Pengembangan Teaching Factory (TEFA) Baby Spa Pendampingan Smk Pusat Keunggulan Citra Nusantara Klaten

Authors

  • Ana Farida Ulfa Prodi D III Keperawatan FIK Unipdu Jombang
  • Zuliani Pesantren Tinggi Darul Ulum University
  • Andi Yudianto Pesantren Tinggi Darul Ulum University

DOI:

https://doi.org/10.33023/jpm.v11i1.2567

Keywords:

Program Keunggulan, Teaching Factory Pendampingan Sekolah Menengah Kejuruan

Abstract

Sekolah menengah kejuruan merupakan pendidikan vokasi level sekolah menengah atas dengan target lulusan adalah siap bekerja. Pada kurikulum merdeka sekolah menengah kejuruan memiliki program sekolah menengah kejuruan pusat keunggulan memiliki tujuan meningkatkan kualitas keahlian lulusan dengan penguatan mitra kerja dan penyelarasan dengan dunia industri. Dalam pelaksanaan program sekolah menengah kejuruan pusat keunggulan, sekolah mendapatkan pendampingan dari perguruan tinggi. Dalam pelaksanaanya perguruan tinggi pendamping akan ditunjuk langsung oleh Direktorat Jendral Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Progran studi diploma tiga Unipdu Jombang, merupakan salah satu perguruan tinggi yang mendapatkan tugas melakukan pendampingan program pusat keunggulan di sekolah menengah kejuruan. Salah satu sekolah menengah kejuruan yang mendapat pendampungan dari UNIPDU adalah sekolah menengah kejuruan Citra Nusantara Klaten, Jawa Tengah. Pendampingan dilakukan selama tiga bulan untuk pelaksanaan program pusat keunggulan, dengan fokus pendampingan; meningkatkan mitra pengembangan kurikulum, pengembanagn teaching factory di sekolah menengah kejuruan dan optimalisasi penggunaan sarana prasarana di sekolah. Metode yang digunakan selama pedampingan adalah focus group discussion, workshop dan pendampingan langsung. Hasil pendampingan secara umum dapat disampaikan bahwa sekolah menengah kejuruan Citra Nusantara Klaten sudah melakukan MoU dengan mitra baru yaitu Indonesian Holistic Care Association (IHCA) dengan kompetensi keahlian baby spa. Sekolah sudah berhasil melaksanakan penyelarasan kurikulum dengan mitra atau dunia industri bersama IHCA. Pada program pemanfaatan sarana prasarana sekolah berhasil menyediakan ruangan laboratorium untuk kompetensi keahlian baby spa, serta kelengkapan standar operasional prosedur untuk penggunaan dan perawatan sarana prasarana. Mitra industri  Indonesian Holistic Care Association bersedia menjadi mitra dalam program pemadaan pengembanagn teaching factory pada tahun 2025

Downloads

Download data is not yet available.

References

Doaa Altarifi, Tahani Harb and Murad Abu alhasan. Patient satisfaction with pharmaceutical services at primary healthcare centers under the Palestinian Ministry of Health. BMC Health Services Research (2024) 24:514

Hamzeh Al Zabadi, Renad Shraim, Raya Sawalha and Abdulsalam Alkaiyat. Outpatients Satisfaction And Perceptions Toward Pharmaceutical Services In Public And Private Hospitals In Palestine: A Cross-Sectional Study. Journal of Pharmaceutical Policy and Practice (2023) 16:108 https://doi.org/10.1186/s40545-023-00608-2

Orlando Mario SoeiroI , Noêmia Urruth Leão TavaresII, José Miguel do Nascimento JúniorIII, Augusto Afonso Guerra Junior, Ediná Alves Costa, Francisco de Assis Acurcio, Ione Aquemi Guibu, Juliana Álvares, Margô Gomes de Oliveira Karnikowski, Silvana Nair Leite, Karen Sarmento Costa. Patient Satisfaction With Pharmaceutical Services In Brazilian Primary Health Care. Supplement PNAUM-Services Original Article. Rev Saude Publica. 2017;51 Suppl 2:21s. Patient satisfaction with pharmaceutical services.

Nishern Govender, Fatima Suleman. Comparison Of Patient Satisfaction With Pharmaceutical Services Of Postal Pharmacy And Community Pharmacy. Health SA Gesondheid ISSN: (Online) 2071-9736, (Print) 1025-9848.

Mulugeta Molla, Woretaw Sisay, Yared Andargie, Belayneh Kefale, Pradeep Singh. Patients’ Satisfaction With Outpatient Pharmacy Services And Associated Factors In Debre Tabor Comprehensive Specialized Hospital, Northwest Ethiopia: A Crosssectional Study. Patients’ satisfaction and associated factors in Debre Tabor comprehensive specialized hospital. January 5, 2022. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0262300.

Batbaatar E, Dorjdagva J, Luvsannyam A, Savino MM, Amenta P. Determinants Of Patient Satisfaction: A Systematic Review. Perspect Public Health. 2016 Mar 22. https://doi.org/10.1177/1757913916634136

Cabana MD, Jee SH. Does continuity of care improve patient outcomes? J Fam Pract. 2004];53(12):974- 80.

Saultz JW, Albedaiwi W. Interpersonal Continuity Of Care And Patient Satisfaction: A Critical Review. Ann Fam Med. 2004;2(5):445-51. https://doi.org/10.1370/afm.91

Ayele Y, et al. Assessment Of Patient Satisfaction With Pharmacy Service And Associated Factors In Public Hospitals, Eastern Ethiopia. SAGE Open Med. 2020. https://doi.org/10.1177/2050312120922659 .

Fahmi Khudair I, Asif Raza S. Measuring Patients’ Satisfaction With Pharma- Ceutical Services At A Public Hospital In Qatar. Int J Health Care Qual Assur - ance. 2013;26(5):398–419. https://doi.org/10.1108/ijhcqa-03-2011-0025.

Soeiro OM, et al. Patient Satisfaction With Pharmaceutical Services In Brazilian Primary Health Care. Revista de Saúde Pública. 2017. https://doi. org/10.11606/s1518-8787.2017051007145.

Tanti Tri Lestary. 2021. Pelatihan Pijat Bayi Pada Kader Dan Ibu Balita Sebagai Upaya Meningkatkan Imunitas Balita. https://journal.stikespemkabjombang.ac.id/index.php/jpm/article/view/942

Published

2025-03-30

How to Cite

Farida Ulfa, A., Zuliani, & Andi Yudianto. (2025). Pengembangan Teaching Factory (TEFA) Baby Spa Pendampingan Smk Pusat Keunggulan Citra Nusantara Klaten. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesehatan, 11(1), 1-10. https://doi.org/10.33023/jpm.v11i1.2567