PELATIHAN TRIAS UKS PADA SISWA PETUGAS UKS SMK MUHAMMADIYAH PRINGSEWU
TRAINING OF TRIAS UKS FOR UKS OFFICERS OF MUHAMMADIYAH PRINGSEWU VOCATIONAL SCHOOL
DOI:
https://doi.org/10.33023/jpm.v7i2.714Keywords:
pelayanan dan pendidikan kesehatan, UKSAbstract
Masalah kesehatan masyarakat di usia sekolah seharusnya mendapatkan perhatian khusus, karena permasalahan kesehatan pada usia sekolah sangat kompleks dan bervariasi. Seperti permasalahan kesehatan yang terjadi lebih terkait pada perilaku hidup bersih(kebiasaan cuci tangan pakai sabun,kebersihan diri, gosok gigi dan lain – lain serta gizi seimbang. Sedangkan pada anak usia SMP/MTS dan SMA/SMK/MA permasalahn yang terjadi terkait gaya hidup/perilaku berisiko terhadap kesehatan seperti konsumsi makanan, jajan. Merokok, tawuran, bullying, seks pra nikah NAPZA. Kesehatan anak sekolah ikut serta menjadi tanggung jawab sekolah melalui kegiatan kesehatan sekolah, SMK Muhammadiyah Pringsewu telah memiliki UKS yang kegiatannya belum berjalan dengan baik karena siswa petugas UKS tidak memahami terlebih dahulu tugas TRIAS UKS. Tujuan Pengabdian Masayarakat ini untuk memberikan pelatihan TRIAS UKS yaitu pendidikan kesehatan, Pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan. Pelaksanaan Pengabdian Masyarakat ini dilakukan pada bulan July tanggal 19 2021 di SMK Muhamamdiyah Pringsewu Lampung dan peserta yang menjadi target adalah siswa yang telah ditunjuk oleh pihak sekolah untuk menjadi pengurus atau petugas UKS sebanyak 12 siswa. Kegiatan pelatihan petugas UKS dalam pelaksanaan TRIAS UKS yaitu, pendidikan kesehatan dan pelayanan kesehatan Metode pelatihan dilakukan dengan cara Sokratik, Demonstrasi dan Evaluasi. Capaian dari pengabdian masyarakat ini yaitu siswa mampu dan antusias dalam menerapkan program TRIAS UKS; Pelayanan kesehatan dalam menghitung IMT dan pendidikan kesehatan dengan mengetahui makanan yang bergizi bagi Remaja SMK Muhammadiyah Pringsewu Lampung. Audience atau peserta pelatihan menerapkan dan melakukan seluruh rangkaian kegiatan dengan baik
Downloads
References
Gurnida, D. A. (2011). Nutrisi bagi Perkembangan Otak.
Istianty Ari, R. (2013). Gizi Terapan. PT Remaja Rosdakarya.
KemenDikBud. (2012). pedoman-pelaksanaan-uks-di-sekolah-final-1. KemenDikBud RI.
Undang - undang Kesehatan no.36 tahun 2009, (2009).
Weny lestari dan Suci Wulansari. (2018). Pertunjukkan Wayang Interaktif Sebagai Sarana Promosi Kesehatan Remaja Tentang Rokok, Narkoba dan Pergaulan Bebas. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 21(2), 125–132. ejournal2.litbang.kemkes.go.id