Food Pyramid Education through the Stunting Snakes and Ladders Game for Adolescents at SMP Muhammadiyah 36 Jakarta

Edukasi Gizi Seimbang Melalui Permainan Ular Tangga Stunting Pada Remaja Di SMP Muhammadiyah 36 Jakarta

Authors

  • Awaliah Awaliah Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.33023/jpm.v10i1.1850

Keywords:

Remaja, Edukasi, Gizi seimbang. Ular tangga stunting

Abstract

Stunting, wasting, obesitas dan kekurangan zat gizi mikro seperti anemia merupakan tiga beban masalah gizi pada remaja yang terjadi di Indonesia. Remaja sudah dapat menentukan sendiri asupan makanan atau minuman yang sangat memengaruhi status gizi dan kesehata. Pengetahuan tentang gizi dan kesehatan sangat penting diberikan agar perilaku gizi dan kesehatan yang baik menjadi suatu kebutuhan dan kebiasaan. Edukasi gizi seimbang melalui permainan ular tangga stunting merupakan metode penyampaian informasi melalui permainan edukatif memiliki keunggulan dalam proses pembelajaran yang menyenangkan dan mendorong partisipasi remaja secara aktif. Sebanyak 121 siswa terlibat aktif dan antusias dalam mengikuti permainan ini. Terdapat peningkatan pengetahuan gizi seimbang pada remaja sebesar 24 poin sebelum dan sesudah mengikuti permainan yaitu dari 53.81 menjadi 77.81. Hasil uji statistic menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara pre dan post test pada ? 0,05, dengan P value 0.001dapat disimpulkan permainan ular tangga stunting efektif dalam meningkatkan pengetahuan gizi seimbang siswa SMP Muhammadiyah 36 Jakarta. Permainan edukatif ini diharapkan dapat menjadi strategi peningkatan pengetahuan tentang gizi seimbang pada remaja yang dapat dilakukan oleh fihak sekolah secara berkesinambungan dan dapat dijadikan sebagai bagian dari program usaha kesehatn sekolah (UKS) untuk meningkatkan status kesehatan remaja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gaylis, J.B., Levy, S.S., & Hong, M.Y. (2019) Relationships between body weight perception, body mass index, physical activity, and food choices in Southern California male and female adolescents

Haidar, A., Ranjit, N., Archer, N., & Hoelscher, D.M. (2019). Parental and peer social support is associated with healthier physical activity behaviors in adolescents: a cross-sectional analysis of Texas School Physical Activity and Nutrition (TX SPAN) data. BMC Public health. (19;640), 1-9.

Kementerian Kesehatan RI. (2018). Hasil RisetKesehatan Dasar (Riskesdas) 2018. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI.

Kementerian Kesehatan RI. (2018). Hasil riset kesehatan dasar (Riskesdas) 2018. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI.

Kemenkes RI. (2019). Buku panduan untuk siswa; Aksi bergizi, hidup sehat sejak sekarang untuk remaja kekinian. Jakarta: Kemenkes RI.

Lestari, P.Y., Tambunan,L.N., Lestari, L.M (2022). .Hubungan pengetahuan tentang gizi terhadap status gizi remaja Jurnal Surya Medika (JSM), 8 (1), 65 – 69

Novia, N., Permanasari, A, Riandi, R & Kaniawati, I (2020). Tren penelitian educational game untuk peningkatan kreativitas siswa: Sebuah systematic review dari literatur. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6 (2), 2020, 217-226

Nurzihan, N.C., Prasetyo, B., & Ismawanti, Z. (2020). Pengaruh penyuluhan media ular tangga terhadap pengetahuan remaja tentang 13 pesan umum gizi seimbang pada remaja. Jurnal Dunia Gizi, 3(2), 98-104

Rah, J.H., Boonstra, A.M., Agustina, R., ZutphenK.S.V., & Kraemer, K. (2021). The triple burden of malnutrition among adolescents in Indonesia. Food and Nutrition Bulletin. 42(1S), 4S-8S.

Reinehr, T. (2018). Long-term effects of adolescent obesity: time to act. Nature Review; Endocrinology. (14), 183-188.

SEAMEO RECFON & Kemendikbud RI. (2019). Gizi dan kesehatan remaja. Jakarta: SEAMEO RECFON, Kemendikbud RI.

Sudarman S, Hadi AJ, Manggabarani S, & Ishak S. (2020). Pengaruh Intervensi Perilaku Jajan Sehat terhadap Pencegahan Anemia Gizi pada Anak Usia Sekolah Dasar di Kota Makassar. Promot J Kesehat Masy, 10(1):67–72

United Nations Children’s Fund (UNICEF). (2021). Programming Guidance: Nutrition in Middle Childhood and Adolescence. UNICEF: New York

United Nations Children’s Fund (UNICEF). (2021). Social and Behavioural Change Communication Strategy: Improving Adolescent Nutrition in Indonesia. UNICEF, Jakarta

WHO, & CDC. (2015). Indonesia- Global School-Based Student Health Survey 2015. Umicef: Jakarta

WHO. (2021). Malnutrtion. Retrieved from https://www.who.int › Newsroom › Fact sheets › Detail ; 9Mei 2021

Published

2024-03-29

How to Cite

Awaliah, A. (2024). Food Pyramid Education through the Stunting Snakes and Ladders Game for Adolescents at SMP Muhammadiyah 36 Jakarta: Edukasi Gizi Seimbang Melalui Permainan Ular Tangga Stunting Pada Remaja Di SMP Muhammadiyah 36 Jakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesehatan, 10(1), 41-47. https://doi.org/10.33023/jpm.v10i1.1850