Campus Teaching Program Batch 4 To Improve Students' Literacy And Numeracy Skills At Smp Ahmad Yani Wonosalam
Program Kampus Mengajar Angkatan 4 untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik di SMP Ahmad Yani Wonosalam
DOI:
https://doi.org/10.33023/jpm.v9i2.1532Keywords:
Program Kampus Mengajar Angkatan 4, Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), soft skillsAbstract
Program Kampus Mengajar Angkatan 4 merupakan bagian kegiatan pembelajaran dan pengajaran di satuan pendidikan dasar dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas. Kampus Mengajar bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan beragam keahlian dan keterampilan dengan menjadi mitra guru dan sekolah dalam pengembangan model pembelajaran, juga menumbuhkan kreativitas serta inovasi dalam pembelajaran sehingga berdampak pada penguatan pembelajaran literasi dan numerasi di sekolah. Hasil dari program Kampus Mengajar ini diharapkan mahasiswa mampu berkontribusi mengabdikan dirinya sekaligus memperdalam bidang keilmuan yang telah dipelajari selama perkuliahan agar dapat diimplementasikan dan dikembangkan pada bidang pendidikan. Selain itu program Kampus Mengajar Angkatan 4 juga berfokus pada upaya peningkatan kemampuan literasi dan numerasi pada pendidikan dasar. Mengingat kondisi literasi dan numerasi Indonesia yang masih rendah seiring upaya peningkatan literasi dan numerasi sebagai salah satu agenda prioritas nasional. Selain itu dari program ini mahasiswa mampu menanamkan empati dan kepekaan sosial pada diri mahasiswa terhadap permasalahan kehidupan kemasyarakatan yang ada di sekitarnya, mengasah jiwa kepemimpinan, soft skills, dan karakter dalam berinovasi dan berkolaborasi dengan guru di SD dan SMP untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
Downloads
References
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemdikbud(2022).BukuPanduanKampusMengajarAngkatan3Tahun2022.KementrianPendidikandanKebudayaan
Mahanani, L.G. and Murtiyasa, B. (2016) ‘Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Aljabar Berbasis TIMSS pada Siswa SMP Kelas VIII’, Seminar Nasional Pendidikan Matematika, pp. 1–9.
Munir, A.N., Agusalim, F. and Taufik, I. (2023) ‘Program Kampus Mengajar Empat untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik di SDN Inpres 145 Pampangan’, 3(1), pp. 13–20.
Suryaman, M. (2015) ‘Analisis Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Literasi Membaca Melalui Studi Internasional (Pirls) 2011’, Litera, 14(1), pp. 170–186. Available at: https://doi.org/10.21831/ltr.v14i1.4416.