https://journal.stikespemkabjombang.ac.id/index.php/jpm/issue/feed Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesehatan 2025-04-24T21:03:59+07:00 Fitri Firranda Nurmalysah [email protected] Open Journal Systems <p style="text-align: justify;">Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesehatan adalah jurnal yang mewadahi dan mempublikasikan pengabdian kepada masyarakat bidang kesehatan, terutama keperawatan, kebidanan, teknologi kesehatan, kesehatan masyarakat, dan bidang ilmu penunjang lainnya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesehatan adalah jurnal yang terbit setiap bulan Maret dan September.</p> https://journal.stikespemkabjombang.ac.id/index.php/jpm/article/view/2567 Pengembangan Teaching Factory (TEFA) Baby Spa Pendampingan Smk Pusat Keunggulan Citra Nusantara Klaten 2025-04-23T13:46:51+07:00 Ana Farida Ulfa [email protected] Zuliani [email protected] Andi Yudianto [email protected] <p>Sekolah menengah kejuruan merupakan pendidikan vokasi level sekolah menengah atas dengan target lulusan adalah siap bekerja. Pada kurikulum merdeka sekolah menengah kejuruan memiliki program sekolah menengah kejuruan pusat keunggulan memiliki tujuan meningkatkan kualitas keahlian lulusan dengan penguatan mitra kerja dan penyelarasan dengan dunia industri. Dalam pelaksanaan program sekolah menengah kejuruan pusat keunggulan, sekolah mendapatkan pendampingan dari perguruan tinggi. Dalam pelaksanaanya perguruan tinggi pendamping akan ditunjuk langsung oleh Direktorat Jendral Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Progran studi diploma tiga Unipdu Jombang, merupakan salah satu perguruan tinggi yang mendapatkan tugas melakukan pendampingan program pusat keunggulan di sekolah menengah kejuruan. Salah satu sekolah menengah kejuruan yang mendapat pendampungan dari UNIPDU adalah sekolah menengah kejuruan Citra Nusantara Klaten, Jawa Tengah. Pendampingan dilakukan selama tiga bulan untuk pelaksanaan program pusat keunggulan, dengan fokus pendampingan; meningkatkan mitra pengembangan kurikulum, pengembanagn teaching factory di sekolah menengah kejuruan dan optimalisasi penggunaan sarana prasarana di sekolah. Metode yang digunakan selama pedampingan adalah focus group discussion, workshop dan pendampingan langsung. Hasil pendampingan secara umum dapat disampaikan bahwa sekolah menengah kejuruan Citra Nusantara Klaten sudah melakukan MoU dengan mitra baru yaitu Indonesian Holistic Care Association (IHCA) dengan kompetensi keahlian baby spa. Sekolah sudah berhasil melaksanakan penyelarasan kurikulum dengan mitra atau dunia industri bersama IHCA. Pada program pemanfaatan sarana prasarana sekolah berhasil menyediakan ruangan laboratorium untuk kompetensi keahlian baby spa, serta kelengkapan standar operasional prosedur untuk penggunaan dan perawatan sarana prasarana. Mitra industri Indonesian Holistic Care Association bersedia menjadi mitra dalam program pemadaan pengembanagn teaching factory pada tahun 2025</p> 2025-03-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesehatan https://journal.stikespemkabjombang.ac.id/index.php/jpm/article/view/2572 Hubungan Tingkat Kualitas Pelayanan Farmasi Dengan Kepuasan Pasien 2025-04-24T21:03:59+07:00 nasrudin [email protected] Galih Satriyo Hutomo [email protected] Zulfikar Asumta [email protected] <p>Kualitas layanan, penyedia farmasi, dan ketersediaan obat menentukan kepuasan pasien rawat jalan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit (IFRS). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kualitas layanan farmasi dan kepuasan pasien. Metode: Metodologi tinjauan cakupan digunakan, yang terdiri dari lima langkah utama: (1) mengidentifikasi pertanyaan penelitian, (2) mengidentifikasi studi yang relevan, (3) memilih studi, (4) mengekstraksi data, dan (5) menyusun, meringkas, dan melaporkan hasilnya. Pencarian komprehensif dilakukan di Google Scholar dan PubMed, menghasilkan total 16.226 artikel. Setelah penyaringan judul dan abstrak secara menyeluruh, 20 artikel teks lengkap dinilai kelayakannya. Akhirnya, lima studi dipilih untuk analisis dan sintesis terperinci. Hasil: Analisis literatur yang dipilih menunjukkan bahwa kualitas layanan farmasi memengaruhi kepuasan pasien. Kesimpulan: Temuan ini menunjukkan bahwa peningkatan kualitas layanan farmasi akan berkontribusi pada peningkatan kepuasan pasien. Ini menunjukkan bahwa kualitas layanan farmasi yang kuat dan positif mungkin menjadi salah satu kunci untuk meningkatkan kepuasan pasien.</p> 2025-03-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesehatan