PROGRAM KESEHATAN IBU HAMIL DENGAN METODE SPP (SENAM, PEYULUHAN DAN PEMERIKSAAN)

Pregnant Women's Health Program With SPP Method (Monday, Reflection And Examination)

Authors

  • suparni suparni STIKES Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Nina Zuhana STIKES Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Wahyu Ersila

DOI:

https://doi.org/10.33023/jpm.v5i1.201

Abstract

Pendahuluan : Program kelas ibu hamil adalah salah satu bentuk pendidikan prenatal yang dapat meningkatkan pengetahuan ibu hamil, terjadi perubahan perilaku positif sehingga ibu memeriksakan kehamilan dan melahirkan ke tenaga kesehatan dengan demikian akan meningkatkan persalinan ke tenaga kesehatan dan menurunkan angka kematian ibu dan Anak. Berdasarkan hasil wawancara bidan desa kutosari, kelas hamil di desa tersebut sudah berjalan, namun kurang nya fasilitator menyebabkan kelas hamil kurang maksimal dan monoton terhadap informasi yang diberikan pada ibu hamil

Metodologi : Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini antara lain pendidikan kesehatan/ penyuluhan, diskusi dan tanya jawab, pemeriksaan, pemutaran video dan demonstrasi senam bersama.

Hasil : Setelah diberikan materi secara intensif, jumlah ibu hamil yang mempunyai pengetahuan baik mengalami peningkatan dari 4 (26,7%) meningkat menjadi 12 (80%). Hasil uji marginal homogeniety, diketahui p value=0,013 (p value < 0,05). Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pengetahuan ibu hamil sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan tentang perawatan kehamilan, persiapan persalinan, gizi ibu hamil, anemia dan  tanda bahaya kehamilan.

Diskusi/pembahasan: kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini terbukti bahwa pelaksanaan kelas ibu hamil ini merupakan sarana untuk belajar bersama tentang kesehatan ibu hamil, dalam bentuk tatap muka dalam kelompok yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan ibu mengenai perawatan kehamilan, persiapan persalinan, gizi ibu hamil, anemia dan  tanda bahaya kehamilan. Penggunaan media alat bantu penyuluhan dan metode penyuluhan yang variatif mampu meningkatkan pemahaman ibu hamil terhadap informasi dan materi yang diberikan serta memberikan motivasi pada ibu hamil untuk selalu mengikuti kelas ibu hamil.

Kata Kunci : Program Kesehatan Ibu Hamil, metode SPP (Senam. Penyuluhan dan pemeriksaan)

 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-03-10

How to Cite

suparni, suparni, Zuhana, N., & Ersila, W. (2019). PROGRAM KESEHATAN IBU HAMIL DENGAN METODE SPP (SENAM, PEYULUHAN DAN PEMERIKSAAN): Pregnant Women’s Health Program With SPP Method (Monday, Reflection And Examination). Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesehatan, 5(1), 8-12. https://doi.org/10.33023/jpm.v5i1.201