POLA ASUH ORANG TUA DAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK PRA SEKOLAH DI MASA PENDEMI COVID 19

Parenting Paterrns and Self Confidence Preschool Children in COVID 19 Pandemic

Authors

  • Ni Luh Agustini Purnama STIKES Katolik St. Vincentius a Paulo Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33023/jikep.v8i2.1074

Keywords:

Parenting, Self-confidence, Pre school

Abstract

Pendahuluan: Pandemi Covid 19 bukan hanya mempengaruhi fisik anak tetapi juga kesejahteraan sosial, emosional anak. Perubahan rutinitas selama pandemi Covid 19 dapat memberikan pengaruh besar bagi perkembangan anak salah satunya kepercayaan diri. Orang tua harus melakukan ekstra pengawasan dan bimbingan karena anak berada di dalam rumah selama 24 jam penuh. Orang tua diharapkan mampu melakukan pola asuh yang tepat supaya perkembangan anak dapat optimal. Tujuan: penelitian ini bertujuan mengidentifikasi hubungan pola asuh dengan kepercayaan diri anak prasekolah. Metode: Penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan rancangan cross sectional. Responden sebanyak 48 orang tua yang memiliki anak usia 4-6 tahun di TK Kemala Bhayangkari Surabaya. Tehnik sampling yang digunakakan adalah total sampling. Pola asuh dinilai dengan menggunakan PSQ (Parenting Style Questionere) dan kuesioner percaya diri untuk menilai tingkat percaya diri anak. Analisis bivariat yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi Spearman.  Hasil: Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 93,8 % responden menerapkan pola asuh demokratis, sebanyak 72,9% anak prasekolah dengan kepercayaan diri sedang. Uji korelasi Spearman menunjukkan terdapat hubungan pola asuh orang tua dengan kepercayaan diri anak prasekolah dengan arah korelasi positif dan kekuatan korelasi sedang (p = 0,0001; r= 0,502).  Kesimpulan: Pola asuh orang tua berhubungan dengan kepercayaan diri anak prasekolah, semakin demokratis pola asuh yang diterapakan orang tua maka akan diikuti  kepercayaan diri anak yang semakin meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alini, & Indrawati. (2020). Hubungan Tingkat Pendidikan Dan Tipe Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Psikososial Anak Usia Prasekolah. Jurnal Ners, 4(2), 110–115.

Asih, S. W., & Astriyanti, S. N. (2019). Pola Asuh Orang Tua Meningkatkan Percaya Diri Pada Anak Prasekolah Di TK Islam Terpadu Amanah Sumbersari Jember. Journals of Ners Community, 10(2), 243–250.

Clara, E., & Dwikasih Wardani, A. A. (2020). Sosiologi Keluarga. UNJ Press.

Depkes RI. (2010). Klasifikasi Umur Menurut Kategori. Ditjen Yankes.

Djamarah, S. B. (2019). Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga. Rineka Cipta.

Fabiani, R. R. M., & Krisnani, H. (2020). Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Membangun Kepercayaan Diri Seorang Anak Dari Usia Dini. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 40. https://doi.org/10.24198/jppm.v7i1.28257

Hulukati, W. (2016). Pengembangan Diri SMA. Ideas Publishing.

Iswidharmanjaya, D. (2014). Satu Hari Menjadi Lebih Percaya Diri. Elex Media Komputindo.

Kementerian Kesehatan RI. (2014). Pemantauan Pertumbuhan, Perkembangan, dan Gangguan Tumbuh Kembang Anak. Kementrian Kesehatan 2014.

Larasani, N., Yeni, I., & Mayar, F. (2020). Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2368–2374.

Lestari, N. G. A. M. Y. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid1. Jurnal Pendidikan, 232–234.

Mogot, M., Surudani, C. J., & Gansalangi, F. (2017). Pola Asuh Ibu terhadap Anak Usia Prasekolah di Paud Efrata Tahuna Kecamatan Tahuna. Jurnal Ilmiah Sesebanua, 1(2), 44–49.

Nandwijiwa, V., & Aulia, P. (2020). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3145–3151. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/821

Novita, A. R., & Syuraini. (2019). Hubungan antara pola asuh orang tua dengan kepercayaan diri pada anak menurut orang tua di tk. Journal of Family, Adult, and Early Childhood Education, 1(2), 176–182. https://doi.org/10.5281/zenodo.2837510

Nur Aidah, S. (2020). Tips Menjadi Orang Tua Inspirasi Masa Kini. KBM Indonesia.

Robinson, C. C., Barbara, M., Frost Olsen, S., & Hart, C. H. (2001). The Parenting Style and Dimensions Questionnaire (PSDQ). In Psychological Reports.

Hanura, A. F. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kejadian Temper Tantrum Anak Usia Prasekolah (3-5 Tahun) di Paud Pelangi II Desa Kepel Kec.Kare Kab Madiun. Stikes Bhakti Husada Mulia MAdiun.

Rusilanti, Dahlia, M., & Yulianti, Y. (2015). Gizi dan Kesehatan Anak Prasekolah. PT Remaja Rosdakarya.

Santrock, & W, J. (2012). Life-Sfan Development?: 13 Edition. Mc Graw-Hill.

Sari, T. T. (2020). Self-Efficacy dan Dukungan Keluarga Dalam Keberhasilan Belajar Dari Rumah di Masa Pandemi Covid-19. Education Journal?: Journal Educational Research and Development, 4(2), 127–136. https://doi.org/10.31537/ej.v4i2.346

Sukiman. (2017). Membantu Anak Percaya Diri. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Tridhonanto. (2014). Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Alex Media Komputindo.

Wati, H. (2019). Pengaruh Kekerasan Verbal Terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia 4-6 Tahun di Desa Talang Rio Kecamatan Air Rami Kabupaten Mukomuko. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Zakaria, M., & Arumsari, D. (2018). Jeli Membangun Karakter Anak. Bhuana Ilmu Populer.

Published

2022-06-30

How to Cite

Purnama, N. L. A. . (2022). POLA ASUH ORANG TUA DAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK PRA SEKOLAH DI MASA PENDEMI COVID 19: Parenting Paterrns and Self Confidence Preschool Children in COVID 19 Pandemic. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 8(2), 486-494. https://doi.org/10.33023/jikep.v8i2.1074