PENGARUH BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA KEBIDANAN STIKES PEMKAB JOMBANG

The Effect Of Blended Learning On The Learning Outcomes Of Midwifery Students Stikes Pemkab Jombang

Authors

  • Chanda Bherty STIKES PEMKAB JOMBANG
  • Erika Agung Mulyaningsih Stikes Pemkab Jombang
  • Dwi Sri Rahandayani Stikes Pemkab Jombang
  • Rosa Purwanti Stikes Pemkab Jombang

DOI:

https://doi.org/10.33023/jikeb.v7i2.905

Keywords:

Blended Learning, Hasil Belajar

Abstract

Blended Learning merupakan metode pembelajaran yang menggabungkan antara pembelajaran online dan juga pembelajaran offline (face to face). Di masa pandemic pembelajaran untuk mahasiswa kebidanan diharapkan dapat dimodifikasi untuk tetap menghasilkan lulusan yang kompeten. Blended Learning dapat menjadi solusi  pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemic khususnya bagi mahasiswa kebidanan. Penelitian ini menggunakan desain analitik observasional dengan pendekatan kohort prospektif. Populasi pada penelitian ini adalah  mahasiswa kebidanan Stikes Pemkab Jombang Semester II. Teknik sampel menggunakan purposive sampling dengan 13 orang sampel kasus dan 13 orang kontrol. Variabel pada penelitian ini adalah pembelajaran Blended Learning dan Hasil Belajar. Uji statistik yang digunakan adalah uji Independent T. Test . Berdasarkan hasil uji Independent T.Test mendapatkan hasil significant 0.022 < 0.05. dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Blended Learning terhadap Hasil Belajar pada mahasiswa kebidanan Stikes Pemkab Jombang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, A. Sa’adah, N. 2020. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Di Indonesia. Jurnal Psikologi Volume 13 No.2, Desember 2020_____, https://covid19.go.id/. Diakses 25 Juni 2021 jam 13.

Hidayah, N. (2020). Efektifitas Blended Learning Dalam Proses Pembelajaran. Pencerahan, 14(1), 1–15. Retrieved from http://www.jurnalpencerahan.org/index.php/jp/article/view/41

Istiqomah, S. (2013). Penerapan Metode Blended Learning Berbasis Ict Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Pada Mata Kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar (Isbd) Di Prodi D-Iii

Kebidanan Fik Unipdu Jombang. Jurnal EduHealth, 3(2), 245718.Nomor, V., Dosen, B., & Saat, K. (2021). Jurnal Peduli Masyarakat. 3(September), 199–206.

PRAPITASARI, R. (2020). Pembelajaran Daring Partograf Pada Mata Kuliah Asuhan Kebidanan Persalinan Masa Pandemi. Jurnal Ekonomi, Sosial & …, 02(02), 123–128. Retrieved from https://www.jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/424

Suharsimi Arikunto. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara. 2012

Rudiansyah, R, Permana, R. Feladi, V. 2019.Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer (JPTIK) ISSN 2716-1730.

Vol.1. No.1(2019)

Syswianti, D., Suryani, N., & Wahyuni, T. (2020). Evaluasi Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan Aplikasi Zoom di Masa Pendemi Covid-19 Pada Mata Kuliah Pengantar Asuhan

Kebidanan. Jurnal Medika Cendikia, 7(1), 40-50. https://doi.org/10.33482/medika.v7i1.12

Published

2021-09-30

How to Cite

Bherty, C., Agung Mulyaningsih, E., Sri Rahandayani, D., & Purwanti, R. (2021). PENGARUH BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA KEBIDANAN STIKES PEMKAB JOMBANG: The Effect Of Blended Learning On The Learning Outcomes Of Midwifery Students Stikes Pemkab Jombang. Jurnal Ilmiah Kebidanan (Scientific Journal of Midwifery), 7(2), 80-85. https://doi.org/10.33023/jikeb.v7i2.905