IPTEK BAGI KADER KESEHATAN SOSIALISASI SELF REGULATION PENDERITA HIPERTENSI DI DESA LOSARI PUSKESMAS BAWANGAN PLOSO JOMBANG

Authors

  • Pepin Nahariani STIKES PEMKAB JOMBANG

Abstract

Seiring dengan semakin meningkatnya kesejahteraan masyarakat di negara berkembang, tingkat kejadian berbagai penyakit degeneratif semakin meningkat pula, salah satunya adalah Hipertensi. Hipertensi adalah urutan teratas dari kejadian yang mengiringi proses lansia. Bukan hanya karena faktor aging process melainkan juga didukung dengan perilaku yang maladaptif.

Tujuan dari penelitian ini adalah Mengoptimalkan peran kader kesehatan terutama dalam pengendalian hipertensi di Desa Losari Puskesmas Bawangan Kecamatan Ploso Kabupaten Jombang.

Hasil dari penelitian ini adalah Para kader antusias dalam kegiatan dan mereka merasa mendapat ilmu baru mengenai Self Regulation yang dapat diimplementasikan dalam kehidipan sehari hari baik dalam manajemen diri dalam stress, aktivitas, menata menu diet dan lain lain.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mujianto. 1998. Pengaruh Pelatihan Partisipatif Terhadap Peningkatan Pengetahuan, Sikap dan Keteram pilan Kader Dalam Monitoring Tekanan Darah Usia Lanjut Di Kabupaten Sleman. Tesis tidak diterbitkan. FKM Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Notoatmojo, Soekidjo. 2005. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Cetakan Pertama. Jakarta : PT Rineka Cipta

Brunner and Suddarth. 2001. Keperawatan Medikal bedah. Edisi 8. EGC : Jakarta

Fatmah . 2010. Gizi Usia Lanjut. Erlangga. Jakarta : 8-166.

Patel, C. 1998. Petunjuk Praktis Mencegah dan Mengobati Penyakit Jantung. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Published

2018-09-02

How to Cite

Nahariani, P. (2018). IPTEK BAGI KADER KESEHATAN SOSIALISASI SELF REGULATION PENDERITA HIPERTENSI DI DESA LOSARI PUSKESMAS BAWANGAN PLOSO JOMBANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesehatan, 3(1), 21-24. Retrieved from https://journal.stikespemkabjombang.ac.id/index.php/jpm/article/view/303