SOSIALISASI INFORMASI DAN KOMUNIKASI JAMINAN KESEHATAN BPJS DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN KESEHATAN LANSIA

The Social Security Administrator Health Insurance Information and Communication Dissemination Activities in Improving the Health Services of the Elderly

Authors

  • Riskha Dora Candra Dewi Politeknik Negeri Jember

DOI:

https://doi.org/10.33023/jpm.v7i1.641

Keywords:

BPJS kesehatan, informasi, komunikasi, lansia, pelayanan kesehatan

Abstract

Pendahuluan: Permasalahan lansia tentang BPJS kesehatan yaitu lansia masih belum memahami mengenai cara mendapatkan dan tahapan dalam pengobatan dengan menggunakan BPJS mulai dari rujukan pelayanan kesehatan tingkat pertama ke rujukan pelayanan kesehatan tingkat paling tinggi. Lansia juga belum mendapatkan informasi secara maksimal mengenai jaminan kesehatan BPJS. Metodologi: Metode pemecahan permasalahan dalam pengabdian masyarakat menggunakan edukasi oleh tenaga kesehatan pada lansia. Konsep metode edukasi meliputi: 1) tahap orientasi; 2) kerja; 3) resolusi. Memberikan materi meliputi: 1) pengertian BPJS; 2) jenis-jenis BPJS; 3) pelayanan-pelayanan dalam BPJS; 4) pembayaran iuran BPJS; 5) prosedur pendaftaran BPJS; 6) manfaat BPJS bagi lansia. Hasil: Hasil pengabdian masyarakat memberikan materi tentang BPJS selama 30 menit. Kesimpulan: Kegiatan sosialisasi informasi dan komunikasi jaminan kesehatan BPJS dalam meningkatkan pelayanan kesehatan lansia dapat meningkatkan pola hidup sehat lansia, sehingga lansia tetap produktif dan mendapatkan pelayanan kesehatan yang terpenuhi secara komprehensif dan bertanggung jawab.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Widiastuti, I. (2018). Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Jawa Barat. Public Inspiration: Jurnal Administrasi Publik. 2018;2(2):91–101.

BPJS. (2019). BPJS Kesehatan: Fasilitas Kesehatan. BPJS Kesehatan. Available from: https://www.bpjs-kesehatan.go.id/.

Engvig, A., Fjell, A.M., Westlye, L.T., Skaane, N.V., Sundseth, Ø, & Walhovd, K.B. (2012). Hippocampal subfield volumes correlate with memory training benefit in subjective memory impairment. Neuroimage. 2012;61(1):188–194.

Infodatin Kemenkes RI. (2016). Situasi Lanjut Usia (Lansia) di Indonesia. On line at http://www depkes go id/resources/download/pusdatin/infodatin/infodatin% 20lansia. 2016;202016.

Khozin, M., & Mutmainah, N.F. (2018). Kualitas Pelayanan Kesehatan Lansia di Kota Yogyakarta (Studi kasus pelayanan kesehatan pada Puskesmas Mantrijeron). Jurnal Manajemen Pelayanan Publik. 2018;1(2):143–155.

Kushariyadi. (2017). Memory Stimulation, Intervention Increase Elderly Cognitive Function. Jurnal Ners. 2017;8(2):317–329.

Mutiarin, D., Tamronglak, A., Suranto, S., Darumurti, A., & Sakir, S. (2016). Moving Towards Evaluation Sustainable Universal Health Coverage Finance Policy: A Comparison Study Between Indonesia and Thailand. Prosiding ICOGISS 2019. 2019;669–689.

Nasir, A., & Muhith, A. (2011). Dasar-dasar keperawatan jiwa: pengantar dan teori. Jakarta: Salemba Medika.

Purwadi, H., Hadi, H., & Hasan, M.N. (2013). Faktor Yang Mempengaruhi Pemanfaatan Posyandu Lansia di Imogiri Kabupaten Bantul. Jurnal Ners dan Kebidanan Indonesia. 2013;1(3):76–81.

Rosidah, R., & Apriyani, Y. (2018). Analisis Pelayanan BPJS pada Rumah Sakit Graha Husada Bandar Lampung. Jurnal Perspective Business. 2018;2(1).

Rusmin, M., Bujawati, E., & Baso, N.H. (2017). Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Posyandu Lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Somba Opu Kabupaten Gowa Tahun 2015. Al-sihah: The Public Health Science Journal.2017;9(1).

Setyarini, R., Arso, S.P., & Suparwati, A. (2017). Faktor–Faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Ulang Puskesmas Santun Lansia Karangdoro Kota Semarang Tahun 2016. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal). 2017;5(2):16–24.

Sumpri, M. (2016). Pelayanan Kesehatan Ruang Rawat Inap Peserta Pengguna BPJS RSUD Dr. Soedarso Kalimantan Barat. PUBLIKA-Jurnal Ilmu Administrasi Negara. 2016;4(4):1–11.

Tamimi, N. (2016). Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Bagi Kelompok Lanjut Usia (LANSIA). (Analisis Data IFLS4/SAKERTI 2007). UGM Repositotory. 2016.

Widiastuti, I. (2018). Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Jawa Barat. Public Inspiration: Jurnal Administrasi Publik. 2018;2(2):91–101.

Videbeck, S.L. (2013). Psychiatric-mental health nursing. Lippincott Williams & Wilkins; 2013.

Vinsur, E.Y.Y., & Sutiyarsih, E. (2019). Analisi Faktor yang Mempengaruhi Lansia datang ke Pelayanan Kesehatan. Jurnal Ners dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery). 2019;6(2):189–196.

Published

2020-09-30

How to Cite

Dewi, R. D. C. (2020). SOSIALISASI INFORMASI DAN KOMUNIKASI JAMINAN KESEHATAN BPJS DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN KESEHATAN LANSIA: The Social Security Administrator Health Insurance Information and Communication Dissemination Activities in Improving the Health Services of the Elderly. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesehatan, 7(1), 19-26. https://doi.org/10.33023/jpm.v7i1.641