PENYULUHAN DAN SENAM HIPERTENSI PADA PENDERITA HIPERTENSI DI DESA GAMBIRAN KECAMATAN MOJOAGUNG KABUPATEN JOMBANG

Authors

  • Endang Ratnaningsih STIKES PEMKAB JOMBANG

Abstract

Darah tinggi atau (hypertension) merupakan suatu keadaan tekanan darah seseorang berada pada tingkatan di atas normal. Konsekuensi dari keadaan ini adalah timbulnya penyakit yang mengganggu tubuh penderita. Tekanan darah tinggi menjadi masalah kesehatan yang dominan dan perlu penanggulangan yang baik. Tekanan darah sering kali menunjukkan peningkatan tekanan yang lebih tajam dibandingkan dengan orang normal seiring dengan bertambahnya usia).

Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui tentang penyakit yang di derita dan memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang cara menurunkan tekanan darah dengan melakukan senam hipertensi.

Hasil dari Kegiatan ini adalah melakukan penyuluhan tentang hipertensi dan mendemonstrasikan senam hiperensi yang diikuti oleh seluruh peserta pengabdian masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bruner dan Suddarth. 2001. Buku Ajar Keperawatan Medikal-Bedah Edisi 8 vol.2. Jakarta: EGC.
Copstead C., Lee-Ellen dan Jacquelyn L. Banasik. 2005. Pathophysiology Vol. 1. Elsevier :St. Louis Missouri 63146.
Diklat PJT–RSCM. 2008. Buku Ajar Keperawatan Kardiologi Dasar Edisi 4. Jakarta: RSCM.
Doenges, Marilynn E., dkk. 1999. Rencana Asuhan Keperawatan Pedoman Untuk Perencanaan Dan Pendokumentasian Perawatan Pasien. Jakarta: EGC.
Muttaqin, Arif. 2009. Asuhan Keperawatan Dengan Pasien Gangguan Kardiovaskuler. Jakarta: Salemba Medika.
Sofyan, Andy. 2012. Hipertensi. Kudus.
Corwin, J Elizabeth. 2000. Patofisiologi. Jakarta: EGC

Published

2015-03-10

How to Cite

Ratnaningsih, E. (2015). PENYULUHAN DAN SENAM HIPERTENSI PADA PENDERITA HIPERTENSI DI DESA GAMBIRAN KECAMATAN MOJOAGUNG KABUPATEN JOMBANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesehatan, 1(1), 1-2. Retrieved from https://journal.stikespemkabjombang.ac.id/index.php/jpm/article/view/275