Education For The Prevention Of Health Problems In Students From The Impact Of Online Learning At Stikes Telogorejo Semarang
Edukasi Pencegahan Masalah Kesehatan Pada Mahasiswa Dari Dampak Pembelajaran Online Di Stikes Telogorejo Semarang
DOI:
https://doi.org/10.33023/jpm.v8i3.1190Keywords:
Masalah Kesehatan, Dampak Pembelajaran Online, Edukasi, SenamAbstract
Proses pembelajaran selama pandemic COVID-19 dilaksanakan secara online guna mengantisipasi penyebaran virus yang lebih massif. Pembelajaran online ini memiliki dampak positif dan negatif, dimana dampak negatifnya yang dapat ditimbulkan adalah masalah kesehatan seperti kesehatan mata dan anggota tubuh. Masalah kesehatan mata dapat terjadi karena penggunaan media elektronik dengan durasi waktu yang lama selama pembelajaran online. Selain itu masalah kesehatan lain pada tubuh seperti keluhan nyeri punggung atau area badan yang lain dapat terjadi akibat posisi statis tubuh dalam waktu yang lama dan kurangnya aktivitas fisik sehingga menambah beban pada bagian tulang belakang. Metode yang digunakan dalam kegiatan ni adalah dengan pemberian edukasi terkait pencegahan masalah kesehatan dampak pembelajaran online dan program intervensi berupa senam. Senam yang diajarkan kepada mahasiswa adalah senam kreasi dan intervensi 20-20-20. Kegiatan berlangsung pada bulan Desember 2021 di STIKES Telogorejo Semarang. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mencegah masalah kesehatan yang timbul dampak dari pembelajaran online sehingga mahasiswa dapat lebih produktif selama pembelajaran. Hasil dari pengabdian masyarakat ini adalah terbentuknya kader kesehatan mahasiswa dan program senam kreasi yang dapat dilakukan mahasiswa secara mandiri ataupun bersama-sama pada saat sela pembelajaran minimal per 2 jam sekali selama sehari
Downloads
References
Aisah, S., Ismail, S., & Margawati, A. (2021). Edukasi Kesehatan Dengan Media Video Animasi: Scoping Review. Jurnal Perawat Indonesia, 5(1), 641–655. https://doi.org/10.32584/jpi.v5i1.926
Bachtiar, F., Irianto, I., Condrowati, C., Agustiyawan, A., Purnamadyawati, P., Ismiyasa, S. W., Wibisono, H., & Sirada, A. (2022). Mencegah dan Mengatasi Nyeri Punggung Bawah (NPB) Selama Belajar dan Bekerja dari Rumah. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm), 1(1), 81–88. https://doi.org/10.33024/jkpm.v1i1.5326
Fathimahhayati, L. D., Pawitra, T. A., & Tambunan, W. (2020). Analisis ergonomi pada perkuliahan daring menggunakan smartphone selama masa pandemi covid-19?: Studi kasus Mahasiswa Teknik Industri Universitas Mulawarman ( Ergonomics analysis on online learning using smartphones during the covid-19 pandemic?: A case s. Operations Ecxellence, 12(3), 308–317.
Kemenkes RI. (2020). Keputusan menteri kesehatan republik indonesia nomor hk.01.07/menkes/328/2020 tentang panduan pencegahan dan pengendalian Coronavirus Disease (Covid-19). Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor Hk.01.07/Menkes/413/2020 Tentang Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), 2019. http://promkes.kemkes.go.id/download/eqgn/files80007KMK No. HK.01.07-MENKES-328-2020 ttg Panduan Pencegahan Pengendalian COVID-19 di Perkantoran dan Industri.pdf
Masruroh, S. D., & Hargono, R. (2015). Peran dan Motivasi Kader dalam Pelaksanaan Keluarahan Siaga Aktif Wonokromo Surabaya. Jurnal Promkes, 6(2), 129–141.
Nur Solikah, S., & Hasnah, K. (2022). Terapi Senam Mata Sebagai Upaya Preventif Miopi Pada Anak Di Masa Pandemi Covid -19. Jurnal Kesehatan Kusuma Husada, 13(1), 109–118. https://doi.org/10.34035/jk.v13i1.787
Nurhmasyah, D., Mendri, N. K., & Wahyuningsih, M. (2015). Pengaruh Edukasi Terhadap Perubahan Pengetahuan Dan Sikap Mahasiswa Tentang Triad Kesehatan Reproduksi Remaja (Krr) Di Fakultas Ilmu Sosial Dan Ekonomi Universitas Respati Yogyakarta. Jurnal Keperwatan Respati, 2(2), 67–83.
Priyoto, & Wahyuning, B. (2019). PENGARUH PEMBERIAN INTERVENSI SENAM PEREGANGAN DI TEMPAT KERJA TERHADAP PENURUNAN GANGGUAN MSDs DAN KADAR ASAM URAT DARAH. Jurnal Keperawatan, 12(1), 53–68. http://jurnalkeperawatan.lppmdianhusada.ac.id/index.php/jk/article/view/77
Putri, A. K., Reynanda, syifa aulia, & Raisa, readen roro. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Kesehatan Mata Di Masa Pandemi. Jurnal Komunikasi Kesehatan Masyarakat, 3(desember), 26–38.
Rahmiyati, Z. (2020). Pengaruh Senam Kreasi Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pjok Di Min 10 Hulu Sungai Selatan. 2. http://eprints.uniska-bjm.ac.id/4052/
Sahriana. (2018). Peran Kader Kesehatan Jiwa dalam Program Kesehatan Jiwa Komunitas di Masyarakat. 1–167.
Tsuroya, F. I. (2021). Dampak Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Metode Yanbu’a di Kelas 2 MI At-Taqwa Bondowoso. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(02), 199–214. https://doi.org/10.37542/iq.v3i02.124