The The Implementation Of Galasema Application (Movement Of Healthy And Independent Elderly) To Elderly Independence

Implementasi Aplikasi Galasema (Gerakan Lansia Sehat Dan Mandiri Terhadap Kemandirian Lansia) Terhadap Kemandirian Lansia

Authors

  • I'in Noviana STIKES PEMKAB JOMBANG
  • Pepin Nahariani Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Pemkab Jombang
  • Shanti Rosmaharani Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Pemkab Jombang

DOI:

https://doi.org/10.33023/jpm.v8i1.1079

Keywords:

Lansia, GALASEMA, dan Posyandu

Abstract

Lansia merupakan kelompok usia yang telah memasuki tahapan akhir fase kehidupan. Kelompok yang dikategorikan lansia akan mengalami proses yang disebut Aging Process. Salah satu strategi penatalaksanaan yang dapat meningkatkan kualitas hidup lansia adalah aplikasi GALASEMA (Gerakan Lansia Sehat dan Mandiri). Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan terdiri dari Analisis dan Perancangan, Pendampingan dan Pelatihan, Implementasi dan Pengawasan. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Bandung, Kecamatan Diwek, Jombang pada tanggal 7 Maret 2022 yang diikuti oleh seluruh komponen dalam kegiatan posyandu lansia. Analisa dan perancangan sistem yang terdiri dari perancangan aplikasi GALASEMA. Dalam perancangan aplikasi ini adapun tahapannya meliputi analisis dari siklus pengembangan aplikasi mobile, pendefinisian dari setiap kebutuhan-kebutuhan aplikasi mobile, persiapan untuk merancang aplikasi, menggambarkan bagaimana suatu aplikasi dapat dibentuk berupa perencanaan, penggambaran, pembuatan pengaturan dari beberapa elemen yang terpisah kedalam satu kesatuan yang utuh dan berfungsi. Memberikan pelatihan dalam menggunakan aplikasi GALASEMA ke tenaga kesehatan, kader, lansia dan keluarga sebagai salah satu strategi dalam memonitor status kesehatan lansia secara holistik (bio-psiko-sosio-spiritual) selama masa pandemi covid-19. Pengimplementasian aplikasi GALASEMA untuk lansia ini sangat penting dilakukan agar lansia beserta pihak keluarga dapat mengantisipasi dan meningkatkan kualitas hidup lansia dengan lebih sehat dan mandiri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hanum, P. and Lubis, R. (2017) ‘Hubungan Karakteristik Dan Dukungan Keluarga Lansia Dengan Kejadian Stroke Pada Lansia Hipertensi Di Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik Medan Support from the Elderly Families, Stroke in the Elderly with Hypertension’, Jumantik, 3(1), pp. 72–88.

Kiik, S. M., Sahar, J. and Permatasari, H. (2018) ‘Peningkatan Kualitas Hidup Lanjut Usia (Lansia) Di Kota Depok Dengan Latihan Keseimbangan’, Jurnal Keperawatan Indonesia, 21(2), pp. 109–116. doi: 10.7454/jki.v21i2.584.

Putri, R. N. et al. (2016) ‘Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Sosialisasi Pelaksanaan Posyandu Pada Masa Pandemi Covid 19 Dan Penerapan Aplikasi Mobile Posyandu Q’, Laboratorium Penelitian dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, 1(April), pp. 5–24.

Riset Kesehatan Dasar, L. N. R. K. (2018) ‘Laporan_Nasional_RKD2018_FINAL.pdf’, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, p. 198.

Sudiyanto, H. and Andrio (2020) ‘Optimalisasi Posyandu Lansia Sebagai Upaya Peningkatan Partisipasi dan Kualitas Hidup Lansia’, Jurnal Medica Majapahit, 12(2), pp. 59–77.

Published

2022-03-24

How to Cite

Noviana, I., Pepin Nahariani, & Shanti Rosmaharani. (2022). The The Implementation Of Galasema Application (Movement Of Healthy And Independent Elderly) To Elderly Independence: Implementasi Aplikasi Galasema (Gerakan Lansia Sehat Dan Mandiri Terhadap Kemandirian Lansia) Terhadap Kemandirian Lansia. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesehatan, 8(1), 58-63. https://doi.org/10.33023/jpm.v8i1.1079