Counseling To Improve Knowledge About The Abo System Blood Groups And Rhesus

Penyuluhan Guna Meningkatkan Pengetahuan Tentang Golongan Darah Sistem Abo Dan Rhesus

Authors

  • Sri Hartini Harianja Poltekkes Palembang

DOI:

https://doi.org/10.33023/jpm.v8i2.778

Keywords:

ABO system blood type; Rhesus; counseling; knowledge

Abstract

Jenis golongan darah ditentukan dari gen yang berasal dari kedua orangtuanya. Setiap anak mempunyai kombinasi gen dalam bentuk dua alel, yang berasal dari ayah dan ibu. Terdapat tiga jenis alel golongan darah ABO, yaitu : alel A, B dan O. Berdasarkan sistem ABO, ada 4 jenis golongan darah sesuai dengan jenis antigen dan antibodi yang dimiliki masing-masing golongan yaitu golongan darah A, AB, B, dan O. Survey pendahuluan pada orangtua dan pelajar TK Al Fatah Talang Kelapa Kota Palembang, sekitar 50% belum mengetahui golongan darahnya berdasarkan sistem ABO dan Rhesus. Tujuan kegiatan pengabmas ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan melalui penyuluhan dan pemeriksaan golongan darah pada orang tua dan pelajar. Kegiatan dilaksanakan pada hari Kamis, 25 Juli 2019 dengan jumlah peserta 3 dosen, 5 mahasiswa, 5 guru, 30 orangtua (ibu) dan 35 siswa. Proses kegiatan yaitu penjajakan lahan, pelaksanaan kegiatan pengabmas meliputi pembukaan, pre test, penyuluhan, post test, melakukan pemeriksaan golongan dengan metode blood grouping, evaluasi kegiatan dan penutup. Hasil kegiatan yaitu berdasarkan  nilai Pre test dan post test yang telah dilakukan dapat dilihat terjadi peningkatan nilai pengetahuan responden yaitu dari nilai rata-ratanya 4,73 sebelum penyuluhan menjadi  rata-ratanya 7,34 sesudah penyuluhan. Uji statistik juga menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara tingkat pengetahuan sebelum dan sesudah penyuluhan (p value = 0,000). Kegiatan pengabmas ini memberikan banyak manfaat baik informasi maupun ilmu pengetahuan sehingga ada peningkatan pengetahuan ibu tentang golongan darah ABO dan Rhesus. Kendala yang dihadapi yaitu Anak anak memiliki rasa takut yang tinggi, dalam pemeriksaan mengalami kesulitan, sehingga harus didampingi oleh orang tua. Kegiatan pengabmas diharapkan oleh peserta dapat terus terlaksana di lokasi mereka

Downloads

Download data is not yet available.

References

Garini, Ardiya, & Harianja, Sri Hartini. (2021). Correlation of Knowledge and Training with the Implementation of Standard Operational Procedure (SOP) of Quality Control for Glucosemeter. Paper presented at the First International Conference on Health, Social Sciences and Technology (ICOHSST 2020).

Garini, Ardiya, NauE, Dian Adhe Bianggo, & Syailendra, Anton. (2020). Pemeriksaan Golongan Darah Sistem ABO dan Rhesus pada Pelajar TK di Kota Palembang Tahun 2019. LINK, 16(1), 12-16.

Haqq, Arif Abdul. (2018). Analisis Sikap Matematis Berdasarkan Golongan Darah. Paper presented at the Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (SNMPM).

Hoffbrand, A Victor, & Steensma, David P. (2019). Hoffbrand's essential haematology: John Wiley & Sons.

Maharani, Eva Ayu, & Noviar, Gajar. (2018). Imunohematologi dan Bank Darah. Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan, Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Meri, Meri, & Arrizqiyani, Tanendri. (2020). Gambaran Hasil Penyuluhan Golongan Darah Terhadap Siswi Smk Negeri 2 Tasikmalaya. Jurnal Anadara Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1).

Oktari, Anita, & Silvia, Nida Daeninur. (2016). Pemeriksaan Golongan Darah Sistem ABO Metode Slide dengan Reagen Serum Golongan Darah A, B, O. Jurnal Teknologi Laboratorium, 5(2), 49-54.

Sugesty, Yulika, Sulastri, Sulastri, & Proborini, Renyep. (2019). Pengaruh pemberian informasi melalui brosur dan ceramah terhadap minat donor darah pemula di sekolah. Jurnal Psikologi Malahayati, 1(1).

Sugiyanto, Gito, & Santi, Mina Yumei. (2015). Karakteristik Kecelakaan Lalu Lintas dan Pendidikan Keselamatan Berlalulintas Sejak Usia Dini: Studi Kasus di Kabupaten Purbalingga. Semesta Teknika, 18(1), 65-75.

Suyasa, I Gede Putu Darma, Wulansari, Nadya Treesna, Kamaryati, Ni Putu, Mastryagung, Gst Ayu Dwina, Sutini, Ni Kadek, & Rismawan, Made. (2017). Pemeriksaan Golongan Darah dan Rhesus pada Anak Kelas 4, 5, dan 6 Sekolah Dasar di Desa Tribuana Kecamatan Abang Kabupaten Karangasem. Paradharma (Jurnal Aplikasi IPTEK), 1(2).

Published

2022-06-15

How to Cite

Harianja, S. H. (2022). Counseling To Improve Knowledge About The Abo System Blood Groups And Rhesus: Penyuluhan Guna Meningkatkan Pengetahuan Tentang Golongan Darah Sistem Abo Dan Rhesus. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesehatan, 8(2), 129-133. https://doi.org/10.33023/jpm.v8i2.778