DETEKSI DINI BAGI GURU UNTUK PERILAKU BULLYING SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH I JOMBANG

EARLY DETECTION TEACHERS FOR STUDENT BULLYING BEHAVIOR IN SMA MUHAMMADIYAH I JOMBANG

Authors

  • shanti rosmaharani Stikes Pemkab Jombang

DOI:

https://doi.org/10.33023/jpm.v7i1.731

Keywords:

deteksi dini, bullying, guru

Abstract

Remaja mulai melakukan hubungan interpersonal dengan orang lain dan biasanya yang paling sering adalah dengan teman sebaya  dan membentuk peer group. Keluarga memiliki peranan penting dalan sosialisasi remaja, tentang bagaimana nilai moral dan etika yang baik ditanamkan sejak dini oleh keluarga. Bila sosialisasi nilai yang ditanamkan keluarga kurang dipahami dan dimengerti oleh remaja, maka bisa jadi perkembangan perilaku dan psikososialnya bermasalah. Akibatnya, remaja mulai menunjukkan gejala patologis perilaku perilaku beresiko lainnya, salah satunya adalah bullying dan kenakalan remaja.

Tujuan dari kegiatan ini adalah. mengetahui secara awal perilaku bullying pada siswa sehingga dapat mendeteksi kejadian bullying sejak awal dan menghindari dampak yang negatif bagi korban dan pelaku.

Hasil dari kegiatan ini adalah guru yang berperan sebagai pendidik tidak hanya bertanggung jawab pada nilai akademis siswa, tetapi juga memiliki tanggung jawab dalam membentuk tingkah laku dan karakter siswa. Guru berperan serta aktif dalam kegiatan ini dan sudah dapat mendeteksi prilaku bullying pada siswa. Pada kasus bullying yang terjadi pada siswa, guru berhak dengan segera melakukan berbagai tindakan untuk merespon perilaku bullying siswa agar terhindar dari berbagai macam kekerasan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Wiyani, N.A. (2012). Save Our Children from School Bullying. Yogyakarta: Ar-ruzz Media

Indawati (2016).Upaya Guru Kelas Untuk Mengatasi Perilaku Bullying Pada Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar Islam Lukman Hakim Pakisaji Malang. Skripsi. Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim

Widayanti (2009). Fenomena Bullying di Sekolah Dasar Negeri di Semarang Sebuah Studi Deskriptif.Jurnal Psikologi Undip. Vol 5

Yunika, Alizamar & Sukmawati, (2013). Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mencegah Perilaku Bullying Di SMA Negeri Se Kota Padang. Jurnal Ilmiah Konseling. Vol 2 No3

Published

2020-09-30

How to Cite

rosmaharani, shanti. (2020). DETEKSI DINI BAGI GURU UNTUK PERILAKU BULLYING SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH I JOMBANG: EARLY DETECTION TEACHERS FOR STUDENT BULLYING BEHAVIOR IN SMA MUHAMMADIYAH I JOMBANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesehatan, 7(1), 35-37. https://doi.org/10.33023/jpm.v7i1.731