Improvement Of Psychomotorics Of Tunagrahita Children At Special School Tunas Harapan 2 Peterongan Jombang Through Hydroponic Plant Cultivation
Peningkatan Psikomotorik Anak Tunagrahita Di Sekolah Luar Biasa Tunas Harapan 2 Peterongan Jombang Melalui Budidaya Tanaman Hidroponik
DOI:
https://doi.org/10.33023/jpm.v9i1.1469Keywords:
anak tunagrahita, inovasi, teknik budidaya hidroponik, psikomotorikAbstract
SLB Tunas Harapan 2 Peterongan memiliki beberapa siswa yang tergolong dalam tunagrahita yakni anak yang secara nyata mengalami hambatan dan keterbelakangan perkembangan mental, intelektual jauh dibawah rata-rata sehingga mengalami kesulitan dalam tugas-tugas akademik, komunikasi maupun sosial. Pada masa pandemi sistem pembelajaran yang dijalankan oleh SLB Tunas Harapan 2 Peterongan kurang berjalan dengan baik karena kurangnya inovasi yang dilakukan kepada para siswa sehingga memicu tidak adanya ruang secara terbuka untuk para siswa mengembangkan keterampilan dan bakatnya sehingga budidaya hidroponik dapat dijadikan inovasi untuk pembelajaran anak tunagrahita. Tujuan dari program ini adalah meningkatkan intelektual dan perkembangan psikomotorik anak. Metode yang digunakan dalam program kurang lebih selama 3 bulan ini adalah observasi, pembimbingan cara budidaya tanaman hidoponik, pelaksanaan, evaluasi dan follow up. Hasil yang diperoleh dari program ini adalah adanya peningkatan pengetahuan yang diperoleh para siswa setelah mengikuti berbagai kegiatan, peningkatan sikap mandiri yang dibuktikan bisa melakukan kegiatan sesuai arahan yang diberikan secara sukarela sendiri, dan ditemukan adanya komunikasi dan sosial interaktif yang dilakukan oleh para siswa terhadap sesamanya. Hasil yang ditemukan dinilai sesuai dengan pemantauan yang dilakukan selama 3 bulan dalam setiap kegiatan di SLB Tunas Harapan 2 Peterongan. Kesimpulan program ini berfungsi untuk melatih siswa tunagrahita dalam peningkatan intelektual serta keaktifan psikomotoriknya
Downloads
References
Julia, D. R., Endah Yani, R. W. and Budirahardjo, R. (2018) ‘Hubungan Jenjang Pendidikan terhadap Perilaku Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Anak Tunagrahita di SLB Kota Sidoarjo’, Pustaka Kesehatan, 6(2), p. 371. doi: 10.19184/pk.v6i2.8661.
Purbasari, D. (2020) ‘Dukungan Pola Asuh Keluarga dan Kemampuan Pemenuhan Personal Hygiene Anak Retardasi Mental Berdasarkan Karakteristik di Cirebon’, Syntax Idea, 2(2), pp. 19–31. Available at: https://doi.org/10.36418/syntaxidea.v2i2.143.
Tongam S, I. (2017) ‘Peran Guru Terhadap Anak Penyandang Tunagrahita Ditinjau Dari Kinerja Kompetensi Guru’, Jom Fisip, 4(2), pp. 1–9.
Novita, Y. (2014) ‘Relasi Karakteristik Anak Tunagrahita dengan Pola Tata Ruang Belajar di Sekolah Luar Biasa’, E-Journal Graduate Unpar, 1(2), pp. 111–124