SOSIALISASI DETEKSI DINI F.A.S.T. STROKE DALAM MENINGKATKAN MANAJAMEN PRAHOSPITAL PASIEN STROKE

Authors

  • Anja Hesnia Kholis STIKES PEMKAB JOMBANG

Abstract

Stroke atau Cerebro Vascular Accident (CVA) adalah suatu kondisi perubahan neurologik yang disebabkan oleh gangguan dalam sirkulasi darah ke bagian otak  (Black & Hawks, 2009). Berdasarkan profil Dinas Kesehatan Jawa Timur pada tahun 2012, penyakit terbanyak pasien yang menjalani rawat inap di Rumah Sakit Pemerintah tipe kelas B adalah kasus stroke. Stroke berada di urutan ketiga sejumlah 6.575 kasus.

Tujuan dari penelitian ini adalah Meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang deteksi dini dengan menggunakan F.A.S.T. stroke di wilayah kerja Puskesmas Bawangan Kabupaten Jombang.

Hasil dari penelitian ini adalah meningkatnya pengetahuan pasien, memberikan standar penilaian yang mudah dalam mengenali tanda dan gejala awal serangan stroke, serta dapat meningkatkan kewaspadaan masyarakat tentang serangan stroke sehingga dapat menurunkan angka mortalitas dan morbiditas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Waluyo S. 100 Questions and Answers Stroke. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. 2009.

Mulyatsih E. Stroke, Petunjuk Praktis bagi Pengasuh dan Keluarga Klien Pasca Stroke. Jakarta : FKUI. 1994.

Lumbantobing S. Stroke Bencana Peredaran Darah di Otak. Jakarta: FK-UI. 2003.

Adams C. Quality Of Life For Caregivers and Stroke Survivors in the Immediate Discharge Periode. Elsevier. 2003. Volume 16 No 2 pp. 126-130

Shimberg EF. Stroke Petunjuk Penting Bagi Keluarga. Jakarta: PT Pustaka Delapratasa. 1998.

Rosjidi CH. Asuhan Keperawatan Klien dengan Gangguan Peredaran Darah Otak “Stroke”. Yogyakarta: Ardana Media. 2007.

Published

2018-09-02

How to Cite

Kholis, A. H. (2018). SOSIALISASI DETEKSI DINI F.A.S.T. STROKE DALAM MENINGKATKAN MANAJAMEN PRAHOSPITAL PASIEN STROKE. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesehatan, 2(2), 17-20. Retrieved from https://journal.stikespemkabjombang.ac.id/index.php/jpm/article/view/322