The Training of English TOEFL Equivalent for students in SMA Muhammadiyah Jombang
PELATIHAN BAHASA INGGRIS BEREKUIVALENSI TOEFL BAGI SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH JOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.33023/jpm.v7i1.712Keywords:
Pelatihan, Bahasa Inggris, dan ToeflAbstract
Sebuah Pendidikan merupakan proses pembelajaran yang dilakukan disekolah sebagai lingkungan formal yang melibatkan siswa dan guru. Salah satu cara yang paling mudah untuk menguatkan proses pembelajaran adalah pemahaman bahasa. Bahasa merupakan alat komunikasi yang terpenting. Di Negara kita Bahasa Indonesia yang menjadi bahasa persatuan dan Bahasa daerah yang menjadi bahasa ibu, serta Bahasa inggris yang menjadi Bahasa Asing. Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang menghubungkan orang-orang di seluruh dunia. Metode yang digunakan pada pengabdian masyarakat ini adalah pemberian perlatihan kepada guru dan siswa dalam memahami Bahasa Inggris yang ber ekuivalensi TOEFL untuk membantu menyelesaikan soal dalam Ujian akhir nasional. Luaran dari hasil pengabdian masyarakat ini adalah peningkatan pemahaman Bahasa Inggris guru dan siswa SMA terutama Bahasa Inggris grammatical errors nya serta publikasi pada jurnal yang terakreditasi dan ber ISSN.
Downloads
References
Brown, H. Douglas. 2007. Principles of Language Learning and Teaching, fifth Edition. New York: Pearson Education, Inc.
Lauder, Allan. (2008). “The Status and Function of English in Indonesia: A Review
of Key Factors”. Departement of Linguistics, Vol. 12 p. 9-20.
Richard, Jack C. 2008. Teaching listening and speaking. New York. Cambridge university press
Sri Anitah. 2010. Media pembelajaran. Surakarta.Yuma Pustaka bekerja sama dengan FKIP UNS
Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Predana Media Group.
Yudhi Munadi. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta.Gaung Persada Press.