PENDIDIKAN KESEHATAN AUDIOVISUAL SELAMA PANDEMI COVID-19: PENGETAHUAN DAN PRAKTIK REMAJA DI INDONESIA
Audiovisual Health Education during Pandemic Covid-19 : Adolescent Knowledge and Practice in Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.33023/jikep.v8i3.1159Keywords:
audiovisual, adolescent, Covid-19, knowledge, practice, preventionAbstract
Pendahuluan: Kasus Covid-19 meningkat pada usia muda karena enggan beradaptasi dengan new normal. Kasus pandemi Covid-19 berdampak pada semua aspek kehidupan masyarakat termasuk pendidikan kesehatan. Media audiovisual merupakan salah satu alat untuk menyampaikan informasi secara lebih efektif. Animasi, gambar, suara menarik untuk menyerang generasi milenial sehingga akan menambah pengetahuan dan perilaku. Tujuan: Untuk mengetahui efektivitas audiovisual terhadap pengetahuan dan perilaku Covid-19 di kalangan remaja. Metode: Merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan eksperimen one group Pre-Posttest Design yang dilakukan di salah satu SMA di Indonesia. Metode convenience sampling diterapkan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 12 dalam pengetahuan dan 20 dalam praktik. Intervensi disampaikan dalam 4 hari dengan 35 menit setiap sesi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan uji t sampel berpasangan. Hasil: Sebagian besar responden berusia 16 tahun, berjenis kelamin perempuan, dan seluruh responden kelas XI. Pengetahuan dan perilaku sebelum intervensi meningkat berubah setelah intervensi. Semua domain dalam variabel pengetahuan meningkat. Hasil yang signifikan secara statistik menunjukkan bahwa media audiovisual meningkatkan pengetahuan dan pencegahan praktik. Kesimpulan: Ada pengaruh media audiovisual terhadap peningkatan pengetahuan dan perilaku pencegahan COVID-19 pada remaja. Tenaga kesehatan dapat menggunakan media audiovisual kepada remaja sehingga informasi yang disampaikan lebih efektif dan mudah dipahami.
Downloads
References
Adi, R. (2015). Aspek Hukum dalam Penelitian. In Buku Obor (pertama). Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia. Diambil dari https://books.google.co.id/books?id=YKhBDAAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=etika+penelitian+skripsi&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwjfstbXtpTvAhXET30KHeLbDAkQ6AEwAXoECAIQAg#v=onepage&q=etika penelitian skripsi&f=false
Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(5), 395–402. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314
Apriany, D. (2012). Perbedaan Perilaku Mencuci Tangan Sebelum Dan Sesudah Diberikan Pendidikan Kesehatan Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Keperawatan Soedirman, 7(2), 60–66.
Azlan, A. A., Hamzah, M. R., Sern, T. J., Ayub, S. H., & Mohamad, E. (2020). Public knowledge, attitudes and practices towards COVID-19: A cross-sectional study in Malaysia. PLOS ONE, 15(5), 1–15. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0233668
Bachri, Y., & Utami, A. S. (2021). Pengaruh Edukasi Berbasis Whatsapp terhadap Self Awerness Remaja untuk Penerapan Pencegahan Penularan Covid-19. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 4(3), 537–544.
