ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT STRES PADA ANAK YANG MELAKSANAKAN SFH (STUDY FROM HOME) DI SDN GADING IV SURABAYA

Analysis of Factors Affecting Stress Levels in Children Who Conduct SFH (Study From Home) at SDN Gading IV Surabaya

Authors

  • Mareta Dwi Aliana
  • Dwi Ernawati Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33023/jikep.v8i2.1013

Keywords:

Usia, Jenis Kelamin, Tipe Kepribadian, Proses Pembelajaran Dari Rumah, Stres

Abstract

Pendahuluan: Study  from home (SFH) yang dilakukan dalam situasi pandemi Covid-19 ini dapat memengaruhi masalah psikologis anak seperti stres. Tujuan: Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat stres pada anak yang menjalani SFH (Study From Home) di SDN Gading IV Surabaya. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional dengan desain penelitian analisis korelasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan random cluster sampling. Sampel penelitian sebanyak 161 anak usia sekolah di SDN Gading IV Surabaya, alat ukur yang digunakan adalah angket. Analisis data menggunakan uji Spearman Rho dan Chi Square dengan kemaknaan (? < 0,05). Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat stres anak melakukann SFH (Study From Home) adalah usia (? = 0,001, r=0,292), jenis kelamin (? =0,041, r=0,221), tipe kepribadian (? = 0,002, r=0,287), dan proses belajar di rumah (? = 0,001, r=0,559). Kesimpulan: Anak-anak yang melakukan SFH (Study From Home) memiliki tingkat stres yang berbeda-beda, yang mungkin terkait dengan usia, jenis kelamin, tipe kepribadian, dan proses pembelajaran dari rumah. Orang tua diharapkan mampu menjalin komunikasi yang baik dengan anaknya, menciptakan suasana menggembirakan, memotivasi dan menyediakan kebutuhan yang diperlukan anak, serta bersedia meluangkan waktu dalam mendampingi anak selama melaksanakan pembelajaran dari rumah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambarwati, P. D., Pinilih, S. S., & Astuti, R. T. (2019). Gambaran Tingkat Stres Mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa, 5(1), 40. https://doi.org/10.26714/jkj.5.1.2017.40-47

Ansori, R. R., & Martiana, T. (2017). Hubungan Faktor Karakteristik Individu Dan Kondisi Pekerjaan Terhadap Stres Kerja Pada Perawat Gigi. The Indonesian Journal of Public Health, 12(1), 75. https://doi.org/10.20473/ijph.v12i1.2017.75-84

Barseli, M., Ifdil, I., & Fitria, L. (2020). Stress akademik akibat Covid-19. 5(2), 95–99.

Desmita, D. (2011). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. In PT. Remaja Rosdakarya.

Donsu, J. D. T. (2019). Psikologi Keperawatan: Aspek-aspek Psikologi, Konsep Dasar Psikologi, Teori Perilaku Manusia. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Husin, H., & Sawitri, S. (2021). Covid-19?: Tingkat Stres Belajar Anak-Anak Di Daerah Terpencil. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 101. https://doi.org/10.35931/am.v5i2.542

Ibung, D. (2013). Stres Pada Anak (Usia 6-12 Tahun). Jakarta: Elex Media Komputindo.

Jannah, M. (2015). Tugas-Tugas Perkembangan Pada Usia Kanak-Kanak. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 1(2), 87–98.

Kemdikbud RI. (2020). Mendikbud Terbitkan SE tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Covid-19. In kemdikbud (pp. 1–3). https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/mendikbud-terbitkan-se-tentang-pelaksanaan-pendidikan-dalam-masa-darurat-covid19

Kemenkes RI. (2020). Protokol Layanan DKJPS Anak dan Remaja Pda Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Pandemi COVID-19. 41. https://www.kemkes.go.id/resources/download/info-terkini/COVID-19/Buku-Protokol-Dukungan-Kesehatan-Jiwa-Dan-Psikologi-DKJPS-AR-2020.pdf

Liputan6.com. (2020a). Kepala DP3AK: 16 Ribu Anak di Jatim Alami Depresi karena Corona COVID-19. Surabaya Liputan6.com. https://surabaya.liputan6.com/read/4289009/kepala-dp3ak-16-ribu-anak-di-jatim-alami-depresi-karena-corona-covid-19

Liputan6.com. (2020b). Risiko Kehilangan Satu Generasi karena COVID-19 dan Dampak Corona Bagi Anak. Health Liputan6.com. https://www.liputan6.com/health/read/4423290/risiko-kehilangan-satu-generasi-karena-covid-19-dan-dampak-corona-bagi-anak

Palupi, T. N. (2020). Tingkat Stres pada Siswa-Siswi Sekolah Dasar dalam Menjalankan Proses Belajar di Rumah Selama Pandemi Covid-19. Tingkat Stres Pada Siswa-Siswi Sekolah Dasar Dalam Menjalankan Proses Belajar Di Rumah Selama Pandemi Covid-19, 9(2), 18–29.

Satuan Tugas Penanganan COVID-19. (n.d.). Tanya Jawab | Covid19.go.id. Retrieved March 15, 2021, from https://covid19.go.id/tanya-jawab?search=pandemi

Soetjiningsih, C. H. (2012). Seri Psikologi Perkembangan: Perkembangan Anak Sejak Pembuahan Sampai dengan Kanak-Kanak Akhir. Jakarta: Kencana.

Sutjiato, M., & Tucunan, G. D. K. a a T. (2015). Hubungan Faktor Internal dan Eksternal dengan Tingkat Stress pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado. Jikmu, 5(1), 30–42.

Published

2022-06-30

How to Cite

Aliana, M. D., & Ernawati, D. (2022). ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT STRES PADA ANAK YANG MELAKSANAKAN SFH (STUDY FROM HOME) DI SDN GADING IV SURABAYA: Analysis of Factors Affecting Stress Levels in Children Who Conduct SFH (Study From Home) at SDN Gading IV Surabaya. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 8(2), 459-469. https://doi.org/10.33023/jikep.v8i2.1013