Improving Food Processing Hygiene Hygiene of Small and Medium-Sized Enterprises Fatmaboga
Peningkatan Higiene Sanitasi Pengolahan Makanan Usaha Kecil Menengah (Ukm) Fatmaboga
DOI:
https://doi.org/10.33023/jpm.v8i1.935Keywords:
pendidikan kesehatan, higiene sanitasi pengolahan makanan, UKM FatmabogaAbstract
Mitra UKM Fatmaboga di Desa Ngoro Kabupaten Jombang memiliki beberapa permasalahan yaitu kurangnya pengetahuan tentang higiene sanitasi pengolahan makanan dan bagaimana penerapan higiene sanitasi pengolahan makanan bisa meningkatkan mutu produk kue basah dan kering mitra. Tujuan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mitra tentang higiene sanitasi pengolahan makanan dan pengolahan makanan. Kegiatan ini dilakukan selama enam bulan dengan metode Forum Group Discussion (FGD), koordinasi, pelatihan, pendampingan hingga evaluasi. FGD tentang rencana program yang akan dilaksanakan selama kegiatan pengabdian, berikutnya koordinasi dengan mitra untuk melakukan pelatihan tentang higiene sanitasi pengolahan makanan. Pelatihan tentang higiene sanitasi pengolahan makanan diadakan secara langsung dengan menerapkan protokol kesehatan yaitu mencuci tangan atau menggunakan handsanitazer, menjaga jarak dan menggunakan masker. Pada Juni 2021 kegiatan pelatihan dilakukan di Dusun Tebel Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang. Pendidikan kesehatan berlangsung selama 60 menit dengan pemaparan higiene sanitasi pengolahan makanan hingga diskusi dengan mitra. Evaluasi mitra dilakukan dengan mengisi kuesioner secara daring. Hasil evaluasi mitra setelah diberikan pendidikan kesehatan tentang higiene sanitasi pengolahan makanan adalah terdapat peningkatan pengetahuan 45,5% kearah pengetahuan baik sehingga 100% semua anggota mitra pengetahuan baik. Kegiatan selanjutnya adalah melakukan pendampingan mitra secara daring untuk penerapan pemahaman mitra dalam menjaga hygiene sanitasi pengolahan makanan
Downloads
References
Atmoko, T. P. H. (2017) ‘Peningkatan Higiene Sanitasi sebagai Upaya Menjaga Kualitas Makanan dan Kepuasan Pelanggan di Rumah Makan Dhamar Palembang’, Jurnal Khasanah Ilmu, 8(1), pp. 1–9.
Departemen Kesehatan Republik Indonesia (2016) Higiene Sanitasi makanan dan Minuman. Jakarta. Available at: https://tpm.kemkes.go.id/kesling-web/portal/konten/~berita/103016-hyigene-dan-sanitasi-makanan.
Perpustakaan Nasional RI (2016) Ilmu Gizi: Teori & Aplikasi. Edited by Hardinsyah and I. Supariasa. Jakarta: EGC.