Balasubramanian, S., Rao, N. M., Goenka, A., Roderick, M., & Ramanan, A. V. (2020). Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) in Children - What We Know So Far and What We Do Not. Indian Pediatrics, 57(5), 435–442. Diambil dari http://www.embase.com/search/results?subaction=viewrecord&from=export&id=L2005005775%0Ahttp://dx.doi.org/10.1007/s13312-020-1819-5
Bungin, B. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In KENCANA (2 ed.). Jakarta: KENCAANA. Diambil dari https://books.google.co.id/books?id=rBVNDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=populasi+menurut+sugiyono&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwjFgqnQ55rvAhXDQ30KHfwnBNcQ6AEwB3oECAcQAg#v=onepage&q&f=false
Chan, E. Y. Y., Huang, Z., Lo, E. S. K., Hung, K. K. C., Wong, E. L. Y., & Wong, S. Y. S. (2020). Sociodemographic predictors of health risk perception, attitude and behavior practices associated with health-emergency disaster risk management for biological hazards: The case of COVID-19 pandemic in Hong Kong, SAR China. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(11), 1–18. https://doi.org/10.3390/ijerph17113869
Djafri, D. (2014). Peningkatan Kompetensi Pendidikan Kesehatan Masyarakat Melalui Penguatan Peran Institusi Pendidikan Kesehatan Masyarakat. Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas, 8(2), 53. https://doi.org/10.24893/jkma.8.2.53-54.2014
Dkhar, S. A., Quansar, R., Saleem, S. M., & Khan, S. M. S. (2020). Knowledge, attitude, and practices related to COVID-19 pandemic among social media users in J&K, India. Indian journal of public health, 64, S205–S210. https://doi.org/10.4103/ijph.IJPH_469_20
Gallè, F., Sabella, E. A., Da Molin, G., De Giglio, O., Caggiano, G., Di Onofrio, V., … Napoli, C. (2020). Comprension del conocimiento y los comportamientos relacionados con la epidemia por Covid-19 en estudiantes universitarios italianos: estudio EPICO. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(10), 3481. Diambil dari https://www.mdpi.com/1660-4601/17/10/3481
Handayani, M., & Mariana, D. (2021). Pengaruh Media Audio Visual Cuci Tangan Terhadap Kemampuan Cuci Tangan Sebagai Upaya Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19. Aisyiyah Medika, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.36729/jam.v6i1.570
Haryoko, S. (2009). Efektivitas Pemanfaatan Media Audio-Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran. Jurnal Edukasi, 5(1), 1–10.
Heri D. J. Maulana, S.Sos, M. K. (2009). Promosi Kesehatan (M. Egi Komara Yudha, S.Kp, ed.). Jakarta: EGC.
Herman, P. P. (2021). Pengembangan Mendia Video Pencegahan Covid-19 di Kabupaten Pamekasan Menggunakan Teori P-Process. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 11(2).
Hutagaol, G. R. N., & Wulandari, I. S. M. (2021). Hubungan Pengetahuan Remaja dengan Kepatuhan Penggunaan Masker dalam Upaya Pencegahan Covid-19 di SMA Peguruan Adven Salemba. CHMK Nursing Scientific Journal, 5(2).
Juditha, C. (2020). People Behavior Related To The Spread Of Covid-19’s Hoax. Journal Pekommas, 5(2), 105–116. https://doi.org/10.30818/jpkm.2020.2050201
Kebede, Y., Yitayih, Y., Birhanu, Z., Mekonen, S., & Ambelu, A. (2020). Knowledge, perceptions and preventive practices towards COVID-19 early in the outbreak among Jimma university medical center visitors, Southwest Ethiopia. PLOS ONE, 15(5), 1–15. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0233744
Kemendikbud. (2020). Peran Iptek dalam Dunia Pendidikan di Masa COVID 19. Diambil 12 Februari 2021, dari 2020 website: https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/peran-iptek-dalam-dunia-pendidikan-di-masa-covid-19/
Kemenkes. (2020). Status Wabah Corona di Indonesia Ditetapkan sebagai Bencana Nasional. Diambil 17 Februari 2021, dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia website: https://www.kemkes.go.id/article/view/20031500003/status-wabah-corona-di-indonesia-ditetapkan-sebagai-bencana-nasional.html
Kemenkes. (2021a). Kesiapsiagaan menghadapi Infeksi COVID-19. Diambil 18 Februari 2021, dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia website: https://www.kemkes.go.id/article/view/20012900002/Kesiapsiagaan-menghadapi-Infeksi-Novel-Coronavirus.html
Kemenkes. (2021b). Pertanyaan dan Jawaban Terkait COVID-19 Kementerian Kesehatan. Diambil 10 Februari 2021, dari 04-03-2021 website: https://www.kemkes.go.id/article/view/20030400008/FAQ-Coronavirus.html
Kemenkes RI. (2020). Panduan Kesehatan Balita Pada Masa Pandemi Covid-19. In Kementrian Kesehatan RI (hal. 1–60). Diambil dari https://infeksiemerging.kemkes.go.id/download/Panduan_Yankes_Balita_Pada_Masa_GapDar_Covid19_Bagi_Nakes.pdf
Kurniati, Yusnita, I., & Sukrilah Ramdhan. (2018). Pemanfaatan Multimedia Dan Pemilihan Konten Bahan Ajar Multimedia Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Prosiding SNTP, 1, 1–10.
