Documentation Completeness Workshop For Clients With Endocrine Disorders As An Effort To Improve The Quality Of Health Care Services In Hospital "X" In 2023
Workshop Kelengkapan Dokumentasi Bagi Klien Gangguan Endokrin Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit “X” Tahun 2023
DOI:
https://doi.org/10.33023/jpm.v9i2.1770Keywords:
Perawat, Dokumentasi Keperawatan, MutuAbstract
Pada klien dengan gangguan Sistem Endokrin terjadi beberapa gangguan sehingga menyebabkan kedaruratan medis dan berakhir pada kematian sehingga diperlukan pencegahan dan perawatan yang cepat dan akurat. Perawat, mempunyai peran memberikan kontribusi besar terhadap keberhasilan pemberian pelayanan kesehatan paripurna kepada klien. (Potter dan Perry, 2013). Pelayanan kesehatan yang bermutu dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti tingkat pengetahuan, keterampilan, kompetensi, dan kinerja perawat. Dokumentasi lengkap dan akurat adalah pondasi dari asuhan pelayanan kesehatan yang berkualitas. Peserta kegiatan dengan Jenis kelamin yang mengisi pre test dan post test terbanyak ialah perempuan sebanyak 26 perawat (78,8%), usia terbanyak 26 -35 tahun sebanyak 18 perawat (54,5%), masa kerja perawat yang terbanyak ialah perawat pelaksana lanjutan 12 perawat (36,4%), pendidikan terbanyak ialah Ners (S1 Profesi) sebanyak 18 perawat (54,5%). Didapatkan hasil setelah pelaksanaan kegiatan didapatkan bahwa terjadi peningkatan dalam tingkat pemahaman kelengkapan dokumentasi pada klien dari pemahaman kelengkapan dokumen secara optimal pada saat Pre Test sebesar 21 responden (63,6%) meningkat menjadi 33 responden (100%). Diketahui juga faktor yang menyebabkan ketidaklengkapan dalam melakukan dokumentasi keperawatan yang mempunyai nilai yang paling tinggi ialah kesibukan di ruangan sebanyak 25 perawat (62,5%). Hal yang dapat mendukung dalam melengkapi dokumentasi secara optimal dengan jumlah terbanyak yaitu; kebijakan dan panduan yang jelas dalam mendukung kelengkapan dokumentasi sebanyak 11 perawat (27,5%). Peserta memiliki komitmen 100% untuk mendukung kelengkapan dokumentasi secara optimal. Oleh karena pentingnya untuk fokus pada kelengkapan dokumentasi pasien dengan gangguan endokrin sebagai salah satu langkah untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Rumah Sakit dan menjawab tantangan-tantangan yang ada dalam industri perawatan kesehatan
Downloads
References
Hutagalung, F., & Wau, H. (2019). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MUTU PELAYANAN KESEHATAN PADA PASIEN
HIPERTENSI DI PUSKESMAS RANTANG MEDAN PETISAH TAHUN 2019. JURNAL KEPERAWATAN DAN FISIOTERAPI (JKF), 2(1), 16-25.
Maryam, S., 2019. MASA KERJA, TINGKAT PENDIDIKAN, DAN ROTASI KERJA MENINGKATKAN KINERJA PERAWAT Di RS JIWA Dr. SOEHARTO HEERDJAN. Jurnal Keperawatan Widya Gantari Indonesia 1(0): . https://doi.org/10.52020/jkwgi.v1i0.836
Putri, D. P., Prabowo, N. A., Myrtha, R., Apriningsih, H., & Hermawati, B. D. (2021). PENGELOLAAN PENYAKIT DIABETES MELLITUS TIPE 2 MELALUI PEMBERDAYAAN PENDERITA DIABETES MELLITUS DI RUMAH SAKIT UNS. LOGISTA-Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 5(2), 224
Sitorus, R & Panjaitan, R. (2011). Manajemen Keperawatan: Manajemen Keperawatan diRuang Rawat. Jakarta; CV Sagung SetoSulastri, K. (2023).
Siregar, H. K., Lipin, L., & Pipin, A. (2021). Literature Review: Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit. Jurnal Kesehatan Holistic, 5(2), 18-30. Saragih, S. L. N. (2020). FAKTOR–FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA PERAWAT DALAM MELAKSANAKAN IMPLEMENTASI KEPERAWATAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN DIRUMAH SAKIT
Suarli, S Dan Bahtiar. (2012). Manajemen Keperawatan Dengan Pendekatan Praktis.Jakarta: Erlangga
Sova Evie, & Dwi Yogyo Suswinarto. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan dengan Kelengkapan Dokumentasi Keperawatan Oleh Perawat Pelaksana Di Ruang Igd Rsud Mokopido Tolitoli. Prosiding Poltekkes Kemenkes Palu, 1(1), 6–17.
Retrieved from http://jurnal.poltekkespalu.ac.id/index.php/PPKP/article/view/3
Tampubolon, 2020. (TAHAP-TAHAP PROSES KEPERAWATAN DALAM PENGOPTIMALAN ASUHAN KEPERAWATAN)
Wiratikusuma, Y, dkk (2023). Buku Manajemen Resiko. Kolaborasi dengan beberapa penulis. Penerbit Global Eksekutif Teknologi.
Wiratikusuma, Y., Acihayati, J. P., & Supardi, S. (2023). THE EFFECT OF NURSING ROUND TRAINING ON PATIENT SATISFACTION IN NURSING SERVICES AT RS X JAKARTA. JURNAL MUTIARA NERS, 6(1), 34–45. https://doi.org/10.51544/jmn.v6i1.3399
World Health Organization (WHO). Kesehatan Tiroid. Amerika: WHO; 2012. p305-308. Censuswide. Thyroid Disorder Awareness International Survey (ExecutiveSummary). Commissioned by Merck; 2017. P10
YANTI, N. SERVICE QUALITY DALAM MENGUKUR KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI RUMAH SAKIT UMUM IBNU SINA KECAMATAN INDRAPURI.
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 38 TAHUN 2014 TENTANG KEPERAWATAN
Zees, R. F., Luawo, H. P., & Thalib, R. (2022). Discharge Planning Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di Rumah Sakit. Nursing Care, 7, 2.