EMPOWERMENT OF WARIA GUBUG SEBAYA GROUP THROUGH MAKING SKILL TRAINING TAS TALI KUR

Empowerment Of Waria Gubug Sebaya Group Through Making Skill Training Tas Tali Kur

  • Heni Maryati Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Pemkab Jombang
  • Mumpuni Dwiningtyas Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Pemkab Jombang

Abstract

Waria (gabungan dari wanita - pria) adalah laki –laki yang lebih suka berperan sebagai perempuan dalam kehidupannya sehari – hari. Waria merupakan salah satu penyandang masalah kesejahteraan social di Indonesia, baik ditinjau dari segi psikologis, sosial, norma, maupun secara fisik (AD.Prayudi, 2014). Di Kabupaten Jombang Provinsi Jawa Timur terdapat ± 100 waria yang rata – rata untuk memenuhi kebutuhan ekonominya mereka bekerja di salon, mengamen dan sebagian besar sebagai waria pekerja seksual (WPS) di sekitar Terminal Jombang. Hal ini akan menjadikan masalah ekonomi, sosial dan kesehatan apabila tidak ada penanganan yang baik untuk merubah hidupnya.

Memberdayakan waria melalui pelatihan ketrampilan membuat tas tali kur

Mengadakan pelatihan ketrampilan tas tali kur selama 12 hari yaitu tanggal 17 – 31 Juli 2018 kepada 5 orang waria perkumpulan gubug sebaya Jombang bekerja sama dengan pelatih home industri Desa Bongkot sekaligus merupakan tempat pelaksanaan kegiatan.

Hasil kegiatan ini meningkatkan ketrampilan waria yang bisa  membuat mereka mandiri menghasilkan uang dengan membuat tas tali kur sehingga meningkatkan perekonomian, guna bekal hidup serta mencegah penyakit menular seksual dengan berhenti menjadi waria pekerja seksual yang akan membawa dampak perbaikan tata nilai di masyarakat secara sosial meningkatkan harkat dan martabat , ketentraman dan kesehatan.

Kata kunci : pemberdayaan, waria, ketrampilan tas tali kur

Published
2018-09-25
How to Cite
Maryati, H., & Dwiningtyas, M. (2018). EMPOWERMENT OF WARIA GUBUG SEBAYA GROUP THROUGH MAKING SKILL TRAINING TAS TALI KUR. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesehatan, 4(2), 76-77. https://doi.org/10.33023/jpm.v4i2.179