HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERILAKU AGRESIF PADA ANAK PRA SEKOLAH DI TK AL HIDAYAH BAKUNG UDANAWU KABUPATEN BLITAR TAHUN 2022
The Relationship between Parental Parenting and Aggressive Behavior in Pre-School Children in Al Hidayah Bakung Udanawu Kindergarten, Blitar Regency in 2022
DOI:
https://doi.org/10.33023/jikep.v8i2.1146Keywords:
Kata Kunci : Pola asuh orang tua, Perilaku agresifAbstract
Pendahuluan : Pola asuh yang kurang tepat yang diterapkan oleh orang tua akan menciptakan situasi yang tidak menyenangkan bagi anak dan ini memicu distorsi anak reaksi atau perilaku terhadap lingkungannya. Jika suasana keluarga yang asing berlanjut, maka setiap perilaku anak akan terjebak dalam penyerapan nilai-nilai yang menyimpang dan perbuatan seperti perilaku agresif. Berdasarkan hasil survey awal didapatkan hasil 5 (50%) siswa yang mengalami perilaku agresif. Tujuan: untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan perilaku agresif pada anak prasekolah di TK Al Hidayah Bakung Udanawu Kabupaten Blitar Tahun 2022. Metode: penelitian Infersial kuantitatif. Populasinya adalah semua orang tua (ibu) yang memiliki anak usia prasekolah yang berjumlah 124 orang dengan tekhnik Simple Random Sampling diperoleh sampel 94 responden. Hasil: Penelitian menunjukkan bahwa pola asuh yang diterapkan orang tua hamper setengahnya pola asuh demokratis 33 (35,1%), perilaku agresif pada anak prasekolah hamper setengahnya perilaku agresif tinggi 42 (44,6%). Berdasarkan hasil uji koefisien kontingengsi bahwa nilai p = 0,003 dengan ? = 0,05.sehingga p value < ?, maka ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan Perilaku agresif pada anak prasekolah. Kesimpulan: Dari hasil penelitian ini diharapkan responden dapat memahami tentang pentingnya pola asuh orang tua sehingga dapat mencegah perilaku agresif pada anak prasekolah
Downloads
References
Akbar Reni. (2011) Psikologo Perkembangan Anak Mengenai Sifat, Bakat, dan Kemampuan Anak. Jakarta: PT Grasindo
Anantasari. (2016 ). Menyikapi Perilaku Agresif Anak. Yogyakarta : Kanisius
Azwar, Saifuddin. (2010) Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Casmini. (2017 ). Emotional Parenting. Yogyakarta : Pilar Media
Departemen Pendidikan Nasional. (2018 ). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka : Jakarta
Desmita. (2013). Psikologi Perkembangan. PT. Bandung : Remaja Rosdakarya
Djiwandono, S.E.W. (2015 ). Konseling dan Terapi dengan Anak dan Orang Tua. Grasindo : Jakarta
Gunarsa, Singgih D. 2018 . Psikologi Anak dan Remaja. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.
Hidayah (2018 ). Perbedaan Perkembangan Bahasa Pada Anak Prasekolah Ditinjau Dari Pola Asuh Orang Tua di TK Pertiwi 53 Geblak Bantul Yogyakarta. Skripsi. Program S-1 Ilmu Keperawatan STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta
Ilahi, Mohammad Takdir. (2013). Quantum Parenting : Kiat Sukses Mengasuh Anak Secara Efektif dan Cerdas. Jogjakarta : Kata Hati
Kemendiknas. (2011). Petunjuk Teknis Penyelenggaraan PAUD. Jakarta: Kemendiknas RI.
Lestari, Sri. (2010). Modul Pendidikan Anak dalam Keluarga. Pontianak : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura.
Rimm, S. (2013). Mendidik dan Menerapkan Disiplin pada Anak Prasekolah.
Rita Eka Izzaty. (2015 ). Mengenali Permasalahan Perkembangan Anak Usia TK.
Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Rosmalia Dewi. (2015 ). Berbagai Masalah Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta:
Santrock, J.W. (2017 ). Psikologi Pendidikan (edisi kedua). (Penerj. Tri Wibowo B.S).Setiawan (2019).
Sugihartono dkk. (2017 ). Psikologi pendidikan.Yogyakarta: UNY Press
Ummu Haya Nida. (2019). “2T Tips & Trik” Melejitkan Talenta sang Buah Hati.Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Zamzani, A. (2017 ). Agresivitas Siswa SMK DKI Jakarta. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, tahun ke-13,No. 069
Published
How to Cite
Issue
Section
Authors who publish with Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing) the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to remix, adapt and build upon the work with an acknowledgment of the work's authorship and of the initial publication in Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing).
- Authors are permitted to copy and redistribute the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing).