FAKTOR DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN STRATEGI COPING REMAJA MENGHADAPI BULLYING DI SMP MALANG
Parents Support Factors With Adolescent Coping Strategies Facing Bullying In Malang Junior High School
DOI:
https://doi.org/10.33023/jikeb.v7i2.901Keywords:
Dukungan Orangtua, Strategi Coping, BullyingAbstract
Permasalahan yang sering dihadapi remaja dimana terjadinya buliying di mana-mana dan pada semua umur dan jenis kelamin yang menjadi korban umumnya adalah anak yang lemah, pemalu, pendiam dan spesial (cacat, tertutup, pandai, cantik, atau punya ciri tubuh tertentu), yang dapat menjadi bahan ejekan. Tujuan dari penulisan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dukungan orang tua dengan strategi coping remaja menghadapi bullying di SMP Malang.Penelitian ini menggunakan desain penelitian ini adalah deskriptif korelatif yaitu penelitian untuk menelaah hubungan antara dua variabel pada suatu situasi atau sekelompok objek dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilaksanakan di SMP Malang. Teknik sampling mengunakan random sampling 74 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa Distribusi responden pada dukungan cukup sebanyak 27 (36,5%), Distribusi responden pada startegi coping cukup sebanyak 32 (36,5%). Hasil analisa Data kemudian diuji dengan menggunakan uji statistik Spearman rank. Hasil Spearman rank didapatkan p (0,000) < 0,05 maka H1 diterima dan ditolak H0. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa ada hubungan hubungan dukungan orang tua dengan strategi coping remaja menghadapi bullying di malang. Disarankan agar orang tua selalu mensuport anaknya hal ini dapat meningkatkan stategii coping remaja.
Downloads
References
Aini, S. Q. (2016) ‘Fenomena kekerasan di sekolah (school bullying) pada remaja kabupaten pati’, Jurnal Litbang, 12,51-60.
Amini, Y. S. J. (2008) Bullying: Mengatasi kekerasan di sekolah dan lingkungan. Semarang: PT.Grasindo.
Annisya (2020) ‘Hubungan Antara Regulasi Emosi Dan Coping Stress Dengan Perilaku Asertif Penggemar Korean-Pop Dalam Menghadapi Cyberbulying’, Journals Upi-Yai. Available at: https://journals.upi-yai.ac.id/Index.Php/Ikraith- Humaniora/Article/View/566/419.
Arikunto (2014) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta. Astuti (2017) Meredam Bullying. Jakarta: Grasindo.
Budhi, S. (2016) Kill Bullying: Hentikan Kekerasan disekolah. Available at: https://osf.io/kcbwq/.
Friedman (2018) Keperawatan Keluarga. Yogyakarta: Gosyen Publishing. Hidayah, F.N. Jainuri (2019) ‘skala pengukuran’, STKIP YPM. Available at:
https://www.slideshare.net/jenkelana/skala-pengukuran-138019935.
KPAI (2020) ‘Sejumlah kasus bullying sudah warnai catatan masalahb anak di awal 2020, begini kata komisioner KPAI’. Available at: https://www.kpai.go.id/berita/sejumlah-kasus-bullying-sudah-warnai-catatan masalah-anak-di-awal-2020-begini-kata-komisioner-kpai).
Kumala (2020) ‘dampak cyberbullying pada remaja di media sosial’, Jurnal Alauddin Scintific. Available at: http://journal.uin- alauddin.ac.id/index.php/asjn/issue/view/1328.
Masthuroh, I. (2018) Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI. Notoatmodjo (2014) Metodologi Penelitian Kesehatan, PT. Rineka Cipta. Jakarta.
Nursalam (2013) Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.
Nursalam (2016) Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Empat. Edited by P. P. Lestari.
Jakarta Selatan: Salemba Medika.
Nwokolo C dan Efobi A (2014) ‘Relationship Between Parenting Syles And Tendency To Bullying Behavior Among Adolescents’, Education And Human Development.
Putro, K. Z. (2017) ‘Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. Aplikasia’,
Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama, Vol. 17, N.
Rahayu (2017) Kado SetahunKepemimpinanPenanganan Bullying Berbasis Konseling Online. Semarang: RDRM.
Sarwono, S. W. (2011) Teori-teori Psikologi Sosial. Jakarta: CV. Rajawali.
Siyoto, S. (2015) Dasar Metodologi Penelitian. Edited by Ayup. Yogyakarta: Literasi Media. Sugiono (2016) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
utomo (2016) ‘Strategi Copingkorban Bullyingverbal Pada Siswa Kelas Xi Di Sma Negeri 11 Yogyakarta’, E-Journal Bimbingan dan Konseling.
Vina Fadhrotul Mukaromah (2020) ‘Kasus Bullying Siswa SMP di Malang, KPAI: Sekolah Diduga Tak Miliki Sistem Pengaduan’, kompas. Available at: https://www.kompas.com/tren/read/2020/02/04/184500565/kasus-bullying-siswa- smp-di-malang-kpai--sekolah-diduga-tak-miliki-sistem?page=all.
Yusuf (2012) ‘Perilaku bullying: asesmen multidimensi dan intervensi sosial’, Psikologi, 11.
Yuyun (2011) Masalah Kesehatan Mental Remaja Di Era Globalisasi. bandung: tidak diterbitkan.
Zainal (2011) ‘Pengaruh pelatihan resiliensi terhadap perilaku asertif pada remaja’, Jurnal Psikologi, Vol.4No. 2.
Published
How to Cite
Issue
Section
Authors who publish with Jurnal Ilmiah Kebidanan (Scientific Journal of Midwifery) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant Jurnal Ilmiah Kebidanan (Scientific Journal of Midwifery) the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to remix, adapt and build upon the work with an acknowledgment of the work's authorship and of the initial publication in Jurnal Ilmiah Kebidanan (Scientific Journal of Midwifery).
- Authors are permitted to copy and redistribute the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Ilmiah Kebidanan (Scientific Journal of Midwifery).