanian, FTP Universitas Brawijaya Malang.
Nursalam. (2008). Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu keperawatan. Edisi 2. Jakarta : Salemba Medika
Notoatmodjo. 2012. Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.
Rosari, A., Rini, E.A., &Masrul.2013. Hubungan Diare dengan Status Gizi Balita di Kelurahan Lubuk Buaya Kecamatan Koto Tangah Kota Padang.Jurnal Kesehatan Andalas, 2(3),111–115
Siswanto, H. 2010. Pendidikam Kesehatan Anak Isia Dini. Yogyakarta : Pustaka Rihana
Suciati. 2016. Psikologi Komunikasi. Yogyakarta: Buku Litera