Technology Utilization By Midwives In Telemedic Services In Maternal And Child Health Services Field

Pemanfaatan Teknologi Oleh Bidan Dalam Pelayanan Telemedis Di Bidang Pelayanan Kesehatan Ibu Dan Anak

Authors

  • MEGA SILVIAN NATALIA STIKES HAFSHAWATY PESANTREN ZAINUL HASAN PROBOLINGGO

DOI:

https://doi.org/10.33023/jpm.v8i4.1278

Keywords:

teknologi, telemedis, bidan, pelayanan KIA

Abstract

Pandemi penyakit covid-19 memberikan dampak dan tekanan yang cukup besar dalam layanan kesehatan diseluruh dunia. Salah satunya adalah gangguan pada layanan kesehatan non-covid. Terjadi penurunan kunjungan baik layanan kesehatan tingkat pertama maupun tingkat ketiga. Data IBI di tahun 2020 menunjukkan terjadi penurunan kunjungan ANC selama pandemi. Dampak lebih luasnya dari penurunan kunjungan maternal ke layanan kesehatan dan penundaan vaksinasi anak antara lain peningkatan morbiditas-mortalitas dan masalah kesehatan baru yang harusnya dapat dicegah. Berdasarkan KMK RI No. HK.01.07/Menkes/413/2020 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Covid-19, pemberian informasi dan segala bentuk pelayanan kesehatan akan dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi komunikasi atau kita sebut dengan telemedicine. Dengan pemanfaatan teknologi komunikasi, bidan dituntut adanya perubahan model praktik yang menuntut keamanan, terpercaya, namun efektif. Hambatan dalam penggunaan layanan telemedis interaktif antaralain: sebagian masyarakat sebagai bagian dari rutinitas klinis, penyediaan teknologi digital bagi masyarakat terbelakang yang masih dalam pengembangan, pengadaan edukasi sistem digital, kendala internet, perangkat teknologi informasi segi literasi digital dan budaya “lebih senang bertatap muka langsung daripada komunikasi jarak jauh”. Solusi yang ditawarkan yaitu pendidikan kesehatan yang memberikan penjelasan tentang cara pemanfaatan perkembangan teknologi yang telah ada baik media sosial maupun aplikasi dalam meningkatkan layanan kesehatan terhadap ibu dan anak (KIA) di wilayah kerjanya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariyanti, S. and Kautsarina, K. (2017) ‘Kajian Tekno-Ekonomi pada Telehealth di Indonesia’, Buletin Pos dan Telekomunikasi, 15(1), p. 43. doi: 10.17933/bpostel.2017.150104.

Baker, J. and Stanley, A. (2018) ‘Telemedicine Technology: a Review of Services, Equipment, and Other Aspects’, Curr Allergy Asthma Rep, 18(60). doi: 10.1007/s11882-018-0814-6.

Doarn, C. R., Latifi, R. and Merrell, R. C. (eds) (2020) Telemedicine, Telehealth and Telepresence Principles, Strategies, Applications, and New Directions. 1st edn. Switzerland - Jerman: Springer International Publishing.

Handayani, P. W. (2021) Konsep dan Implementasi Sistem Informasi Kesehatan. 1st edn. Edited by P. Vita. Depok: Rajawali Pers.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (2015) Buku Ajar Kesehatan Ibu dan Anak. II, Departemen Kesehatan Republik Indonesia. II. Edited by E. Mulati, O. F. Royati, and Y. Widyaningsi. Jakarta Selatan: Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Kesehatan

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (2020a) Pedoman Pelayanan Antenatal, Persalinan, Nifas, dan Bayi Baru Lahir: di era adaptasi kebiasaan baru. 2nd edn. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.

Muhammad Luthfi Adnan, M. D. and Pramaningtyas (2020) ‘Penggunaan Telemedicine Pada Masa Pandemi Covid-19: Prospek Dan Tantangan’, JIMKI, 8(3), p. 6.

Nurjasmi, E. (2020) Situasi pelayanan kebidanan pada masa pandemi COVID-19 dan Memasuki era New-Normal. Available at: https://www.ibi.or.id/.

Vidal-Alaball, J. et al. (2020) ‘Telemedicine in the face of the COVID-19 pandemic’, Atencion Primaria, 52(6), pp. 418–422. doi: 10.1016/j.aprim.2020.04.003.

Published

2022-12-16

How to Cite

SILVIAN NATALIA, M. (2022). Technology Utilization By Midwives In Telemedic Services In Maternal And Child Health Services Field: Pemanfaatan Teknologi Oleh Bidan Dalam Pelayanan Telemedis Di Bidang Pelayanan Kesehatan Ibu Dan Anak. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesehatan, 8(4), 374-377. https://doi.org/10.33023/jpm.v8i4.1278