PEMBERDAYAAN ORANG TUA MELALUI PENDAMPINGAN ANAK USIA DINI YANG MENJALANI LFH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MOJOKERTO

EMPOWERMENT OF PARENTS THROUGH ASSISTANCE OF EARLY CHILDREN THROUGH LFH IN THE COVID-19 PANDEMIC IN MOJOKERTO

Authors

  • Lida Khalimatus Sa'diya STIKes Bina Sehat PPNI Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.33023/jpm.v7i2.816

Keywords:

Orang Tua, Anak usia dini, Covid

Abstract

Berdasarkan data covid.go.id tahun 2020, anak yang positif Covid-19 usia 0-18 tahun sebanyak 82.710 orang atau 11 persen dari pasien dewasa dengan korban meninggal sebanyak 568 orang atau 2,6 persen dari pasien dewasa yang meninggal. Masa pandemi mengharuskan untuk menjaga jarak dengan orang lain. Salah satu aktivitas yang terkena dampaknya dari pandemi ini adalah sekolah, karena harus melakukan pembelajaran melalui rumah atau LFH. Tentunya pembelajaran secara daring jauh berbeda dengan pembelajaran secara tatap muka. Agar tumbuh kembang anak pada masa pandemic berlangsung optimal maka perlu menjaga kesehatan. Beberapa faktor penentu bagi perkembangan anak baik fisik maupun mental adalah peran orang tua, terutama peran seorang ibu, karena ibu adalah pendidik pertama dan utama bagi anak yang dilahirkan sampai dewasa. Anak usia dini tergolong kelompok yang rentan terpapar Covid-19. Keluarga merupakan kelompok sosial yang pertama dalam kehidupan manusia, tempat pertama dalam belajar. Peran yang selama ini dilaksanakan di satuan pendidikan beralih fungsi di satuan keluarga. Kegiatan pengabdian masyarakat bagi STIkes bina sehat PPNI Mojokerto perlu dilakukan untuk menjalankan peran orang tua melalui pendampingan anak usia dini yang menjalani LFH (Learning From Home) pada masa pandemi covid-19. Sasaran pengabdian masyarakat adalah orang tua yang memiliki anak usia dini (5-7 tahun) berjumlah 94 orang, kegiatan talkshow dilakukan live zoom dan youtube

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, Dwiyani, Sofia Hartati, Yuliani Nurani. (2019). Implementasi Metode Bercerita dan Harga Diri dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3 (2), 404-415.

Dinata, Pri Ariadi Cahya; Rahzianta; Zainuddin, Muhammad. "Self Regulated Learning sebagai Strategi Membangun Kemandirian Peserta Didik Dalam Menjawab Tantangan Abad 21", Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS) 2016.

Hatimah, Ihat. "Keterlibatan Keluarga Dalam Kegiatan Di Sekolah Dalam Perspektif Kemitraan", Pedagogia, Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 14, No. 2 (2016).

Juhaina. (2015). Metode Cerita untuk Mengembangkan Aspek-aspek Perkembangan Anak. Syamil, 3(2), 195-225.

Masdudi. (2015). Karakteristik Perkembangan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, 1 (2), 5-9.

Nursalam. 2013. Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika

Sujiono, Y N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:PT Indeks.

Yulianingsih, Yuyun and Hayati, Tuti and Kurnia, Aam and Nursihah, Arif ,Pengenalan Covid-19 pada anak usia dini melalui metode bercerita, 2020

Published

2021-09-29

How to Cite

Lida Khalimatus Sa’diya. (2021). PEMBERDAYAAN ORANG TUA MELALUI PENDAMPINGAN ANAK USIA DINI YANG MENJALANI LFH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MOJOKERTO: EMPOWERMENT OF PARENTS THROUGH ASSISTANCE OF EARLY CHILDREN THROUGH LFH IN THE COVID-19 PANDEMIC IN MOJOKERTO. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesehatan, 7(2), 90-95. https://doi.org/10.33023/jpm.v7i2.816