PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN MEDIA VEGETABLE AN PUZZLE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMILIHAN KONSUMSI MAKANAN SAYUR PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH

HEALTH EDUCATION USING AN PUZZLE VEGETABLE MEDIA AS AN EFFORT TO IMPROVE CONSUMPTION SELECTION ABILITIES VEGETABLE FOOD IN PRE SCHOOL AGE

Authors

  • Pipit Wiliyanarti Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33023/jpm.v7i2.707

Keywords:

Kata Kunci: makanan sayur, anak pra sekolah, media puzzle

Abstract

Usia prasekolah (3-6 tahun) merupakan masa perkembangan intelektual dan emosional yang pesat bagi anak. Anak membutuhkan nutrisi yang cukup untuk mencapai tumbuh kembang yang optimal. Kebutuhan gizi merupakan kebutuhan yang sangat penting dalam membantu proses tumbuh kembang anak serta mencegah berbagai penyakit akibat gizi buruk pada tubuh. Pelaksanaan pengabdian ini menggunakan metode pendampingan dan pendidikan kesehatan pada kelompok anak pra sekolah  dalam bentuk permainan kelompok di Wilayah Surabaya. Media yang digunakan berupa puzzle sayuran. Hasil pengabdian  setelah pendampingan dan permainan puzzle sayur anak rata-rata menunjukkan terdapat peningkatan pengetahuan pada anak tentang manfaat sayuran dan jenis sayuran,  hasil pengetahuan baik sebanyak 20 anak (80%) dari 25 responden, anak antusias dalam melaksanakan permainan. Kesimpulannya, media puzzle sayuran dapat meningkatkan tingkat kemampuan memilih konsumsi sayuran pada anak usia prasekolah. Metode  permainan puzzle sayur dapat digunakan sebagai media pembelajaran bagi anak. Pengetahuan dalam pemilihan makanan yang mengandung sayur pada anak dapat meningkatkan pertumbuhan  perkembangan anak.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andika Mohammad dk., 2015. Konsumsi Makanan Sayur Anak Usia Sekolah Dasar di Bogor. Departemen Gizi Masyarakat. Fakultas Ekologi Manusia (FEMA), Institut Pertanian Bogor.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes), 2018. Infodatin. Kebutuhan gisi pada usia anak. Jakarta. Kementrian Kesehatan RI

Demitri., 2015. Pengaruh pendidikan Gizi Tentang Pola Makan Seimbang Melalui Game Puzzle dan Gambar Animasi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Anak

Diah Kartika N, Ronny Aruben dkk., 2015. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumsi Makanan Buah dan Sayur Pada Anak Pra sekolah Paud TK Sapta Prasetya Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat Vol 3, No 1, Januari 2015.

Farida, Ida., 2010. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Konsumsi Buah di Kota Bekasi. Skripsi Universitas Islam Negri Syari Hidayatullah : Jakarta.

Haryani., 2011. Gizi Untuk Kesehatan Ibu dan Anak. Graha Ilmu : Yogyakarta.

Kemenkes RI., 2013. Pedoman Gizi Seimbang. Diakses dari http://gizi. Depkes.Go.id/download/pedoman%20gizi/PGS%20ok.pdf.

Kementerian Kesehatan RI., 2015. Situasi Pangan Jajanan Anak Sekolah. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Kementerian Kesehatan RI. 2019. Laporan Nasional Riskesdas 2018. Jakarta: Lembaga Penerbitan Badan

Krolner, R, Rsamussen, M, Brug dkk (2011). Determinants Fruit and Vegetable Consumption Among Children and Adolescents : A Review Of The Literature International Journal Of Behavioral Nutrition and Physical Activity.

Nursalam.,2017. “Konsep dan Penerapan Metodelogi Penelitian Ilmu Keperawatan”. Salemba Medika: Jakarta.

Ni, Q., & Yu, Y. (2015). Research on educational mobile games and the effect it has on the cognitive development of preschool children. Zhejiang University of Technology

Mahardika, M Asrori, Yuniarni D, 2013. Permainan Edukatif dengan Media Puzzle mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 4-5 tahunTK Islamiyah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. Vol.2 No.10. Universitas Tanjung Pura.

Muazzomi, N. (2017). “Pengembangan Alat Permainan Edukatif Pendidikan Anak Usia Dini melalui Aplikasi Microsoft Powerpoint”. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi.

Patmonodewo., 2010. Permainan Edukatif. PT Gramedia Pustaka Utama.

Purwantoko, R A.,2010.” Keefektifan Pembelajaran dengan Menggunakan Media Puzzle Terhadap Pemahaman IPA Siswa SMP “. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 6 hal. 123 – 127.

Pratitasari D., 2010. Makan Sayur Seasyik Bermain. Yogyakarta : B-First.

Suparisa, I D N dkk.,2011. Penilaian Status Gizi. Jakarta, EGC.

WHO.,2014. Kesehatan Gizi Anak Usia Pra-Sekolah. crom : www.who.com

Wiliyanarti, PF. 2018. Ilmu Gizi. Surabaya: UMSurabaya press

Published

2021-09-29

How to Cite

Wiliyanarti, P. (2021). PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN MEDIA VEGETABLE AN PUZZLE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMILIHAN KONSUMSI MAKANAN SAYUR PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH : HEALTH EDUCATION USING AN PUZZLE VEGETABLE MEDIA AS AN EFFORT TO IMPROVE CONSUMPTION SELECTION ABILITIES VEGETABLE FOOD IN PRE SCHOOL AGE. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesehatan, 7(2), 96-101. https://doi.org/10.33023/jpm.v7i2.707