ANALISIS KESULITAN MAHASISWA STIKES WIRA MEDIKA DENGAN PENERAPAN AUDIO TUTORIAL METHOD (ATM) PADA PEMBELAJARAN PRAKTIKUM DI MASA PANDEMI COVID-19
Analysis of Difficulties of Stikes Wira Medika Students with the Application of Audio Tutorial Method (ATM) in Practicum Learning During the Covid-19 Pandemic
DOI:
https://doi.org/10.33023/jikep.v8i2.1124Keywords:
Audio Tutorial Method, Practicum, COVID-19Abstract
Pendahuluan: Pandemi COVID-19 mengubah tatanan kehidupan sosial masyarakat menjadi faktor eksternal yang mempengaruhi proses pembelajaran. Salah satu kebijakan pemerintah Indonesia dalam sektor pendidikan adalah menutup sekolah dan kampus serta menerapkan sistem belajar dalam jaringan (daring). Pembelajaran daring yang diterapkan mencakup segala aspek proses pembelajaran termasuk proses pembelajaran praktikum. Salah satu metode yang diterapkan adalah audio tutorial method (ATM). Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi kesulitan mahasiswa selama mengikuti perkuliahan praktikum dengan metode ATM selama pandemi COVID-19. Method: Desain penelitian riset kualitatif. Partisipan dalam penelitian ini adalah mahasiswa keperawatan STIKes Wira Medika semester empat sejumlah lima orang. Perekrutan partisipan menggunakan tehnik pusposive sampling. Result and analysis: kesulitan yang dihadapi mahasiswa diantaranya kesulitan dalam memahami materi, keterbatasan demonstrasi kompetensi di rumah, signal internet yang kurang mendukung, beban kuota internet dan harapan dari partisipan untuk kedepannya. Mahasiswa berasal dari beberapa daerah yang jangkuan sinyalnya berbeda-beda, mahasiswa harus menyesuaikan provider yang digunakan dengan jangkauan sinyal yang tepat, sehingga seringkali mahasiswa harus mengganti provider untuk mendapatkan sinyal terbaik. Selain itu mahasiswa juga menghadapi kesulitan untuk mempraktekkan prasat yang peralatannya tidak ada dirumah mereka, sehingga mereka mencoba dengan alat sekedarnya Discussion: Mahasiswa berharap agar pembelajaran praktikum dalam dilaksanakan luring seperti sebelumnya, karena kompetensi merupakan ukuran utama dalam bidang keperawatan.
Downloads
References
Abu Ahmadi dan Djoko Tri P.Strategi Belajar Mengajar. (Bandung: Pustaka Setia, 2005) h. 169.
Cece Wijaya, dkk, Upaya Pembaharuan Dalam Pendidikan & Pengajaran, (Bandung : Remaja Rosdakarya, 1991), h. 117.
Elyas, H. A (2018). Penggunaan model pembelajaran e learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal Warta Vol. 56 (1829-7463)
Matteo, L. (2020). The Coming Coronavirus Crisis: What Can We Learn?. Journal Spinger, Vol. 55 (98-104)
Nana Sudjana & Ahmad Rifa’I, Media Pengajaran (Bandung : Sinar Baru, 1997), h.129.
Yunianto , A.R (2015). Implementasi e learning berbasis kelas sebagai sumber belajar. Skripsi. Universitas Negeri Semarang
Zakiah Darajat, dkk. Metodologi Pengajaran Agama Islam., h. 169.
Mudini, dkk (2016). Karakteristik Peserta Didik. Jakarta : Pusat Pengembangan dan pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bahasa, Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan
Gordon Dryden & Dr. Jean Nettervos. (2000). Revolusi Cara Belajar. Bandung: Kaifa
Published
How to Cite
Issue
Section
Authors who publish with Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing) the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to remix, adapt and build upon the work with an acknowledgment of the work's authorship and of the initial publication in Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing).
- Authors are permitted to copy and redistribute the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing).