Implementation Of Campus Teaching In Improving Writing Skills In Smp Mujib Ihsan Talun

Implementasi Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Smp Mujib Ihsan Talun

Authors

  • dewi fitroh Winarni Stikes pemkab jombang

DOI:

https://doi.org/10.33023/jpm.v9i2.1578

Keywords:

Kampus Mengajar, Literasi, dan Numerasi

Abstract

Adanya pandemi covid-19 berdampak pada bidang pendidikan yang menyebabkan kurang efektifnya kegiatan belajar mengajar. Kegiatan pembelajaran yang kurang efektif dapat dilihat dari menurunnya kemampuan literasi dan numerasi dari para siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut pemerintah mengadakan progam kampus mengajar untuk meningkatkan literasi dan numerasi siswa di sekolah-sekolah sasaran salah satunya di SMP Mujib Ihsan Talun. Selain meningkatkan literasi dan numerasi siswa, progam ini juga bertujuan untuk membantu sekolah dalam adaptasi teknologi dan administrasi sekolah.  Metode yang digunakan pada pengabdian ini yaitu melalui kegiatan Gerakan Literasi Sekolah (GLS), Pojok Baca dan Funny Math. Hasil pengabdian yang diperoleh berupa kenaikan skor rata-rata literasi dan numerasi siswa kelas VIII maupun kelas IX. Skor rata-rata literasi yang diperoleh siswa kelas VIII dan IX meningkat dari 44,44 menjadi 88.89. Sedangkan skor rata-rata numerasi yang diperoleh siswa kelas IX meningkat dari 44,44 menjadi 77,78 dan untuk kelas VIII meningkat dari 44,44 menjadi 66,67. Kemudian salah satu siswa yang kurang lancar membaca dan menulis sudah semakin lancar membaca dan menulis, serta minat baca siswa juga meningkat

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, N. N. S., Oka, D. N., & Wati, N. M. S. (2021). Dampak Positif dan Negatif Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 43. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32803

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941

Dwi Etika, E., Cindy Pratiwi, S., Megah Purnama Lenti, D., & Rahma Al Maida, D. (2021). Peran Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 2 Dalam Adaptasi Teknologi Di Sdn Dawuhan Sengon 2. Journal of Educational Integration and Development, 1(4), 2021.

Dyah Worowiras tri Ekowati, Yuni Puji Astuti, Ima Wahyu Putri Utami, InnanyMukhlis hina, & Beti Is tanti Suwandayani. (2019). (Elementary School Education Journal) Literasi Numerasi di SD Muhamadiyah. ELSE (Elementary School Educatio Journal), 3(4), 93–103.

Fahmy, Z., Purwo Yudi Utomo, A., Edy Nugroho, Y., Tetty Maharani, A., Akhla Alfatimi, N., Izmi Liyana, N., Galih Kesuma, R., & Titi Wuryani, dan. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sastra Indonesia, 10(2), 121–126. https://doi.org/10.15294/jsi.v10i2.48469

Faradina, N. (2017). Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Di Sd Islam Terpadu Muhammadiyah an-Najah Jatinom Klaten. Jurnal Hanata Widya, 6(8), 60–69. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/fipmp/article/view/9280

Ikhsan, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Mata Kuliah Interaksi Belajar Mengajar Masa Pandemi Covid-19. Ilmiah, 7(1), 128–135.

Iqbal, M., & Karim, A. (2018). Media Kartu Bermuatan Berbasis Model Pembelajaran Numbered Heads Together Pada Siswa Kelas V Min 49 Bireuen. VI(2), 69–74.

Kurniawan, A. R., Destrinelli, D., Hayati, S., Rahmad, R., Riskayanti, J., Wasena, I. S., & Triyadi, Y. (2020). Peranan Pojok Baca dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 48. https://doi.org/10.24036/jippsd.v3i2.107562

Lisnawati, I. I., Julia, J., & Iswara, P. D. (2022). Implementasi Mahasiswa Kampus Mengajar 2 Dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi Di Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(5), 1555. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i5.9016

Mamluah, S. K., & Maulidi, A. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Masa Pandemi COVID-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 869–877. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.800

Mufidah, E. (2021). PENCEGAHAN VIRUS COVID-19 MELALUI PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENDAHULUAN Keadaan Indonesia saat ini sedang mengalami kondisi tidak baik disebabkan oleh virus berasal dari Wuhan , China yang dinamakan dengan Covid- 19 . ( WHO , 2020 ) menyatakan bahwa viru. 01(02), 196–207.

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemafaatan Teknologi Informasi Dalam Pemeblajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), 4(2), 30–36.

Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9. https://doi.org/10.32585/absis.v3i1.1385

Rachman, B. A. R., Firyalita Sarah Fidaus, Nurul Lailatul Mufidah, Halimatus Sadiyah, & Ifit Novita Sari. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 2. Dinamisia?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1535–1541. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.8589

Resky Amalia. (2022). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Perubahan Sosial dalam Pendidikan. Ad-Dariyah: Jurnal Dialektika, Sosial Dan Budaya, 3(1), 80–90. https://doi.org/10.55623/ad.v3i1.111

Rosyidah, A. N. K., Husniati, Widodo, arif, & Khair, B. N. (2022). Persepsi Guru Terhadap Implementasi Pembelajaran Literasi Numerasi Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sdn Darek Lombok Tengah. Journal of Elementary Education, 5(1), 53–58. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/9979

Santika, D., Sutisnawati, A., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Minat Belajar Siswa Pada Proses Pembelajaran Daring Di Kelas Va SDN Lembursitu. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 3(2), 224. https://doi.org/10.31100/dikdas.v3i2.669

Santoso, H. D., Sari, D. P., Fadilla, A. D., Utami, F. F., Rahayu, F. P., Sari, D. C., & Sya’bani, N. P. (2022). Asistensi Mengajar, Adaptasi Teknologi, Dan Administrasi Dalam Program Kampus Mengajar. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 4(2), 100. https://doi.org/10.32493/j.pdl.v4i2.18220

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 73–80. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265

Published

2023-09-28

How to Cite

Winarni, dewi fitroh. (2023). Implementation Of Campus Teaching In Improving Writing Skills In Smp Mujib Ihsan Talun: Implementasi Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Smp Mujib Ihsan Talun. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesehatan, 9(2), 66-75. https://doi.org/10.33023/jpm.v9i2.1578