Lapau, B. (2013). Metode Penelitian Kesehatan: Metode Ilmiah Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. In I. Banu (Ed.), Yayasan Pustaka Obor Indonesia (2 ed.). Jakarta. Diambil dari https://books.google.co.id/books?id=zXMbDAAAQBAJ&pg=PA302&dq=analisa+data+univariate+dan+bivariate&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwiB5InCl5vvAhXjQ3wKHRXhA0YQ6AEwBnoECAQQAg#v=onepage&q=analisa data univariate dan bivariate&f=false
Lie, L. (2009). Penggunaan MRA dengan Spss untuk Menguji Pengaruh Variabel Moderating terhadap Hubungan antara Variabel Independen dan Variabel Dependen. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, XIV(2), 90–97. Diambil dari https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti1/article/view/95/90
Mappaware, N. A. (2016). Etika Penelitian. UMI Medical Journal, 1(01).
Martono, N. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis DAta Sekunder. In S. P. T. Utami (Ed.), Perpustakaan Nasional: Katalog Dalam Terbitan (KDT) (2 ed.). Jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA. Diambil dari https://books.google.co.id/books?id=tUl1BgAAQBAJ&lpg=PP1&dq=Metode penelitian kuantitatif%3A Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder martono&hl=id&pg=PT4#v=onepage&q=Metode penelitian kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder martono&f=false
Moudy, J., & Syakurah, R. A. (2020). Pengetahuan terkait usaha pencegahan Coronavirus Disease (COVID-19) di Indonesia. Higeia Journal of Public Health Research and Development, 4(3), 333–346.
Novieastari, E., Ibrahim, K., Deswani, & Ramadaniati, S. (2020). Dasar-Dsar Keperawatan (9 ed.). Elsevier. Diambil dari https://www.google.co.id/books/edition/Fundamentals_of_Nursing_Vol_1_9th_Indone/u-z3DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=remaja&pg=PA119&printsec=frontcover
Pujilestari, Y. (2020). Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. ’ADALAH, 4(1), 49–56. Diambil dari http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/adalah/article/view/15394/7199
Purnamasari, I., & Raharyani, A. E. (2020). Tingkat Pengetahuan dan Perilaku Masyarakat Kabupaten Wonosobo Tentang COVID -19. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 33–34. https://doi.org/10.14421/lijid.v3i1.2224
Ridha, N. (2017). Proses Penelitian, Masalah, Variabel, dan Paradigma Penelitian. Jurnal Hikmah, 14(1), 62–70. Diambil dari http://jurnalhikmah.staisumatera-medan.ac.id/index.php/hikmah/article/download/10/13
Rohita, R. (2020). Pengenalan Covid-19 pada Anak Usia Prasekolah: Analisis pada Pelaksanaan Peran Orangtua di Rumah. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 315–326. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.528
Sari, A. R., & Dkk. (2020). Perilaku Pencegahan Covid-19 Ditinjau dari Karakteristik Individu dan Sikap Masyarakat. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Masyarakat Indonesia, 1(1), 32–37. Diambil dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jppkm
Sari, I. P. T. P. (2013). Pendidikan Kesehatan Sekolah Sebagai Proses Perubahan Perilaku Siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 9(2), 141–147. Diambil dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/viewFile/3017/2510
Setiati, S., & Azwar, M. K. (2020). COVID-19 and Indonesia. Acta Med Indones - Indones J Intern Med, 52(1), 84–89.
Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (Ayup, Ed.). Sleman: Literasi Media Pulishing. Diambil dari https://books.google.co.id/books?id=QPhFDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=tahap+pengolahan+data&hl=id&newbks=1&newbks_redir=1&sa=X&ved=2ahUKEwiY5MTuuLnvAhVN7XMBHTeLCUYQ6AEwAXoECAUQAg
Suharyat, Y. (2009). Hubungan Antara Sikap, Minat dan Perilaku Manusia. Jurnal Region, 1–19.
Sukesih, Usman, Budi, S., & Sari, D. N. A. (2020). Pengetahuan Dan Sikap Mahasiswa Kesehatan Tentang Pencegahan Covid-19 Di Indonesia. / Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan, 11(2), 258–264. Diambil dari Pengetahuan Dan Sikap Mahasiswa Kesehatan Tentang Pencegahan Covid-19 Di Indonesia
Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Herikurniawan, H., … Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45–67. https://doi.org/10.7454/jpdi.v7i1.415
Tabi’in, A. (2020). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Pada Anak Usia Dini Sebagai Upaya Pencegahan Covid 19. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 6(1). https://doi.org/10.18592/jea.v6i1.3620
Taghrir, M. H., Borazjani, R., & Shiraly, R. (2020). COVID-19 and iranian medical students; A survey on their related-knowledge, preventive behaviors and risk perception. Archives of Iranian Medicine, 23(4), 249–254. https://doi.org/10.34172/aim.2020.06
Tumanggor, R. O. (2018). Kepuasan Kerja dan Subjective Well-Being dari Perspektif Psikologi Industri ... - Dr. Raja Oloan Tumanggor - Google Buku (D. R. O. Tumanggor, Ed.). Yogyakarta: ANDI (Anggota IKAPI). Diambil dari https://books.google.co.id/books?id=q-ENEAAAQBAJ&pg=PA59&dq=suwatno+dan+priansa&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwiXnqCD6ZbuAhVaWysKHUEJA8oQ6wEwAHoECAAQAQ#v=onepage&q=suwatno dan priansa&f=false
Warsini, & Sriwiyati, L. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan tentang DHF Menggunakan Metode Audiovisual terhadap Tingkat Pengetahuan Anak. Jurnal Kesehatan Holistic, 4(2), 44–54. https:// doi.org/10.33377/jkh.v4i2.82
WHO. (2020a). Survey Tool and Guidance. Diambil dari http://it.ubc.ca/services/teaching-learning-tools/survey-tool
WHO. (2020b). Tes Diagnostik untuk SARS-CoV-2: Panduan interim. World Health Organization, (September), 1–19. Diambil dari https://www.who.int/docs/default-source/searo/indonesia/covid19/tes-diagnostik-untuk-sars-cov-2.pdf?sfvrsn=71ceeae7_2
WHO. (2021a). Indonesia: WHO Coronavirus Disease (COVID-19) Dashboard. Diambil 10 Februari 2021, dari World Health Organisation website: https://covid19.who.int/region/searo/country/id
WHO. (2021b). Pertanyaan dan jawaban terkait Coronavirus. Diambil 10 Februari 2021, dari 2021 website: https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa/qa-for-public
Yani, F. D. R., & Elon, Y. (2021). Gamabaran Pengetaahuan dan Paparaan Penyuluhan terhadap Kepatuhan protokol Covid-19 pada Remaja Bandarlampung. CHMK Nursing Scientific Journal, 5(2).
Zhong, B. L., Luo, W., Li, H. M., Zhang, Q. Q., Liu, X. G., Li, W. T., & Li, Y. (2020). Knowledge, attitudes, and practices towards COVID-19 among chinese residents during the rapid rise period of the COVID-19 outbreak: A quick online cross-sectional survey. International Journal of Biological Sciences, 16(10), 1745–1752. https://doi.org/10.7150/ijbs.45221
Zulfa, F., & Kusuma, H. (2020). Upaya Program Balai Edukasi Corona Berbasis Media Komunikasi dalam Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Abdimas Kesehatan Perintis, 2(1), 17–24.
Published
How to Cite
Issue
Section
Authors who publish with Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing) the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to remix, adapt and build upon the work with an acknowledgment of the work's authorship and of the initial publication in Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing).
- Authors are permitted to copy and redistribute the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing).