HUBUNGAN KINERJA PERAWAT DENGAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT PADA PASIEN RAWAT INAP DI RUANG PERAWATAN PUSKESMAS PETERONGAN KECAMATAN PETERONGAN KABUPATEN JOMBANG

Authors

  • Dwi Candra Program Studi S1 Keperawatan STIKES Pemkab Jombang
  • Endang Ratnaningsih Laboratorium Klinik STIKES Pemkab Jombang
  • Haidir Fitri Laboratorium Klinik STIKES Pemkab Jombang

Abstract

Peran perawat di Puskesmas khususnya di Instalasi Rawat Inap sangatlah penting. Perawat merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan di puskesmas atau tempat kesehatan lainya dan tenaga yang paling lama berhubungan dengan pasien. Akan tetapi kinerja perawat masih banyak dikeluhkan oleh pasien dan keluarganya. Pada tahun 2007  kepuasan pasien rawat inap di sebuah Puskesmas Jawa Timur diperoleh informasi 17%. Pada tahun 2011 jumlah pasien rawat inap di puskesmas Peterongan bulan Desember adalah 155 pasien, bulan Januari tahun 2012 adalah 204 pasien , dan bulan Februari tahun 2012 sebanyak 167 pasien. Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien adalah kinerja perawat, umur, jenis kelamin, pendidikan. pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kinerja perawat dengan indeks kepuasan masyarakat pada  pasien rawat inap di  Puskesmas Peterongan  Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang.

Desain penelitian yang digunakan adalah analitik korelasional dengan pendekatan  cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah Semua pasien rawat inap di Puskesmas Peterongan Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang sebanyak 526 orang, dan 7 orang perawat. Sampel dalam penelitian ini adalah Sebagian pasien rawat inap sebanyak 53 orang dan 7 orang perawat di  Puskesmas Peterongan Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang. Tehnik samplingnya yang digunakan adalah purposive sampling dengan instrument berupa kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar kinerja perawat baik sejumlah 5 responden (71,42%), dan kinerja perawat  yang cukup sejumlah 2 responden (28,58%). Sedangkan kepuasan pasien sangat puas sejumlah 6 responden (11,3%), kepuasan pasien puas sejumlah 42 responden (79,3%), kepuasan pasien tidak puas sejumlah 5 responden (9,4%). Berdasarkan uji rank spearman diperoleh nilai ? > 0,000 maka H1 diterima sehingga ada hubungan kinerja perawat  dengan indeks kepuasan masyarakat pada pasien  rawat inap di Puskesmas Peterongan Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang.

Dengan adanya hasil penelitian ini hendaknya perawat berupaya memberikan penyuluhan kepada para pasien rawat inap tentang pentingnya kinerja yang baik untuk mendapatkan kepuasan pasien  rawat inap.

 

Kata kunci : kinerja perawat, indeks kepuasan masyarakat , pasien rawat inap

Published

2014-01-06