KERIPIK KACA RASA BUAH PISANG DAN STRAWBERY SEBAGAI NUTRISI MENINGKATKAN IMUNITAS DI MASA PANDEMI COVID-19
BANANA AND STRAWBERY FLAVOR GLASS CHIPS AS NUTRITION TO INCREASE IMMUNITY DURING THE COVID-19 PANDEMIC
DOI:
https://doi.org/10.33023/jpm.v7i3.887Keywords:
covid-19, imunitas, kripik kaca rasa buah, nutrisiAbstract
Pendahuluan : Kandungan nutrisi buah bermanfaat melindungi tubuh dari penyakit dan membantu proses penyembuhan di masa pandemi Covid-19. Oleh karena itu, untuk meningkatkan inovasi produk olahan dan konsumsi buah pada masyarakat mengikuti perkembangan zaman dan menyesuaikan selera masyarakat, maka diciptakan produk “Keripik Kaca Rasa Buah”. Produk ini berbentuk tipis dan transparan seperti kaca. Produk ini merupakan makanan ringan terbaru mempunyai jenis varian rasa baru rasa manis alami berasal dari perpaduan buah pisang dan strawberry. Rasa manis menjadi keistimewaan produk. Kelebihan lain yaitu belum pernah ada di makanan kuliner sehingga merupakan makanan baru. Produk ini merupakan inovasi dari keripik kaca disajikan rasa gurih, renyah, asin, dan pedas. Metode: Tahapan ini dilakukan pembuatan kripik menggunakan bahan dan peralatan secara home industri. Tahapan aspek produksi meliputi persiapan produksi, produksi, dan pemasaran. Pemasaran melalui internet seperti media sosial yaitu website instagram, online shop, dan aplikasi chatting seperti WhatsApp. Pemasaran juga dengan cara mendatangi beberapa toko swalayan di beberapa tempat tertentu yang dianggap strategis. Strategi mempromosikan produk dengan cara membuat logo brand, dan poster. Selanjutnya pada tahap manajemen usaha dilakukan perhitungan bisnis dengan menggunakan asumsi dan proyeksi. Hasil: pada hasil didapatkan pemasaran produk yang sudah jadi pada konsumen secara online karena kondisi pandemi Covid-19. Melakukan pemasaran hasil produk “Keripik Kaca Rasa Buah” sebanyak 1 kali produksi yaitu sebanyak 60 buah kemasan selama 2 minggu. Kesimpulan: 1) Melanjutkan produksi tetap menggunakan bahan dasar tepung tapioka yang diberi perasa buah pisang dan strawberry; 2) Melakukan survei pasar berfokus strategi pemasaran produk lebih terencana dan terorganisasi dengan baik dengan tim dan tugas yang jelas; 3) Meningkatkan promosi manfaat produk terhadap kesehatan bahwa kandungan vitamin C meningkatkan daya tahan tubuh.Downloads
References
Kusharto, C.M. (2007). Serat Makanan Dan Perannya Bagi Kesehatan. Jurnal Gizi Dan Pangan. https://doi.org/10.25182/jgp.2006.1.2.45-54
Mangiri, B.S., Yani, S., & Anitasari, S. (2018). Sari Buah Strawberry Super Merah (Hylocereus Costaricensis) Sebagai Pewarna Alami Plak Gigi. Jurnal Material Kedokteran Gigi. 2018;7(1):28. https://doi.org/10.32793/jmkg.v7i1.278
Panjuantiningrum, F. (2009). Pengaruh Pemberian Buah Strawberry Merah (Hylocereus Polyrhizus) Terhadap Kadar Glukosa Darah Tikus Putih Yang Diinduksi Aloksan. Jurnal Teknologi Pangan.
Rahman, T., Luthfiyanti, R., & Ekafitri, R. (2011). Optimasi Proses Pembuatan Food Bar Berbasis Pisang. Prosiding SNaPP2011 Sains, Teknologi, Dan Kesehatan, 2011;(2):295–302.
Senditya, M., Hadi, M.S., Estiasih, T., & Saparianti, E. (2014). Efek Prebiotik Dan Sinbiotik Simplisia Daun Cincau Hitam (Mesona Palustris BL) Secara In Vivo?: Kajian Pustaka In Vivo Prebiotic And Synbiotic Effect Of Black Grass Jelly (Mesona Palustris BL) Leaf Simplicia?: A Review. 2014;2(3):141–151.
Setyawati, R., Farida, F., Karim, S., Dwiningrum, N.R., & Mahfud, T. (2018). Pengembangan Variasi Olahan Buah Strawberry Merah Menjadi Produk Pangan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Petani Karang Joang. J-Dinamika: Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v3i1.572
Ulyah, N. (2016). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada PT. Bhirawa Steel [Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas]. In Surabaya. http://eprints.perbanas.ac.id/163/1/ARTIKEL ILMIAH.pdf.