HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU HAMIL DENGAN MINAT IBU HAMIL MENGIKUTI KELAS IBU HAMIL DI DESA REJOAGUNG KECAMATAN PLOSO KABUPATEN JOMBANG
Abstract
Kelas ibu hamil merupakan salah satu kegiatan penting dalam penerapan buku KIA di masyarakat sebagai upaya pembelajaran ibu, suami dan keluarga melalui kegiatan belajar bersama untuk mempersiapkan ibu hamil dalam perawatan kesehatan anak sesuai standar. Pembentukan perilaku ibu hamil untuk mengikuti kelas ibu hamil sendiri dipengaruhi oleh adanya minat, oleh karena itu perlu diketahui hubungan pengetahuan ibu hamil dengan minat ibu mengikuti kelas ibu hamil.
Desain penelitian yang digunakan adalah metode analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi yang diteliti adalah ibu hamil di Desa Rejoagung Kecamatan Ploso Kecamatan Ploso Kabupaten Jombang sebanyak 33 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling diperoleh sampel 30 orang. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner yang hasilnya dianalisa dengan uji korelasi spearman rank.
Hasil penelitian menunjukkan hubungan pengetahuan ibu hamil dengan minat ibu hamil mengikuti kelas ibu hamil di Desa Rejoagung Kecamatan Ploso Kabupaten Jombang adalah hampir seluruh responden memiliki pengetahuan tentang kelas ibu hamil kriteria baik memiliki minat tinggi terhadap kelas ibu hamil (85,7%). Nilai koefisien Spearman rank’s? 0,438 dengan ? (0,016) < 0,05 yang berarti H1 diterima, maka ada hubungan pengetahuan ibu hamil dengan minat ibu hamil mengikuti kelas ibu hamil. Sedangkan tingkat hubungan kedua variabel tergolong cukup, hal ini ditunjukkan dengan nilai korelasi 0,438 kategori cukup.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan pengetahuan ibu hamil dengan minat ibu hamil mengikuti kelas ibu hamil.
Kata Kunci : Pengetahuan, minat, dan kelas ibu hamil