HUBUNGAN MUTU PELAYANAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN JAMKESMAS RAWAT INAP DI PUSKESMAS CUKIR KABUPATEN JOMBANG

Authors

  • Sheila Melati Puskesmas Tapen
  • Hexawan Tjahja Widada Puskesmas Tapen
  • Ratna Puji Priyanti Program Studi S1 Keperawatan STIKES Pemkab Jombang

Abstract

JPS   (jaringan pelayanan sosial) yang sekarang berganti nama menjadi  jamkesmas (Jaminan Kesehatan Masyarakat) adalah suatu program yang dicanangkan  oleh pemerintah untuk pengobatan bagi orang yang tidak mampu di rumah sakit. Jamkesmas  yang diberikan pemerintah  membantu masyarakat untuk menanggulangi serta membantu meringankan bagi orang miskin. Pelayanan yang diperoleh pasien jamkesmas di pkuskesmas yang dicanangkan pemerintah secara garis besar adalah sama dengan pasien non jamkesmas. Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui  hubungan  mutu  pelayanan  dengan  tingkat  kepuasan  pasien  jamkesmas  rawat  inap  di Puskesmas Cukir Kabupaten Jombang.

Desain penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analitik korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien amkesmas rawat inap yang menggunakan Jamkesmas di Puskesmas Cukir Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang sebanyak 78 orang. Besar sampel yang di gunakan sebanyak 65 responden. Teknik sampling yang di gunakan adalah purposive samlping. Variabel penelitian terdiri dari variabel independen yaitu mutu pelayanan pasien jamkesmas dengan menggunakan kuesioner dan variabel dependen yaitu tingkat kepuasan pasien jamkesmas rawat inap dengan menggunakan kuesioner. Selanjutnya di uji analisis menggunakan uji statistik rank spearman dengan ? = 0,05.

Dari hasil uji Statistik Spearman’s rho angka korelasi 0,405 dengan angka signifikan atau nilai probabilitas (0,001) yang jauh lebih rendah standart signifikan 0,05 atau (r < a), dengan membanding rshitung dengan rstabel, maka didapat hasil rshitung (0,405) > rstabel (0,364) dikarenakan rshitung > rstabel yang berarti ada hubungan mutu pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien jamkesmas rawat inap  yang signifikan, sehingga hipotesa diterima. Dari hasil penelitian di atas ini di dapatkan adanya hubungan mutu pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien jamkesmas rawat inap di puskesmas cukir kabupaten jombang pada tingkat keeratan cukup sebagai saran diharapkan petugas kesehatan khususnya perawat harus bisa memberikan pelayanan kesehatan yang optimal dan tidak membedakan antara pasien jamkesmas dan tidak jamkesmas agar mutu pelayanan yang di rasakan oleh pasien jamkesmas sangat puas.

Kata Kunci : mutu pelayanan, tingkat kepuasan, pasien jamkesmas, rawat inap

Published

2013-01-06