Knowledge Of Attitudes And Behavior Regarding Bullying Among Adolescents At Jogoroto Senior High School
Pengetahuan Sikap Dan Perilaku Tentang Bullying Pada Remaja Di Sma Negeri Jogoroto
DOI:
https://doi.org/10.33023/jpm.v10i2.2384Keywords:
pengetahuan, sikap, perilaku, bullyingAbstract
Bullying didefinisikan sebagai perilaku mengintai seseorang melalui sikap, tindakan, atau perkataan. Kasus bullying banyak ditemukan terjadi dikalangan anak sekolah yang seringkali tidak disadari karena kurangnya pengetahuan baik tentang apa itu bullying, bentuk dan dampak bullying. Tingginya pengetahuan siswa tentang bullying berdampak pada perilaku dan sikap positif siswa yang akan menghindari aktivitas bullying. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran pengetahuan, sikap, dan perilaku tentang bullying pada remaja di SMA Negeri Jogoroto. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan rancangan deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan tehnik simple random sampling dengan jumlah 114 responden. Hasil analisis menunjukkan bahwa gambaran pengetahuan tentang bullying pada remaja di SMA Negeri Jogoroto paling banyak berada pada kategori baik yaitu 86 responden (75,4%), sikap tentang bullying pada remaja kategori sangat baik yaitu 85esponden (74,6%), serta perilaku tentang bullying pada remaja kategori sehat yaitu 91 responden (79,8 %), sehingga diharapkan dari hasil penelitian ini sekolah lebih mengembangkan program antibullying dan melibatkan semua pihak sekolah dalam penanganan perilaku bullying serta sekolah mampu memberikan edukasi berupa media poster yang sekali setiap bulan kepada siswa tentang dampak negative bullying dan bagaimana cara melaporkan jika mereka menjadi korban atau saksi bullying.
Downloads
References
Abdillah, A. A., & Ambarini, T. R. I. K. (2018). Gambaran pengalaman bully pada remaja dengan status mental. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental, 7, 38–46. http://url.unair.ac.id/3cb97dc0
Aini, K., & Apriana, R. (2019). Dampak cyberbullying terhadap depresi pada mahasiswa prodi ners. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 6(2), 91–97. https://doi.org/10.26714/jkj.6.2.2018.91-97
Azizah, N. S., & Hartutik, S. (2023). Gambaran tingkat pengetahuan remaja tentang bullying di SMPN 1 Sidoharjo. Jurnal Ilmu Kesehatan Mandira Cendikia, 2(11), 120–129.
Bulu, Y., Maemunah, N., & Sulasmini. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku bullying pada remaja awal. Nursing News, 4(1).
Cahyani, I. M. (2019). Hubungan antara konformitas teman sebaya dengan perilaku perundungan pada siswa SMA. Skripsi, Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Friastuti, R. (2021). Catatan akhir tahun KPAI: Masih banyak kasus bullying berujung korban meninggal. kumparanNEWS.
Hartik, A. (2020). Kasus bully siswa SMP di Kota Malang, kepala sekolah dipecat, 2 siswa ditetapkan tersangka. Kompas.com.
Isabela, M., & Anggraini, S. (2023). Gambaran perilaku bullying verbal pada remaja. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2962–2967.
Jumiati, I. (2018). Pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan dan sikap bullying pada siswa di SD Negeri 01 Ngesrep Kecamatan Banyumanik Kota Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Semarang).
Kartika, Y., & Yessika. (2019). Improving math creative thinking ability by using Math Adventure educational game as an interactive media. Journal of Physics: Conference Series, 1179(1). IOP Publishing.
Kasoema, R. S. (2020). Hubungan keakraban orangtua dan bullying dengan depresi pada remaja kota Bukittinggi. Human Care Journal, 5(3), 798–803.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2019). Pentingnya peran keluarga, institusi, dan masyarakat kendalikan gangguan kesehatan jiwa. Kemenkes.go.id.
Kesuma, S. I., Neherta, M., & Fajria, L. (2022). Gambaran pengetahuan anak terhadap bullying di SD Negeri 23 Pasir Sebelah Kota Padang. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(2), 897–899.
Kholilah, M. (2012). Hubungan tingkat pengetahuan remaja tentang bullying dengan perilaku bullying pada siswa kelas XI di SMA Semen Gresik. Skripsi, Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Gresik.
KPAI. (2020). Sejumlah kasus bullying sudah warnai catatan masalah anak di awal 2020.
Komisi Perlindungan Anak Indonesia.
Livana, P. H., Susanti, Y., & Silviani, M. A. (2020). Peningkatan pengetahuan dan sikap pada remaja melalui pendidikan kesehatan tentang dampak bullying. Jurnal Ners Widya Husada, 5(3), 113–122.
Ningrum, R. E. C., Matulessy, A., & Rini, R. A. P. (2019). Hubungan antara konformitas teman sebaya dan regulasi emosi dengan kecenderungan perilaku bullying pada remaja. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 15(1), 124.
Notoatmodjo, S. (2019). Health promotion and health behavior (pp. 45–62). Jakarta: Bhineka Cipta.
Nursalam. (2020). Metodologi penelitian ilmu keperawatan (4th ed.). Jakarta: Salemba Medika.
Oktari, S., Afifah, S. P., Sakinah, N., Maeshade, S., & Berliana, J. (2023). Webinar anti bullying untuk meningkatkan kesadaran mengenai bahaya dan cara untuk menghadapi bullying. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 4(1), 807–814.
Paramita, I. M. (2016). Mendesain kota layak anak Indonesia. UNICEF.
Pertiwi, F. D., & Nurdiana, S. N. (2019). Hubungan sikap dengan pengalaman bullying pada siswa SMKN 2 Kota Bogor. HEARTY: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(1).
Pratiwi, I., Herlina, H., & Utami, G. T. (2021). Gambaran perilaku bullying verbal pada siswa sekolah dasar: Literature review. JKep, 6(1), 51–68.
Putri, Y., & Aulia, P. (2018). Hubungan konformitas teman sebaya dengan perilaku bullying pada remaja awal Kota Padang. Jurnal Riset Psikolog, 2018(4), 1–12.
Rahayu, R., & Yuina. (2020). PKM sosialisasi bentuk perilaku bullying. Sinar Sang Surya: Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 239–245.
Setiarini, N., Apriliyani, I., & Rahmawati, A. N. (2023, November). Gambaran pengetahuan remaja tentang bullying pada siswa SMP Negeri 4 Purbalingga. In Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (pp. 384–392).
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. UNESCO. (2017). School violence and bullying: Global status report. Paris: United Nations
Educational, Scientific and Cultural Organization.
Wahyuni, S. A. E. P., Pratiwi, N. P. A. T., & Sulistiowati, N. M. D. (2023). Gambaran tingkat pengetahuan bullying pada remaja di Desa Gunaksa Klungkung. Jurnal Peduli Masyarakat, 5(3), 819–826.
Wawan, S. (2016). Anut grubyuk in the voting process: The neglected explanation of Javanese voters (Preliminary findings). Southeast Asian Studies, 5(2), 239–268.
Wiyani, N. A. (2017). Save our children from school bullying (2nd ed.; R. T. Sari, Ed.).
Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
World Health Organization. (2020). Mental health status of adolescents in South-East Asia: Evidence for action.
Yunitasari, P., Isnugroho, H., & Sulistyowati, E. T. (2021). Dampak bullying di sekolah terhadap kesehatan mental remaja. Jurnal Keperawatan, 13(2), 377–384.

This work is licensed under a