UPAYA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI REFUNGSI JAMBAN KOLAM LELE MENJADI JAMBAN SEHAT DALAM RANGKA MENUJU DESA ODF (OPEN DEFECATION FREE)

Community Empowering Through The Refunction of Jamban Kolam Lele Into Healthy Fungus In Order To Become The ODF Village (Open Defecation Free)

  • Nurul Hidayah Akademi Keperawatan Pemerintah Kabupaten Ngawi
  • Marwan Marwan Akademi Keperawatan Pemerintah Kabupaten Ngawi

Abstract

Salah satu fasilitas sanitasi dasar  yang wajib dimiliki warga adalah jamban keluarga, sebagai tempat membuang kotoran manusia. Akan tetapi masih banyak warga yang belum memiliki jamban dan mempunyai kebiasaan BAB disembarang tempat salah satunya di kolam lele. Perilaku warga ini berisiko menularkan penyakit berbasis lingkungan, seperti: diare, cholera, cacing, thypoid, parathypoid, hepatitis, malnutrisi, pencemaran air dan mengurangi estetika.

Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah melakukan refungsi jamban kolam lele menjadi jamban sehat sederhana dalam rangka menuju desa ODF. Populasi target pada pengabdian masyarakat ini adalah warga Dusun Gebang Sewu yang masih BAB di kolam lele sebanyak 42 KK. Metode yang digunakan adalah pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan, penyuluhan, pemberian teknik stimulan jamban, penentuan kebijakan sosial tentang ODF melalui PERDES, pembentukan kader STBM, dan pelatihan proses pembibitan lele.

Setelah dilakukan kegiatan pengabdian masyarakat berupa penyuluhan STOP BABs pengetahuan masyarakat tentang risiko BABs dan mnfaat jamban sehat meningkat, yang dibuktikan dengan adanya 23 KK yang menghadiri penyuluhan bersedia merefungsi jamban kolam lelenya menjadi jamban sehat sederhana dengan konsep stimulan dan 19  KK lainnya belum bersedia. Sudah ditetapkan PERDES tentang ODF oleh kepala Desa setempat dan terbentuk kader cilik STBM.

ODF merupakan masalah sanitasi lingkungan yang masih perlu mendapatkan perhatian dari semua pihak termasuk dari praktisi akademis dan pelayanan masyarakat, serta indikator keberhasilannya dapat dicapai melalui upaya pemberdayaan masyarakat

Kata Kunci: BAB disembarang tempat, ODF,  Jamban di kolam lele

Published
2018-09-25
How to Cite
Hidayah, N., & Marwan, M. (2018). UPAYA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI REFUNGSI JAMBAN KOLAM LELE MENJADI JAMBAN SEHAT DALAM RANGKA MENUJU DESA ODF (OPEN DEFECATION FREE). Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesehatan, 4(2), 51-55. https://doi.org/10.33023/jpm.v4i2.178