HUBUNGAN ANTARA PEMBELAJARAN DARING DENGAN TINGKAT PEMAHAMAN MAHASISWA PROGRAM KHUSUS ANGKATAN 2020 PADA MATA KULIAH METODELOGI PENELITIAN ILMU KEPERAWATAN DI STIKES MAHARANI MALANG

The Relationship Between Online Learning with Students' Level of Comprehension of the Special Program for the Class of 2020 in the Course of Nursing Research Methodology at STIKES Maharani Malang

Authors

  • Aminatus Sa'diyah stikes maharani malang
  • Rahmawati Maulidia
  • Ahmad Dafir Firdaus

DOI:

https://doi.org/10.33023/jikep.v8i2.1045

Keywords:

Pembelajaran, Metode Daring, Tingkat Pemahaman

Abstract

Pendahuluan: Pembelajaran metode daring menghadirkan persoalan. Permasalahan tidak hanya berkaitan dengan sarana, dosen dan mahasiswa juga menghadapi masalah dalam aspek kesiapan, namun juga dimungkinkan pelaksanaan pembelajaran metode daring berhubungan dengan tingkat pemahaman mahasiswa. Tujuan penelitian adalah mengetahui hubungan pembelajaran metode daring dengan tingkat pemahaman mahasiswa program khusus angkatan 2020 pada mata kuliah kuliah metodelogi penelitian ilmu keperawataan di STIKES Maharani Malang. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah 57 mahasiswa yang ditentukan secara purposive sampling dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah survay online dengan menggunakan kuesioner online. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisa statistik deskriptif dan uji rank spearman. Hasil dan Analisis: Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) pembelajaran metode daring dilaksanakan secara baik pada mahasiswa program khusus keperawatan angkatan 2020 di STIKES Maharani Malang. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji yang menunjukan sebagian besar mahasiswa menjawab pembelajaran metode daring dilaksanakan secara baik. (2) Mahasiswa paham tentang materi kuliah metodelogi penelitian ilmu keperawatan di STIKES Maharani Malang. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji yang menunjukan ebagian besar mahasiswa mengaku paham, yakni sejumlah 35 orang mahasiswa (61.4%). (3) Tidak ada hubungan pembelajaran metode daring dengan tingkat pemahaman mahasiswa pada mata kuliah metodelogi penelitian ilmu keperawatan di STIKES Maharani Malang. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis yang menunjukan nilai signifikansi sebesar (0.305).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Argaheni, N. B. (2020). Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi Covid-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia. Placentum: Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya, 8(2), 99. Https://Doi.Org/10.20961/Placentum.V8i 2.43008

Cindy, Ochtavia. Y. P. (2020). Pembelajaran Daring, Efektif Gak Sih Buat Mahasiswa? Egsaugm. Https://Egsa.Geo.Ugm.Ac.Id/2020/10/14/ Pembelajaran-Daring-Efektif-Gak-Sih- Buat-Mahasiswa/

Desak, Made Rai Ningsih. (2020). Pengaruh Metode Kuliah Online Terhadap Tingkat Pemahaman Materi Kuliah Hukum Investasi Pada Mahasiswa Universitas Teknologi Indonesia. Jurnal Pendidikan, 21(2), 104–110.

Https://Doi.Org/10.33830/Jp.V21i2.840.2 020

Maryam, I., Anggraini, N., & Amelia, R. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Tingkat Pemahaman Belajar Mahasiswa Universitas Bangka Belitung. Prosiding Seminar Penelitian Dan Pengabdian Pada Masyarakat, 33–36.

Mustakim, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma?: Journal Of Islamic Education, 2(1), 1.

Https://Doi.Org/10.24252/Asma.V2i1.13 646

Nursalam. (2016). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan (Edisi 4). Salemba Empat.

Prasetya, T. A., & Harjanto, C. T. (2020). Pengaruh Mutu Pembelajaran Online Dan Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Saat Pandemi. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(2), 188–197.

Priyastuti, M. T., & Suhadi, S. (2020). Kepuasaan Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Journal Of Language And Health, 1(2), 49–56.

Https://Doi.Org/10.37287/Jlh.V1i2.383

Purnama, Putra. (2016). Analisis Tingkat Pemahaman Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Keperawatan. Keperawatan, 6(1), I-110.10.

Sutrisno, Djaja. (2016). Penerapan Pembelajaran Berbasis Portopolio Dalam Pemahaman Metodologi Penelitian.

Wahyuningsih, K. S. (2021). Problematika Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Di Sma Dharma Praja Denpasar. Jurnal Pangkaja, 24(1), 107–

BPS. (2018). Laporan Badan Pusat Statistik.

Jakarta: Badan Pusat Statistik Indonesia.

Hamidah, A. S. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jambi.

Naserly, M. K. (2020). Implementasi Zoom, Google Classroom, Dan Whatsapp Group Dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Lanjut (Studi Kasus Pada 2 Kelas Semester 2, Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bina. Aksara Public, 4(2), 155-165.

Sinarti, W. W. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pemahaman Mahasiswa pada Mata Kuliah Auditing di Politeknik Negeri Batam. Journal of Applied Accounting and Taxation Vol. 4, No. 1, March 2019.

Published

2022-06-30

How to Cite

Sa’diyah, A., Maulidia, R., & Firdaus, A. D. (2022). HUBUNGAN ANTARA PEMBELAJARAN DARING DENGAN TINGKAT PEMAHAMAN MAHASISWA PROGRAM KHUSUS ANGKATAN 2020 PADA MATA KULIAH METODELOGI PENELITIAN ILMU KEPERAWATAN DI STIKES MAHARANI MALANG: The Relationship Between Online Learning with Students’ Level of Comprehension of the Special Program for the Class of 2020 in the Course of Nursing Research Methodology at STIKES Maharani Malang. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 8(2), 479-485. https://doi.org/10.33023/jikep.v8i2.1045