Penguatan Keterampilan P3k Dan Bantuan Hidup Dasar Pada Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.33023/jpm.v11i2.2771Keywords:
Penguatan, Keterampilan, P3KAbstract
Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam kehidupan sehari-hari merupakan salah satu tindakan yang dapat menyelamatkan diri kita sendiri dan orang-orang di sekitar kita. K3 juga harus diterapkan, terutama bagi anak-anak sekolah dasar. Hal ini dikarenakan banyaknya potensi bahaya di sekolah dasar, seperti jatuh dan terpeleset. Fakta menunjukkan bahwa lingkungan sekolah merupakan tempat anak-anak menghabiskan waktu dan berpotensi menyebabkan cedera ringan. Penting bagi anak-anak sekolah dasar untuk mengetahui cara menangani luka dengan pertolongan pertama dan penting bagi siswa untuk mengetahui pengetahuan bantuan hidup dasar. Penggunaan UKS juga harusnya diperlukan dalam kegiatan ini. Namun, UKS yang berada di Sekolah Dasar Kemiri 1 ini sudah tidak berfungsi daan dialih fungsikan menjadi ruang penyimpanan dan peletakkan alat-alat olahraga lainnya. Tahapan pelaksanaan ini dibagi menjadi 3 yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Metode pelaksanaan sosialisasi ini dilakukan dengan penyampaian materi menggunakan power point, penampilan edukasi video, dan praktek langsung mengenai P3K dan BHD. Pengukuran keberhasilan kegiatan sosialisasi ini menggunakan Pre Test dan Post Test dan lalu diukur menggunakan uji sample paire T test. Setelah dilakukannya sosialisasi ini banyak siswa yang menjadi paham dan bisa mempraktekkan langsung bagaimana penggunaan P3K dan BHD.
Downloads
References
Andrey Christina Gosal & I Ketut Wibawa Nada. (n.d). Bantuan Hidup Dasar
Andriani, R. et al. (2024) ‘Peningkatan Pengetahuan Siswa Sekolah Menengah Pertama Tentang Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K)’, Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar, 6(1), p. 41. Available at: https://doi.org/10.35308/baktiku.v6i1.7596.
Awam, O. and Sekolah, D.I. (2025) ‘5 1,4,5’, 8, pp. 3466–3479.
Djaali, N.A. et al. (2020) ‘Penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Melalui Sosialisasi Potensi Bahaya di Sekolah’, Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin, 2(1), pp. 34–43. Available at: https://doi.org/10.37012/jpkmht.v2i1.290.
Fauzan, S.S.F., Kahtan, I. and Herman, H. (2021) ‘Pengaruh Pemberian Pendidikan Kesehatan Bantuan Hidup Dasar (Bhd) Awam Melalui Video Terhadap Tingkat Pengetahuan Anak Sekolah Menengah Atas (Sma) Di Kota Pontianak’, Jurnal Keperawatan dan Kesehatan, 12(2), pp. 66–74. Available at: https://doi.org/10.54630/jk2.v12i2.158.
Huda, N., Zuhroidah, I., Toha, M., & Sujarwadi, M. (2021). Pelatihan Pertolongan Pertama Kecelakaan (P3K) Pada Guru Pembina dan Anggota PMR. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 4(2), 323-328. https://www.ejurnalmalahayati.ac.id/index.php/kreativitas/article/view/3746
Manalu, R.B.B. et al. (2025) ‘Edukasi Pentingnya Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan ( P3K ) Pada Siswa SD Negeri 064025’, 3, pp. 182–186.
Seni, W. et al. (2024) ‘Edukasi dan Pelatihan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) Siswi SMA Swasta Babul Maghfirah Kabupaten Aceh Besar’, Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(4), pp. 1120–1129. Available at: https://doi.org/10.59837/jpmba.v2i4.958.
UAD, L. (2024). Pelatihan P3K dan Bantuan Hidup Dasar.
Wahyuni, S.D., Rumpiati and LestaRiningsih, R.E.M. (2017) ‘Hubungan Pola Makan Dengan Kejadian Gastritis Pada Remaja’, Global Health Science, 2(2), pp. 149–154.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2025 lintang andhaning, Friska Ayu, Moch Sahri, Muhammad Ilmi Ashshiddiqi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.