PEMERIKSAAN KESEHATAN DAN PENYULUHAN KESEHATAN DI DUSUN KRAMPYANG, DESA KALIPANG, KECAMATAN GROGOL, KABUPATEN KEDIRI (KERJA SAMA DENGAN) LEMBAGA AMIL ZAKAT “NURUL HAYAT” DAN “BSMI KABUPATEN KEDIRI”

Authors

  • Bambang Wiseno STIKES Pamenang Pare, Kediri

DOI:

https://doi.org/10.33023/jpm.v6i1.544

Abstract

Kekeringan menyebabkan berbagai masalah dalam kehidupan manusia. Orang-orang di dusun Krampyang, desa Kalipang, Kecamatan Grogol telah mengalami banyak masalah kesehatan di daerah tersebut. Letak geografis di lereng gunung wilis yang jauh dari layanan kesehatan, menyebabkan masyarakat kurang memiliki perilaku kesehatan. Misalnya, orang-orang menggunakan obat-obatan bebas untuk mengatasi masalah kesehatan mereka. Berdasarkan masalah-masalah itu, melalui Lembaga Amil Zakat "Nurul Hayat" sebagai penyandang dana bekerja sama dengan Perhimpunan Bulan Sabit Merah Indonesia Kabupaten Kediri dan Stikes Pamenang dengan Tim Kesehatannya, mereka tergerak untuk mengurangi beban pada warga dalam mengatasi masalah kesehatan. Layanan sosial diberikan oleh Tim Kesehatan pada 28 September 2019 dengan asumsi layanan kesehatan dan pendidikan kesehatan kepada penduduk. Sebanyak 8,5% dari sekitar 1.200 penduduk memanfaatkan kegiatan ini untuk memeriksa kesehatan mereka secara gratis dan mendapatkan obat sesuai indikasi penyakit mereka. Dari hasil pemeriksaan, ditemukan bahwa masyarakat yang mengalami masalah kesehatan tertinggi di daerah ini adalah; tekanan darah tinggi sebanyak 38,2% dan gangguan sendi / otot sebanyak 29,4%. Berdasarkan kondisi ini, konseling tentang efek negatif dari penggunaan obat bebas, masalah hipertensi dan masalah osteoporosis diberikan untuk meningkatkan pengetahuan warga tentang kesehatan sehingga konsekuensi dari masalah ini dapat dikurangi.

 

Kata Kunci: Kemarau, Kesehatan Masyarakat, Bakti Sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-04-01

How to Cite

Wiseno, B. (2020). PEMERIKSAAN KESEHATAN DAN PENYULUHAN KESEHATAN DI DUSUN KRAMPYANG, DESA KALIPANG, KECAMATAN GROGOL, KABUPATEN KEDIRI (KERJA SAMA DENGAN) LEMBAGA AMIL ZAKAT “NURUL HAYAT” DAN “BSMI KABUPATEN KEDIRI”. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesehatan, 6(1), 23-26. https://doi.org/10.33023/jpm.v6i1.544