Edukasi Terhadap Kemampuan Toilet Training Pada Anak SMP Dengan Retardasi Mental Di SLB Dharma Wanita Persatuan Provinsi Bengkulu

Authors

  • Deoni Vioneery Universitas Kusuma Husada Surakarta
  • Dirhan Stikes Tri Mandiri Sakti Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.33023/jpm.v10i1.2158

Keywords:

toilet training, kemandirian, retardasi mental

Abstract

Toilet training merupakan suatu cara melatih buang air besar dan buang air kecil pada tempatnya (toilet). Toilet training secara umum dapat dilaksanakan pada setiap anak yang sudah memasuki fase kemandirian pada anak. Suksesnya toilet training tergantung pada anak dan keluarga, seperti kesiapan fisik, dimana kemampuan secara fisik sudah kuat dan mampu. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan anak melalui edukasi tentang toilet training pada anak SMP dengan retardasi mental di SLB Dharma Wanita Persatuan Provinsi Bengkulu. Metode pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini berupa penyuluhan, demonstrasi, dan diskusi yang dilaksanakan secara langsung atau tatap muka. Hasil kegiatan ini adalah berupa peningkatan kemampuan toilet training siswa SMP dengan retardasi mental. Sebagian besar anak sudah mampu toilet training secara mandiri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daris, Hamy. 2022. Edukasi Toilet Training Pada Ibu Dengan Anak Usia Todler Di Dusun Ngronggi, Desa Grudo, Kabupaten Ngawi. https://journal.stikespemkabjombang.ac.id/index.php/jpm/article/view/946.

Fadilah, Lailatul. Kendala Peneapan Terapi ABA (Applied Kemandirian Anak Retradasi Mental /GDD di Pusat Terapi Terpadu A Plus Malang. Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri (UIN) Malang; 2008.

Gunarsa, Singgih. (2004). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: Gunung Mulia.

Hidayat. (2013). Pengantar Ilmu Keperawatan Anak. Jakarta: Salemba Medika.

Kementerian Kesehatan. (2014). Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Tahun 2014. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2014). Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Tahun 2013. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016). Pedoman Umum Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Kroeger, K. A., & Sorensen-Burnworth, R. (2009). Toilet Training Individuals with Autism and Other Developmental Disabilities: A Critical Review. Research in Autism Spectrum Disorders, 3(3), 607–618. https://doi.org/10.1016/j.rasd.2009.01.005

Munafiah, S,. Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Dengan Kemandirian Toilet Training Pada Anak Retradasi Mental Di SLB Negeri Surakarta. Naskah publikasi. Surakarta: Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2013. http://eprint.ums.ac.id/27218/15/ 02.Naskah Publikasih.pdf. 11 januari 2016 pukul 19.00 WIB.

Mutaqqin. (2012). Buku Ajar Asuhan Keperawatan Klien Dengan Gangguan Sistem Imunologi. Jakarta : Selemba Medika.

Nurani R., Dian. 2014. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Tingkat Kemandirian Anak Retardasi Mental Sedang Di SLB 01 Negeri Bantul Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: UMY

Samsuri, AF. Gambaran Orang Tua Dalam Memandirikan Anak Retradsi Mental di SLB N Surakarta. Naskah publikasi. Surakarta: Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2013. http://eprints.ums.ac.id/27146/1 2/NASKAH_PUBLIKASI.pdf. Diakses 12 januari 20016 jam 09.10 WIB.

Salimah, S. Retradasi Mental. Departemen Ilmu Kedokteran Gigi Anak Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatra Utara Medan; 2010. http://repository.usu.ac.id/bitstre am/123456789/1182/1/10E0050 6.pdf. Diakses pada tanggal 06 maret 2016 pukul 23.00 WIB

Sells-Love, D., Rinaldi, L. M., & McLaughlin, T. F. (2002). Toilet Training an Adolescent with Severe Mental Retardation in the Classroom: A Case Study. Journal of Developmental and Physical Disabilities, 14(2), 111–118. https://doi.org/10.1023/A:1015272212804

Suparyanto. 2010. Konsep Pola Asuh Anak. http://carantrik.com. Diakses tanggal 19 April 2016 pukul 20.00 WIB.

Tuegeh, J. 2011. Peran Keluarga Dalam Memandirikan Anak Retardasi Mental Di Yayasan Pembinaan Anak Cacat Manado. Jurnal Juiperdo. Vol 1. Maret 2012

Ulfatusholiat R. Peran Orang Tua Dalam Penyesuaian Diri Anak Tunagrahita Universitas Gunadarma. Artikel. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Gunadarm;2009. http://www.gunadarma.ac.id/libr ary/articles/graduate/psychology /2009/Artikel_10504152.pdf. Diakses 07 januari 2016 pukul 19.50 WIB.

Vioneery, D. (2024). Edukasi terhadap Kemampuan Toilet Training pada Anak SMP dengan Retardasi Mental di SLB Dharma Wanita Persatuan Provinsi Bengkulu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesehatan, 10(1), 48–50. https://doi.org/10.33023/jpm.v10i1.2158

Wong, D.L., Dkk. 2009. Buku Ajar Keperawatan Pediatrik. Edisi 6. Vol 1. Jakarta: EGC

WHO. World Health Statistics 2016: World Health Organization; 2016

Published

2024-03-29

How to Cite

Deoni Vioneery, & Dirhan. (2024). Edukasi Terhadap Kemampuan Toilet Training Pada Anak SMP Dengan Retardasi Mental Di SLB Dharma Wanita Persatuan Provinsi Bengkulu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesehatan, 10(1), 32-25. https://doi.org/10.33023/jpm.v10i1.2158