PEMBERIAN JUS MENTIMUN DAN SELEDRI DALAM PADA PENDERITA HIPERTENSI DI DESA GAMBIRAN JOMBANG

Authors

  • Mumpuni Dwiningtyas - STIKES PEMKAB JOMBANG

Abstract

Darah tinggi atau (hypertension) merupakan suatu keadaan tekanan darah seseorang berada pada tingkatan di atas normal. Konsekuensi dari keadaan ini adalah timbulnya penyakit yang mengganggu tubuh penderita. Tekanan darah tinggi menjadi masalah kesehatan yang dominan dan perlu penanggulangan yang baik. Tekanan darah sering kali menunjukkan peningkatan tekanan yang lebih tajam dibandingkan dengan orang normal seiring dengan bertambahnya usia).

Tujuan dari penelitian ini adalah memacu semangat baik keluarga maupun penderita untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam pengendalian pola makan bagi penderita hipertensi.  

Hasil dari penelitian ini adalah keluarga maupun penderita mampu meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam mengendalikan pola makan bagi [enderita hipertensi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budisetio, M. (2007). Pencegahan dan pengobatan hipertensi pada Penderita usia dewasa, 101–107
Mannan, H. (2012). Faktor Risiko Kejadian Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Bangkala Kabupaten Jeneponto Tahun 2012, 1–13.
RA. Tuty Kuswardhani. (n.d.). Penatalaksanaan Hipertensi Pada Lanjut Usia. Jurnal Penyakit Dalam FK Unud, 7(2), 135–140.
Rumah, M., Pku, S., & Surakarta, M. (2012). Asuhan keperawatan pada tn. h dengan hipertensi di bangsal multazam rumah sakit pku muhammadiyah surakarta naskah publikasi ilmiah.

Published

2018-09-02

How to Cite

-, M. D. (2018). PEMBERIAN JUS MENTIMUN DAN SELEDRI DALAM PADA PENDERITA HIPERTENSI DI DESA GAMBIRAN JOMBANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesehatan, 1(2), 17-18. Retrieved from https://journal.stikespemkabjombang.ac.id/index.php/jpm/article/view/314