The Education To Prevent Decreasing Visual Aquity To Elementary School Student In Pandemic Period

Edukasi Mencegah Penurunan Ketajaman Penglihatan Pada Anak Sekolah Dasar Di Masa Pandemi

Authors

  • Indra Yulianti Stike Bina Sehat PPNI Mojokerto
  • Veryudha Eka Prameswari Prodi Kebidanan Stikes Bina Sehat PPNI Mojokerto
  • Sabrina Dwi Prihartini Prodi D3 Kebidanan FIK Unipdu Jombang

DOI:

https://doi.org/10.33023/jpm.v8i2.1004

Keywords:

Rudimentary School Children, Avoidance, Diminished visual acuity

Abstract

Pembelajaran Jarak Jauh sudah sejak awal Maret 2019 dilaksanakan bersamaan dengan menyebarnya wabah Covid-19 yang melanda hampir seluruh negara di belahan dunia. Pembelajaran yang dilakukan secara daring dengan menatap layar hp/laptop secara terus menerus tentunya dapat berpengaruh terhadap kesehatan mata anak yang menjadi salah satu pemicu terjadinya penurunan ketajaman penglihatan. Tujuan dari pengabdian ini adalah meningkatkan pengetahuan pada anak untuk mencegah penurunan ketajaman penglihatan pada siswa siswi di SDN Pacing III Mojokerto. Metode yang dilaksanakan dengan penyuluhan dan sosialisasi cara mencegah penurunan ketajaman penglihatan pada anak dengan menggunakan media leaflet dan power point sejumlah 57 siswa. Evaluasi yang dilakukan dengan cara memberikan posttest setelah pemberian edukasi. Hasil pengetahuan yang didapatkan setelah dilakukan edukasi tentang cara mencegah penurunan ketajaman penglihatan pada anak sekolah dasar di masa pandemi adalah pengetahuan kurang 12%, pengetahuan cukup 36%, pengetahuan baik 52%. Setelah dilakukan penyuluhan, pemahaman pada anak sekolah dasar tentang cara mencegah penurunan ketajaman penglihatan mengalami peningkatan. Hal ini sangat berguna demi peningkatan mutu pendidikan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1).

Fahrina, A., & Amelia, K. (2020). PERAN GURU DAN KEBERLANGSUNGAN PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID- 19. Aceh: Syiah Kuala University Press, 2(1).

Insani, Y. (2018). Hubungan Jarak Mata dan Intensitas Pencahayaan terhadap Computer Vision Syndrome. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS Dr. Soetomo, 4(2), 153–162. https://doi.org/doi: 10.29241/jmk.v4i2.120

Julita, J. (2018). Pemeriksaan Tajam Penglihatan pada Anak dan Refraksi Siklopegik: Apa, Kenapa, Siapa? Jurnal Kesehatan Andalas, 7(1).

Magdalena, I., & Muhammad Iqbal Fauzan, Lisa Damayanti Tantular, H. A. S. (2021). ANALISIS PENGGUNAAN GADGET PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH SISWA KELAS IV SD NEGERI 09 PAGI SEMANAN. Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(1).

Noventi, I. & S. D. (2019). Hubungan Dukungan Keluarga Dalam Pemeliharaan Kesehatan Mata Dengan Ketajaman Penglihatan Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Rw 10 Desa Kramat Jegu Taman Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 12(2).

Porotu, L. I., Joseph, W. B. S., Sondakh, R. C. (2015). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Ketajaman Pada Pelajar Sekolah Dasar Katolik Santa Theresia 02. Ejournal.Unsrat, 4(1).

Published

2022-06-15

How to Cite

Yulianti, I., Veryudha Eka Prameswari, & Sabrina Dwi Prihartini. (2022). The Education To Prevent Decreasing Visual Aquity To Elementary School Student In Pandemic Period: Edukasi Mencegah Penurunan Ketajaman Penglihatan Pada Anak Sekolah Dasar Di Masa Pandemi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesehatan, 8(2), 111-114. https://doi.org/10.33023/jpm.v8i2.1004