PENGARUH BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA KEBIDANAN STIKES PEMKAB JOMBANG
The Effect Of Blended Learning On The Learning Outcomes Of Midwifery Students Stikes Pemkab Jombang
DOI:
https://doi.org/10.33023/jikeb.v7i2.905Keywords:
Blended Learning, Hasil BelajarAbstract
Blended Learning merupakan metode pembelajaran yang menggabungkan antara pembelajaran online dan juga pembelajaran offline (face to face). Di masa pandemic pembelajaran untuk mahasiswa kebidanan diharapkan dapat dimodifikasi untuk tetap menghasilkan lulusan yang kompeten. Blended Learning dapat menjadi solusi pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemic khususnya bagi mahasiswa kebidanan. Penelitian ini menggunakan desain analitik observasional dengan pendekatan kohort prospektif. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa kebidanan Stikes Pemkab Jombang Semester II. Teknik sampel menggunakan purposive sampling dengan 13 orang sampel kasus dan 13 orang kontrol. Variabel pada penelitian ini adalah pembelajaran Blended Learning dan Hasil Belajar. Uji statistik yang digunakan adalah uji Independent T. Test . Berdasarkan hasil uji Independent T.Test mendapatkan hasil significant 0.022 < 0.05. dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Blended Learning terhadap Hasil Belajar pada mahasiswa kebidanan Stikes Pemkab Jombang.
Downloads
References
Amalia, A. Sa’adah, N. 2020. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Di Indonesia. Jurnal Psikologi Volume 13 No.2, Desember 2020_____, https://covid19.go.id/. Diakses 25 Juni 2021 jam 13.
Hidayah, N. (2020). Efektifitas Blended Learning Dalam Proses Pembelajaran. Pencerahan, 14(1), 1–15. Retrieved from http://www.jurnalpencerahan.org/index.php/jp/article/view/41
Istiqomah, S. (2013). Penerapan Metode Blended Learning Berbasis Ict Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Pada Mata Kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar (Isbd) Di Prodi D-Iii
Kebidanan Fik Unipdu Jombang. Jurnal EduHealth, 3(2), 245718.Nomor, V., Dosen, B., & Saat, K. (2021). Jurnal Peduli Masyarakat. 3(September), 199–206.
PRAPITASARI, R. (2020). Pembelajaran Daring Partograf Pada Mata Kuliah Asuhan Kebidanan Persalinan Masa Pandemi. Jurnal Ekonomi, Sosial & …, 02(02), 123–128. Retrieved from https://www.jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/424
Suharsimi Arikunto. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara. 2012
Rudiansyah, R, Permana, R. Feladi, V. 2019.Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer (JPTIK) ISSN 2716-1730.
Vol.1. No.1(2019)
Syswianti, D., Suryani, N., & Wahyuni, T. (2020). Evaluasi Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan Aplikasi Zoom di Masa Pendemi Covid-19 Pada Mata Kuliah Pengantar Asuhan
Kebidanan. Jurnal Medika Cendikia, 7(1), 40-50. https://doi.org/10.33482/medika.v7i1.12
Published
How to Cite
Issue
Section
Authors who publish with Jurnal Ilmiah Kebidanan (Scientific Journal of Midwifery) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant Jurnal Ilmiah Kebidanan (Scientific Journal of Midwifery) the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to remix, adapt and build upon the work with an acknowledgment of the work's authorship and of the initial publication in Jurnal Ilmiah Kebidanan (Scientific Journal of Midwifery).
- Authors are permitted to copy and redistribute the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Ilmiah Kebidanan (Scientific Journal of Midwifery).





This journal (p-ISSN : 2477-4375; e-ISSN : 2477-4383) is licensed under a