PENDAMPINGAN GURU DAN MURID GIAT PROGRAM UKS SDN GAMPINGAN 2

Authors

  • Erma Wahyu Mashfufa Prodi Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Univ. Muhammadiyah Malang
  • Nur Aini
  • Lilis Setyowati
  • Ollyvia Freeska D. M.

DOI:

https://doi.org/10.33023/jpm.v6i1.556

Keywords:

PHBS, UKS, Kader UKS, Perawat Kecil

Abstract

Sekolah merupakan tempat pembelajaran, tetapi juga sebagai tempat yang dapat mengancam terjadinya penularan penyakit jika tidak dikelola dengan baik. Usia sekolah dasar merupakan usia yang rawan untuk terserang berbagai penyakit. Penyakit yang sering muncul pada anak usia sekolah umumnya terkait dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Masalah ini dapat diatasi dengan memaksimalkan fungsi UKS (Usaha Kesehatan Sekolah). Tujuan kegiatan pengabdian adalah sarana meningkatkan wawasan fungsi dari UKS, sebagai sarana yang efektif dalam mensosialisasikan kesehatan ; membentuk PERCIL (Perawat Kecil) sebagai rode model PHBS. Metode kegiatan dengan memberikan pendampingan pengisian raport kesehatan siswa, pengenalan alat-alat UKS dan penyuluhan tentang PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat). Kegiatan dilakukan selama 8 bulan pada guru pendamping UKS sejumlah 4 guru dan 20 siswa kader UKS. Setelah pemberian materi, kemudian dilakukan post test dan dipilih 10 siswa berdasarkan nilai post tes tertinggi yang akan dilatih secara intensif untuk menjadi PERCIL (perawat kecil) dan akan mewakili sekolah dalam lomba UKS. Peserta diberikan pre tes dan pos tes oleh pengabdi menggunakan instrumen yang dibuat oleh pengabdi berdasarkan materi yang diberikan. Terjadi peningkatan nilai rata–rata pengetahuan dari 20,65 menjadi 68,85. Tim juga memberikan bantuan peralatan UKS, poster dan buku raport kesehatan siswa dan buku informasi kesehatan untuk siswa usia usia sekolah. Kegiatan bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan Guru dan Kader UKS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir, A., Lesmana, O., & Herwansyah. (2018). Peningkatan Peran Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Tingkat Sekolah Dasar Se-Kecamatan Telanaipura Kota Jambi. Jurnal Medic, 1(2).

Aswadi, Syahrir, S., Delastara, V., & Surahmawati. (2017). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Siswa Siswi SDK Rita Pada Kecamatan Kota Komba Kabupaten Manggarai Timur Propinsi Nusa Tenggara Timur. Public Health Science Journal, 9(2), 187–196.

Ervina, Tahlil, T., & Mulyadi. (2019). Pelaksanaan Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Di Puskesmas. Jurnal Ilmu Keperawatan, 6(2), 11–21.

Lina, H. P. (2017). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Siswa Di SDN 42 Korong Gadang Kecamatan Kuranji Padang. Jurnal Promkes, 4(1), 92. https://doi.org/10.20473/jpk.v4.i1.2016.92-103

Notoadmodjo, S. (2010). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

RI, K. (2019). Buku Informasi Kesehatan Peserta Didik SD/MI.

Wulansari, R. D., Nurhayati, A., & Rahmawati, Y. (2015). Pengetahuan Guru Sekolah Dasar Tentang Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Sebagai Hasil Pelatihan Dalam Rangka Mewujudkan Sekolah Sehat Di Ciater Subang. Media Pendidikan, Gizi, Dan Kuliner, 4(1), 56–66.

Published

2020-04-01

How to Cite

Erma Wahyu Mashfufa, Nur Aini, Lilis Setyowati, & D. M., . O. F. (2020). PENDAMPINGAN GURU DAN MURID GIAT PROGRAM UKS SDN GAMPINGAN 2. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesehatan, 6(1), 27-32. https://doi.org/10.33023/jpm.v6i1.556